Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Gandeng Jakarta Fashion Hub, PURANA X Hakim Satriyo Luncurkan Koleksi Pakaian Berbahan Ramah Lingkungan

Nyatanya, tak banyak yang tahu betapa Jakarta Fashion Hub sangat terbuka untuk berkolaborasi bersama para desainer dalam negeri.

Gandeng Jakarta Fashion Hub, PURANA X Hakim Satriyo Luncurkan Koleksi Pakaian Berbahan Ramah Lingkungan

Label Purana melansir koleksi teranyar musim panas 2021-nya yang berkolaborasi bersama fotografer Hakim Satriyo dan Jakarta Fashion Hub. Dinamakan 'Synchronized', koleksinya kali ini berfokus pada penggunaan kain-kain perca sisa produksi sang label untuk kemudian disatukan dengan teknik manipulasi fabrik yang modern.

Tak hanya mengoptimalkan penggunaan bahan dari sisa produksi, seluruh koleksi Purana kali ini menggunakan material utama dari bahan baku yang dikenal ramah lingkungan yakni viscose-rayon. Adapun, material yang digunakan berasal dari serat viscose-rayon yang diproduksi oleh Asia Pacific Rayon (APR), yang juga menginsiasi terbentuknya ruang kolaboratif Jakarta Fashion Hub.

"Awalnya kami ingin menjadikan potongan kain perca menjadi motif kain baru, namun cara ini tidak akan menghasilkan cukup banyak kain untuk membuat koleksi utuh. Kami lalu memberikan ide kepada Hakim untuk merangkai kain tersebut menjadi sebuah komposisi material untuk difoto dan hasil fotografi tersebut dipakai sebagai motif kain,” jelas Nonita Respati, sebagai Direktur Kreatif Purana.

Hasilnya, kolaborasi PURANA dan Hakim menghasilkan sebuah karya yang terbilang jenius. Keduanya mampu menggabungkan desain baju dari kain perca dan bahan viscose-rayon dengan karya seni fotografi kontemporer yang cantik.

Kolaborasi ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi Hakim Satriyo yang dikenal sebagai fotografer dengan signature black and white. Tak hanya dituntut keluar dari zona nyaman, Hakim juga melakukan serangkaian trik untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan. Mulai dari membekukan kain perca di dalam lemari es, menyiram kain dengan minyak, menggoreng, merebus hingga merobek kain-kain tersebut.

Sinkronisasi keduanya akhirnya melahirkan serangkaian koleksi yang mengarah ke aliran gaya leisure wear yang chic dan modern. Koleksi Spring/Summer Synchronized ini bisa dibilang sangat relevan dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Di tengah kebiasaan baru di rumah saja, koleksi tersebut nyaman dipakai untuk beraktivitas di rumah maupun untuk berlibur pasca pandemi.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya opsi pakaian luaran dalam format kimono hingga coat dress yang wearable dan mudah sekali dipadankan dengan berbagai macam busana. Bahan viscose rayon yang menjadi material utama membuat koleksi leisure wear ini semakin sempurna karena karakteristiknya yang flowy dan sejuk untuk dipakai di daerah tropis seperti di Indonesia.

Untuk melengkapi koleksinya kali ini, sang label tak lupa menyediakan pilihan busana formal seperti atasan off shoulder atau jumpsuit yang meski nyaman namun tak mengorbankan sisi estetika saat menghadiri pesta intim di malam maupun siang hari. Situasi pandemi yang meminimalisir ruang gerak untuk para desainer dapat bisa berkarya dengan leluasa, tak menjadi persoalan bagi Nonita. Keputusan berkolaborasi bersama Jakarta Fashion Hub memudahkan PURANA dalam mendukung penciptaan koleksi terbaru brand ini.

“Saya sangat terbantu karena industri fashion lokal daya belinya masih berimbas. Kita dipersulit dengan aturan tidak bisa bikin offline event. Thanks God, saya pakai semua kain dari APR yang juga one stop shopping di Jakarta Fashion Hub ini,” kata Nonita.

Setelah koleksi Spring/Summer 2021 Syncronized ini rampung, Jakarta Fashion Hub juga menyediakan fasilitas lokasi peluncuran koleksi. JFH sendiri membuka diri untuk berkolaborasi tidak hanya dengan para desainer saja, tetapi dengan fashion enthusiast lainnya hingga siswa sekolah desain, pelaku startup, bahkan kalangan umum. 

"Jakarta Fashion Hub adalah tempat kolaborasi bagi para penggiat fashion yang ditunjang dengan berbagai fasilitas untuk mendukung karya kreatif anak bangsa, terbuka untuk desainer, mahasiswa, hingga fashion enthusiast yang baru mau merintis brand," jelas, Sheila Rahmat, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon.

Sebagai ruang kolaborasi bagi para penggelut industri fashion, Jakarta Fashion Hub menyediakan berbagai kemudahan untuk para pengunjungnya, mulai dari area co-working space, mini atelier, mini studio, mini store, hingga akses untuk mendapatkan kain viscose-rayon dengan harga terjangkau.

Tertarik untuk berkarya dan berkolaborasi bersama Jakarta Fashion Hub? Informasi partnership ini bisa diakses di website www.jakartafashionhub.com atau kontak via DM di Instagram @jakartafashionhub

 (FOTO: Courtesy of Purana)