Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Valentino Merilis Kampanye untuk Koleksi Baru dalam Suguhan Untaian Kata

Unik! Kampanye ini tidak melibatkan foto atau visual apapun, hanya berisikan untaian kata yang bermakna indah.

Valentino Merilis Kampanye untuk Koleksi Baru dalam Suguhan Untaian Kata
Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Dalam upaya menciptakan pendekatan yang baru, Valentino menghadirkan kampanye iklan bertajuk Valentino Collezione Milano. Menyuguhkan cara yang berbeda dan autentik, kampanye terbaru dari rumah mode asal Italia ini hanya berhias tulisan, tanpa keberadaan foto atau visual apapun. 
 
Kali ini, Pierpaolo Piccioli, selaku Direktur Kreatif Valentino, menggandeng para penulis dan penyair bertalenta untuk menghasilkan tulisan yang kuat dan memiliki dampak besar, yang menantang gagasan megenai bagaimana fashion dapat dikomunikasikan. Berikut adalah para penulis dan penyair yang menjadi bagian dari sang kampanye: Donna Tartt, Elif Shafak, Janet Mock, Lisa Taddeo, Matthew Lopez, Ocean Vuong, dan Yrsa Daley-Ward. 
 
Demi mendapatkan ragam tulisan yang mampu memancarkan identitasnya masing-masing, ia membebaskan mereka dalam mengeskpresikan pikiran dan emosi dalam sebuah space kosong, tanpa adanya peraturan maupun batasan akan genre.  
 
“Saya menyukai gagasan semua orang ini: sebuah kombinasi identitas. Ini tentang akar dan identitas, dan saya suka dengan kehadiran budaya yang berbeda. Ini juga tentang manusia. Ini tentang Anda dan keragaman Anda: ekspresi Anda,” ungkap Pierpaolo Piccioli.
 
Melalui kampanye tersebut, tujuan yang ingin dicapai oleh Pierpaolo adalah untuk dapat berkomunikasi dan menjadi otentik, dimulai dengan berbagi nilai dengan para khalayak. Semua hal tersebut tidak bermasuk untuk memaksakan bahasa dan pemahamannya ke media, namun sebaliknya, yaitu menggunakan media dan bahasa mereka sendiri sebagai sarana untuk menarasikan dan melibatkan khalayak mereka. Cara inilah yang dipilih oleh rumah mode Valentino dalam mengembangkan saluran komunikasi kepada para pecinta fashion. 
 
Pendekatan tersebut pun mencerminkan inti nilai-nilai yang dipegang oleh Maison Valentino, di mana terciptanya kebebasan berpikir dengan menonjolkan kekuatan dari tiap kata yang digunakan. 
 
“Saya adalah seorang pembaca puisi dan hal tersebut membantu saya untuk memvisualisasikan kata-kata dan juga untuk menyampaikan emosi serta visi saya. Saya pikir puisi melindungi kemanusiaan yang kita miliki dan memungkinkan eksplorasi batin, yang dapat memberi Anda lensa yang dengannya seseorang dapat benar-benar menyentuh sifat perasaan kita yang paling intim,” ungkap pria berkebangsaan Italia ini.  
 
Berikut adalah tampilan dari kampanye Valentino Collezione Milano yang menyuguhkan hasil karya tiap penulis dan penyair yang tergabung di dalamnya.

Donna Tartt X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Donna Tartt X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Elif Shafak X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Elif Shafak X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Janet Mock X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Janet Mock X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Lisa Taddeo X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Lisa Taddeo X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Matthew Lopez X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Matthew Lopez X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Ocean Vuong X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Ocean Vuong X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Yrsa Daley-Ward X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

Yrsa Daley-Ward X Valentino Collezione Milano / Foto: Courtesy of Valentino

(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Valentino)