Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pangeran William Menegaskan Bahwa Keluarga Kerajaan Menentang Segala Bentuk Rasisme

Duke of Cambridge membahas pernyataan yang dibuat dalam wawancara Oprah Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Pangeran William Menegaskan Bahwa Keluarga Kerajaan Menentang Segala Bentuk Rasisme

Pangeran William mengatakan kepada wartawan pagi ini bahwa para bangsawan itu "bukanlah keluarga rasis," membahas pernyataan yang dibuat dalam wawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle dengan Oprah Winfrey.

William dan Kate Middleton, Duchess of Cambridge, menghadiri acara publik di School 21 di East London ketika reporter Inzamam Rashid dari Sky News bertanya, "Apakah keluarga kerajaan adalah keluarga rasis?"

"Kami sama sekali bukan keluarga rasis," tegas William sambil berjalan melewatinya.

Ia juga mengungkapkan bahwa ia belum berbicara dengan saudaranya, Pangeran Harry, sejak wawancara besar yang disiarkan pada minggu malam kemarin. "Tapi saya akan melakukannya," katanya.

Dalam wawancara mereka dengan Oprah, yang berhasil menarik lebih dari 17 juta penonton, Duke dan Duchess of Sussex membahas tekanan yang mereka alami ketika berada di istana dan rasisme yang dialami Meghan sebagai seorang wanita kulit hitam biracial di keluarga kerajaan. Dalam satu momen yang mengejutkan, ia mengungkapkan ada "kekhawatiran" dan "beberapa percakapan" selama kehamilan pertamanya tentang akan seberapa gelap warna kulit anaknya. Terlepas bahwa pasangan itu menolak untuk membagikan siapa yang membuat komentar tersebut, namun Harry mengonfirmasi kepada Oprah bahwa itu bukan ratu atau Pangeran Philip.

The Duchess of Sussex juga membahas liputan tabloid yang rasis yang dialaminya, dan menunjukkan bagaimana perlakuan yang berbeda yang diterima dari keluarga kerajaan lain di masa lalu. "Jika seorang anggota keluarga [Harry] dengan nyaman berkata, 'Kita semua harus berurusan dengan hal-hal yang tidak sopan,' maka sebenarnya ada perbedaan besar antara kasar dan rasis," katanya. Harry mengatakan rasisme dan kefanatikan di Inggris memengaruhi keputusannya dan Meghan untuk meninggalkan negara itu juga.

Kutipan pernyataan Pangeran William datang dua hari setelah Istana Buckingham merilis tanggapan resmi atas wawancara tersebut yang juga mewakili nama ratu.

"Seluruh keluarga sedih mengetahui betapa menantang dan menyiksanya beberapa tahun terakhir bagi Harry dan Meghan," bunyi pernyataan itu. "Masalah yang diangkat, terutama ras, sangat memprihatinkan. Meskipun beberapa ingatan mungkin berbeda, hal itu ditanggapi dengan sangat serius dan akan ditangani oleh keluarga secara pribadi. Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai."

Sebelumnya pada hari itu, Pangeran Charles telah mengabaikan pertanyaan dari pers tentang wawancara tersebut ketika ia sedang menjalankan tugas publiknya.

Selama wawancara, Harry juga membahas bagaimana hubungannya dengan ayah dan saudara laki-lakinya saat ini. "Banyak yang harus diselesaikan" dalam hubungannya dengan Charles, ungkapnya. Dan mengenai William, ia berkata, "Hubungan kita adalah 'ruang' itu sendiri saat ini. Dan semoga waktu dapat menyembuhkan semua hal."

(Penulis:Erica Gonzales; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)