Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Brand Lokal K.A.L.A Studio Melansir Koleksi Pakaian Artistik Bersama Seniman Mulyana

Berkolaborasi dengan seniman Mulyana, koleksi ini menyampaikan keberagaman dalam bentuk ilustrasi seni di atas pakaian.

Brand Lokal K.A.L.A Studio Melansir Koleksi Pakaian Artistik Bersama Seniman Mulyana

Membuka tahun 2021, K.A.L.A Studio merilis koleksi yang diberi judul Unity in Diversity yang menceritakan imajinasi dunia bawah laut yang diadopsi dari karya seniman Mulyana yang bertajuk The Mogus Colony. Sesuai dengan judulnya, keberagaman makhluk bawah laut pada karya sang seniman kemudian dijadikan fondasi utama koleksi ini yang diterjemahkan lewat motif-motif di koleksi ini.

Langkah sang label mengawali 2021 dengan mengacu kepada filosofi keberagaman merupakan cara K.A.L.A Studio mengkomunikasikan semangat mereka untuk terus berkarya di tengah pandemi yang mengubah segalanya. Tak hanya ingin mengungkapkan perspektif terhadap pandemi, sang label turut ingin mengajak sesama insan kreatif untuk saling bahu membahu, hidup berdampingan bersama segala dinamika kehidupan dengan berkarya bersama-sama.

Untuk koleksi persembahan K.A.L.A Studio x Mulyana Volume 1, brand K.A.L.A Studio yang didirikan oleh Vina Artha Ameilya, Adinda Tri Wardhani dan Karina Mahendra ini mengusung 5 motif berbeda yakni motif Jellyfish, Coral Nation, Lonely Creature, Oopsy Daisy, dan Cheerful Creature.

Cheerful Creature

Oopsy Daisy

Coral Nation

Melalui motif-motif yang seluruhnya diambil dari potongan karya seniman Mulyana lalu dikreasikan oleh ilustrator Dvita Mahendra untuk K.A.L.A Studio, setiap motif memiliki dasar warna utama yang merepresentasikan variasi suasana hati yang banyak dirasakan oleh individu-individu yang menghadapi pandemi saat ini. Dari mulai warna dasar hitam yang mewakili perasaan banyak individu saat pandemi menghampiri dan seketika mengubah cara hidup banyak orang. Diikuti warna-warna dasar cerah yang menyatakan besarnya harapan untuk menyongsong masa depan yang lebih indah meski saat ini semua tampak gelap.

"Dalam koleksi ini, kita dapat merasakan adanya peningkatan semangat, gairah dan ambisi dari setiap corak di tengah kegelapan. Filosofi ini dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari di masa pandemi," ungkap K.A.L.A Studio melalui sebuah rilis. Diharapkan juga, para penyuka seni dapat mengobati kerinduan mereka terhadap karya-karya instalasi seniman Mulyana yang biasanya dapat disaksikan melalui ekshibisi-ekshibisi skala nasional maupun internasional serta dikenal dengan ciri khasnya dalam merangkai instalasi menggunakan media rajutan yang didominasi oleh warna-warna vibran.

Tak hanya mementingkan estetika yang indah secara visual, label ini tak lupa memikirkan lingkungan sekitar dengan menggunakan material yang ramah lingkungan yaitu material Tencel dan bahan 100% cotton.

(FOTO: Courtesy of K.A.L.A Studio)