Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bagi Anda Para Vegan, Cobalah Es Krim dan Gelato Vegan-Friendly yang Tersedia di Jakarta dan Sekitarnya

Memiliki gaya hidup vegan bukan berarti Anda tidak bisa makan sepuasnya. Nyatanya, beberapa toko es krim dan gelato telah menyediakan varian yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Sebagai salah satu gaya hidup yang menjunjung kesejahteraan para hewan sekaligus kesehatan para pengikutnya, saat ini vegan kian diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun, di balik tujuan mulianya, para vegan memiliki kebutuhan khusus atau keterbatasan dalam berbagai hal, makanan salah satunya.  Disebabkan oleh nilai yang dipegang, mereka tidak dapat mengonsumsi produk yang berbahan dasar hewan ataupun yang dihasilkan oleh hewan, seperti telur dan susu. Tentu, hal tersebut dapat menyulitkan mereka dalam mengonsumsi berbagai makanan yang diinginkan. 
 
Salah satu makanan yang dinilai cukup sulit untuk dapat diraih oleh para vegan adalah es krim atau gelato. Karena, pada umumnya, pembuatan makanan tersebut memerlukan produk susu dan telur. Lantas, apakah berarti vegan tidak dapat mengonsumsi es krim seumur hidupnya?
 
Tentu saja tidak. Mengikuti permintaan yang terus meningkat, berbagai toko es krim maupun gelato telah menyesuaikan beberapa menu mereka sehingga menghasilkan varian khusus yang dapat dikonsumsi oleh para vegan. Para vegan pun tidak perlu khawatir karena semua bahan yang digunakan dijamin bebas dari produk hewani. 
 
Bagi Anda para vegan, simak daftar toko es krim atau gelato berikut yang memiliki varian rasa es krim yang bebas dari produk hewani. 
 
 
1. Northpole

Northpole dikenal akan klaim mereka, yaitu gelato ‘rendah lemak, gula, dan kalori’ jika dibandingkan dengan es krim karena tidak menggunakan telur. Toko gelato yang satu ini menyediakan tiga varian yang ramah dikonsumsi oleh para vegan, yaitu Dark Chocolate, Lemon Sorbet, dan Blueberry Sorbet. 
 
Dengan pengemasan yang rapi dan cantik, mereka menjual setiap gelato-nya dalam dua pilihan ukuran kontainer, yaitu 250 ml seharga Rp69.000 dan 500 ml seharga Rp119.000. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta atau Tanggerang Selatan, toko ini dapat dengan mudah diraih karena telah memiliki tujuh cabang, yaitu di Semanggi, Puri, Karawaci, Kemang, Kelapa Gading, Ancol, dan Scientia Serpong. 
 
2. Burgreens

Restoran yang satu ini telah dikenal sebagai restoran yang khusus menyediakan makanan bagi para vegetarian maupun vegan. Menu yang tersedia pun beragam, mulai dari nasi, pasta, burger, kue, hingga es krim. Berspesialisasi dalam makanan yang ramah dokonsumi bagi para vegan, es krim yang mereka produksi tidak perlu diragukan lagi bahan-bahannya. Mereka pun menyuguhkan banyak pilihan rasa es krim, yaitu raspberry, kelapa, cokelat, cendol, dan green tea
 
Burgreens tersedia di banyak wilayah di sekitar Jakarta, seperti Menteng, Kemang Village, Darmawangsa, Pacific Place, Kelapa Gading, Neo Soho, Pondok Indah Mall, dan Oakwood. Selain Jakarta, Burgreens juga dapat Anda kunjungi di BSD, Bekasi, Depok, Bintaro, dan Bandung. 
 
3. Savorscoop

Toko es krim yang tersedia di Kemang, Gading Serpong, dan Puri Indah ini menamakan dirinya sebagai produsen es krim rendah kalori. Varian es krim yang mereka sediakan untuk para vegan sangatlah beragam, seperti Lotus Biscoff, Rum Raisin, Vanilla, Chocolate, Strawberry, Roasted Banana, dan Peanut Butter. Untuk varian khusus vegan, mereka hanya menyediakan es krim berukuran 8 oz atau setara dengan 236 ml. Karena mengklaim dirinya rendah kalori, mereka tidak lupa mencantumkan besaran kalori yang dimiliki tiap es krimnya pada kemasannya masing-masing. 
 
4. Orvia

Berbeda dari toko-toko yang telah dijelaskan sebelumnya, Orvia secara khusus hanya menjual gelato yang ramah untuk dikonsumsi para vegan. Menamakan dirinya sebagai gelato vegan pertama di Jakarta, tentu saja mereka menyuguhkan ragam rasa yang patut Anda coba. Selain rasa-rasa yang umum ditemukan, seperti cokelat, vanilla, dan lainnya, Orvia dengan berani menawarkan rasa yang unik namun tetap lezat, seperti rujak, martabak kacang, pisang bakar, bandrek cokelat, dan lainnya. 
 
Gelato Orvia dapat Anda nikmati dengan dampingan cone, cup, ataupun pint. Selain gelato, toko yang satu ini juga menjual produk kopi. Jika tertarik, Anda dapat mengunjungi tokonya yang terletak di Senopati dan Kalimalang. 
 
5. Ice kim

Serupa dengan Orvia, Ice Kim hadir dalam rangka memenuhi hasrat para vegan akan produk es krim. Namun, toko ini hanya menjual es krim sebagai produk satu-satunya. Varian rasa yang tersedia adalah cokelat, kacang almond, stroberi, green tea, dan kopi. Tidak hanya dalam suguhan cup, Ice Kim juga menjual es krim tersebut dalam balutan mochi, namun khusus untuk beberapa varian saja. 
 
Jika ingin mencobanya, Anda perlu mengunjungi akun Instagram mereka dan melakukan pemesanan melalui kontak yang tertera karena Ice Kim beroperasional secara online. Namun, tidak perlu khawatir karena menereka menempatkan dan menjual produk es krimnya dalam beberapa toko dan restoran, seperti Rumah Juliet, Bite n Chat, iVegan Pizza, Dharma Kitchen, dan lain-lain. 
 
6. Linn

Menjual es krim homemade, Linn menyuguhkan enam varian rasa es krim yang dapat dikonsumsi oleh Anda para vegan, yaitu Dark Chocolate, Pandan, Latte with Biscoff, Strawberry, Matcha, dan Passion Fruit. Ragam es krim tersebut tersedia dalam dua pilihan ukuran, yaitu 120 ml yang dijual seharga Rp38.000 dan 473 ml yang dijual seharga Rp125.000 setiap cup-nya. Mereka menjamin bahwa produk yang mereka jual bebas dari pewarna buatan, pengawet, dan refined sugar. Sebagai toko yang beroperasi secara online, Linn akan selalu menerima pesanan Anda dan mengirimkannya langsung ke titik yang dituju. 
 
7. Lonana

Nama Lonana adalah bentuk singkatan dari as low as one banana. Nama tersebut hadir sesuai dengan klaim mereka bahwa es krim yang mereka produksi rendah kalori. Anda pun tidak perlu khawatir karena varian rasa yang disuguhkan cukup beragam dan dilengkapi dengan sentuhan topping, seperti Roasted Coconut with Caramel Sauce, Belgium Chocolate with Cookie Dough, Premium Matcha, Fragrant Rose with Lychee Puree, Bold Espresso with Biscoff, dan Luscious Strawberry with Crimson Jam. Operasional dari toko yang satu ini serupa dengan Linn, yaitu hanya secara online. Walaupun begitu, Lonana tidak menerima semua titik pengantaran. Mereka hanya menyanggupi pengantaran ke sekitar Jakarta, Tanggerang, Bekasi, dan Depok.
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah)