Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Meriahkan Hari Musik Nasional, Intip Unggahan Media Sosial Para Penyanyi dan Figur Publik Indonesia Ini

Mulai dari Raisa hingga Presiden Joko Widodo turut serta memeringati perayaan tersebut.

Meriahkan Hari Musik Nasional, Intip Unggahan Media Sosial Para Penyanyi dan Figur Publik Indonesia Ini
Hari Musik Nasional / Foto: Courtesy of Instagram @tulusm @raisa6690 @isyanasarasvati

Pada Selasa kemarin, Indonesia merayakan Hari Musik Nasional, tepatnya yang jatuh pada setiap tanggal 9 Maret. Penetapan akan hari tersebut dilakukan sebagai upaya dalam mengapresiasi berbagai karya musik Indonesia. Sebagai sebuah seni yang tak lekang oleh waktu, para insan musik Indonesia terus menghasilkan berbagai karya yang spektakuler. 
 
Namun, seperti yang kita ketahui, pandemi memberikan dampaknya tersendiri bagi dunia musik di tanah air. Festival maupun konser musik mau tak mau ditiadakan, beralih ke ranah digital dan online. Walaupun begitu, mereka yang berkiprah di dalamnya tak mengenal putus asa dan tetap memberikan yang terbaik.
 
Dalam rangka menyemarakkan semangat dari Hari Musik Nasional, berbagai figur publik dan penyanyi Indonesia memeringatinya dengan membagikan unggahan melalui media sosial. Berikut adalah beberapa di antaranya. 
 
Raisa
 

Hari Musik Nasional - Raisa / Foto: Courtesy of Instagram @raisa6690

Hari Musik Nasional - Raisa / Foto: Courtesy of Instagram @raisa6690

 
Melalui Instagram Story, Raisa mengucapkan “Selamat hari musik nasional” sembari memperlihatkan sebuah video karya Juni Records dan Sun Eater yang dibuat dalam rangka memeringati hari tersebut. 
 

 
Bertajuk Hari Musik Nasional 2021, lagu tersebut menghadirkan penyanyi Aldrian Rasjid, Sade Susanto, dan Rayhan Noor. Ketiganya menyanyikan berbagai lagu dari musisi pilihan mereka, yaitu Montase di 7 Pagi oleh Satu Per Empat, Get It Together oleh Denisa, dan Thirty oleh Hondo. 
 
Tulus
 

Hari Musik Nasional - Tulus / Foto: Courtesy of Instagram @tulusm

Hari Musik Nasional - Tulus / Foto: Courtesy of Instagram @tulusm

 
Sebagai salah satu penyanyi bertalenta Indonesia, Tulus tak lupa memeringati Hari Musik Nasional. Melalui Instagram Story, ia membagikan sebuah unggahan yang sebelumnya telah diunggah oleh akun milik Tiga Dua Satu, sebuah perusahaan label rekaman musik dan manajemen artis. Dalam unggahan dengan desain minimalis tersebut, terucap “Selamat Hari Musik Nasional 9 Maret 2021.” 
 
Rossa
 
Hari Musik Nasional - Rossa / Foto: Courtesy of Instagram @itsrossa910

Hari Musik Nasional - Rossa / Foto: Courtesy of Instagram @itsrossa910

 
Rossa menggunakan momen peringatan ini untuk mengapresiasi segala karya musik yang hadir di Indonesia, termasuk karya miliknya. Melalui akun Instagramnya, penyanyi kelahiran tahun 1978 ini mengenang kembali lagu Nada-Nada Cinta miliknya yang dirilis pada tahun 1996 silam. Unggahan tersebut memperlihatkan kaset dari lagu tersebut. Terlihat sosok Rossa dalam sampul sang kaset, dengan tatanan baju dan rambut yang sangat erat dengan gaya tahun ’90-an. 
 
“Selamat Hari Musik Nasional dari penyanyi Nada-Nada Cinta. Terima kasih sudah mengizinkan aku jadi bagian hidup kamu semua,” ucap Rossa. 
 
 
Presiden Joko Widodo
 


 
Presiden Joko Widodo, sebagai salah satu sosok yang sangat dihormati di Indonesia, turut merayakan peringatan tahunan ini. Hal tersebut ia lakukan dengan mengunggah sebuah video di akun Instagram resminya. Video yang berlatar suara lagu Rayuan Pulau Kelapa karya Ismail Marzuki itu menggambarkan kondisi aktivitas dunia musik di Indonesia yang berjalan secara virtual. 
 
“Tak ada pertunjukan, konser, tur, sampai festival musik di sepanjang satu tahun ini. Tetapi saya tahu, pemusik-pemusik Indonesia adalah insan kreatif yang tidak mudah patah semangat,” tulis sang presiden melalui caption Instagram.
 
“Konser virtual dan kolaborasi dengan platform digital, menjadi saluran kreatif mereka untuk menjangkau para penikmat musik dan sebagai ruang baru untuk berkarya,” lanjutnya. 
 
Ia pun optimis bahwa dunia musik di Indonesia akan terus berkembang setelah pandemi Covid-19 ini berakhir. 
 
“Saya percaya, selepas pandemi ini, dunia musik di tanah air akan berubah. Semakin inovatif. Semakin kreatif,” tutupnya. 
 
Andien Aisyah
 


 
Tak sendiri, Andien merayakan peringatan yang jatuh tiap tanggal 9 itu bersama penyanyi Yura Yunita. Melalui unggahannya di akun Instagram, keduanya terlihat menyanyikan lagu rilisan mereka secara bergantian sembari memainkan piano, yaitu Hoolala karya Yura Yunita dan Moving On karya Andien. Mereka pun kompak mengenakan baju bernuansa merah muda. 
 
Unggahan tersebut sekaligus dipersembahkan untuk memeringati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret. “Selamat Hari Perempuan Internasional dan Hari Musik Nasional! Semangat berjalan, jatuh, bangkit lagi, tersandung sedikit juga enggak apa-apa.. Yang penting setelah itu tahu kapan harus bangun lagi. Dan semoga ada musik menyelinap di hari-hari kita semua,” tulisnya melalui caption Instagram. 
 
 
Mira Lesmana
 

Hari Musik Nasional - Mira Lesmana / Foto: Courtesy of Instagram @mirles

Hari Musik Nasional - Mira Lesmana / Foto: Courtesy of Instagram @mirles

 
Minat dan hasratnya pada musik membuat produser sekaligus penulis lagu yang satu ini ikut serta merayakan Hari Musik Nasional. Hal tersebut ia lakukan dengan membagikan gambar yang bertajuk “Selamat Hari Musik Nasional.” Dalam unggahan tersebut, nampak berbagai poster film yang ia kerjakan, yaitu Gie, Garasi, 3 Hari untuk Selamanya, Laskar Pelangi, dan Bebas. Film-film tersebut diketahui memiliki berbagai soundtrack yang dicintai dan memorable oleh penggemar film maupun musik Indonesia. 
 
Isyana Sarasvati

 

Penyanyi yang dikenal akan talentanya yang luar biasa menunjukkan kelihaian jarinya dalam memainkan piano melalui unggahan video dalam akun Instagramnya. Tentu, video tersebut ia persembahkan dalam rangka merayakan hari yang berarti bagi hidup dan kariernya. Tak lupa ia menulis caption yang berbunyi, “Selamat Hari Musik nasional.”
 
Yura Yunita

 Tak mau kalah dengan Andien, Yura pun membagikan momen bersamanya dalam akun Instagramnya. Unggahan Yura pun sama dengan unggahan Andien sebelumnya, yaitu memperlihatkan keduanya sedang menyanyikan lagu karya masing-masing, yaitu Hoolala karya Yura Yunita dan Moving On karya Andien. 
 
Yura pun menuliskan harapannya dalam caption unggahan tersebut. “Semoga lewat musik kita bisa terus berbagi energi baik dan saling menguatkan,” harapnya.
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Instagram)