Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bisakah Minyak Jarak atau Castor Oil Membantu Pertumbuhan Bulu Mata?

Castor oil disebut-sebut mampu membantu pertumbuhan bulu mata, benarkah demikian?

Bisakah Minyak Jarak atau Castor Oil Membantu Pertumbuhan Bulu Mata?
Bisakah Minyak Jarak atau Castor Oil Membantu Pertumbuhan Bulu Mata?

Pernahkah Anda mendengar mengenai salah satu manfaat penggunaan castor oil atau minyak jarak untuk membantu bulu mata tumbuh lebih cepat?

Minyak jarak atau lebih dikenal dengan sebutan castor oil adalah minyak yang berasal dari serat daun jarak (Ricinus Communis) dianggap mampu membantu pertumbuhan bulu mata melalui nutrisi yang terkandungan di dalamnya. Namun, benarkah demikian? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini!

Bisakah Minyak Jarak Membuat Bulu Mata Anda Tumbuh Lebih Cepat?

Jawabannya, menurut dokter kulit, Sejal Shah dan ahli kimia kosmetik, Ginger King, mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah tertentu yang menunjukkan bahwa minyak jarak dapat membuat bulu mata tumbuh lebih cepat. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak jarak dapat membuat bulu mata lebih kuat sehingga dapat meminimalisir kerontokan. 

Shah mengatakan bahwa minyak jarak mampu memberi kelembapan, berkat kandungan vitamin E sehingga dapat mengkondisikan dan melindungi bulu mata agar lebih kuat dan tidak mudah rontok akibat penggunaan riasan, eyelash curler, dan eyelash extension.

Mengutip dari laman Medical News Today, menurut sebuah penelitian di International Journal of Science and Research melaporkan bahwa, minyak jarak mengandung 90% asam ricinoleic. Asam Ricinoleic mengandung trigliserida tingkat tinggi, yang dapat membantu memberikan moisture pada bulu mata. Selain itu, minyak ini juga mengandung asam lemak omega-6, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Satu studi tahun 2015 menemukan bahwa asam risinoleat adalah penghambat prostaglandin D2 potensial, yang berarti asam risinoleat mungkin berguna dalam mencegah kerontokan pada rambut. 

Menurut ahli kimia kosmetik Perry Romanowski kepada Allure mengatakan bahwa minyak jarak tidak dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat. Mempertimbangkan hal itu, ia berasumsi bahwa minyak jarak juga tidak akan meningkatkan pertumbuhan bulu mata. 

Meskipun tidak ada bukti pasti bahwa minyak jarak dapat membantu menumbuhkan bulu mata lebih cepat, namun Shah mengatakan tidak masalah untuk menggunakan minyak tersebut untuk tujuan pengkondisian dan merawat bulu mata. 

Lantas, apakah minyak jarak aman digunakan untuk bulu mata? Secara umum, minyak jarak (castor oil) aman untuk digunakan. Ilmuwan telah menemukan bahwa minyak jarak memiliki toksisitas rendah, dan penelitian lainnya juga menemukan bahwa konsentrasi 100% minyak jarak terhidrogenasi aman untuk digunakan dalam kosmetik.

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi sebagian orang minyak ini dapat memicu reaksi alergi dan iritasi kulit. Oleh karena itu, sebelum mengoleskannya ke area mata Anda, uji terlebih dahulu minyak pada area kulit yang tersembunyi, seperti bagian dalam siku atau di belakang telinga. 

Jika Anda tidak bereaksi terhadap minyak jarak (castor oil), Anda dapat mengoleskannya langsung pada bulu mata dengan Q-tip atau dengan sikat spoolie yang kering dan bersih. Oleskan sedikit castor oil di sepanjang garis bulu mata Anda (sekali lagi, berhati-hatilah agar tidak mengenai mata Anda). Lakukan sebelum tidur, lalu bersihkan pada pagi hari dengan air hangat saat Anda membasuh wajah.

Kebiasaan yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Bulu Mata

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang dapat menghambat pertumbuhan bulu mata, yaitu penggunaan bulu mata palsu yang besar dan tebal, serta eyelash curler dapat menyebabkan kerusakan traksi pada folikel bulu mata, yang akhirnya dapat menyebabkan stres folikel dan menghambat pertumbuhan bulu mata.

Selain itu, penggunaan eyeliner tebal yang dibiarkan dalam waktu yang sangat lama juga dapat memengaruhi kesehatan folikel bulu mata. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkannya secara maksimal di malam hari.

Hal yang sama juga berlaku untuk maskara, tidur dengan maskara yang belum dibersihkan secara maksimal dapat menyebabkan kerusakan dan kemungkinan infeksi, jadi pastikan Anda membersihkan riasan mata secara maksimal sebelum tidur di malam hari. 

(Foto: Oleg [email protected])