Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Chloe Zhao Cetak Sejarah Baru, Menjadi Wanita Kulit Berwarna Pertama yang Menang Sutradara Terbaik di Golden Globe

Ia adalah wanita dengan kulit berwarna pertama yang memenangkan nominasi Sutradara Terbaik. Karyanya, Nomadland, adalah film yang memenangkan nominasi Film Terbaik. 

Chloe Zhao Cetak Sejarah Baru, Menjadi Wanita Kulit Berwarna Pertama yang Menang Sutradara Terbaik di Golden Globe

Chloe Zhao menerima penghargaan Sutradara Terbaik di Golden Globe 2021 untuk film Nomadland. Hal tersebut menjadikannya wanita dengan kulit berwarna pertama yang memenangkan kategori tersebut. Ia adalah wanita kedua yang mendapatkan piala tersebut, setelah Barbara Streisand untuk filmnya Yentl pada tahun 1983. Ia juga merupakan wanita Asia pertama yang dinominasikan dalam penghargaan tersebut. 
 
Nomadland, yang dibintangi oleh Frances McDormand, juga membawa pulang penghargaan untuk Film Terbaik – Drama, menjadikannya film yang disutradarai wanita Asia pertama yang berhasil memenangkan kategori tersebut. Dikabarkan oleh salah satu media ternama, Chloe Zhao juga menjadi produser wanita Asia pertama yang memenangkan penghargaan itu. 
 
Chloe, yang juga menyutradarai film The Rider (2017) dan Songs My Brother Taught Me (2015), dinominasikan untuk kategori tersebut bersama dengan Regina King (One Night in Miami) dan Emerald Fennel (Promising Young Woman). Ketiga sutradara tersebut mencetak sejarah sebagai sutradara wanita pertama yang dinominasikan sejak Ava Duvernay pada tahun 2014 silam. David Fincher (Mank) dan Aaron Sorkin (The Trial of Chicago 7) juga menjadi penerima nominasi pada tahun ini. 
 
Ketika menerima penghargaannya, Chloe berterima kasih kepada keluarga dan timnya. Selain itu, dirinya juga memberikan shoutout khusus kepada “Para nomad yang berbagi cerita dengan kami.” Untuk membuat filmnya memenangkan penghargaan, yang mengikuti seorang wanita yang hidup sebagai nomad atau pengembara di Amerika Barat, Chloe berbicara kepada mereka dan memilih orang-orang yang tinggal di jalanan sebagai pemerannya. 
 
“Inilah mengapa saya jatuh cinta dalam membuat film dan bercerita melaluinya, karena hal tersebut memberikan kita kesempatan untuk tertawa dan menangis bersama. Hal tersebut pun memberikan kami kesempatan untuk belajar dan memiliki lebih banyak kasih sayang dari satu sama lain,” katanya dalam pidato kemenangannya. “Jadi, terima kasih kepada semuanya yang telah memungkinkan saya melakukan hal yang saya sukai ini.”
 
Selanjutnya, Chloe Zhao akan menyutradarai film mendatang Marvel, The Eternals, yang akan tayang pada November 2021. “Eternals adalah sebuah cerita yang besar dan multimillennial. Ia baru saja mendapatkannya,” kata eksekutif Marvel Studios Kevin Faige kepada salah satu majalah ternama di Amerika. Beberapa aktor dan aktris yang akan membintangi film tersebut adalah Angelina Jolie, Salma Hayek, Kumail Nanjiani, Kit Harington, Richard Madden, Brian Tyree Henry, Gemma Chan, dan masih banyak lagi. 
 
Bahkan sebelum dua kemenangannya di Golden Globe, menurut sebuah media ternama, Chloe Zhao telah menjadi orang yang paling banyak mendapat penghargaan dalam satu musim penghargaan di era modern ini. Sebelum malam Golden Globe kemarin, ia sudah mendapatkan sebanyak 34 kemenangan penghargaan untuk sutradara, 13 untuk skenario, dan 9 untuk pengeditan. 
 
(Penulis: Erica Gonzales; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Bazaar US)