Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ana de Armas Didaulat Sebagai Wajah Baru Brand Kecantikan Estee Lauder

Aktris James Bond terbaru ini memiliki peran baru di dunia kecantikan.

Ana de Armas Didaulat Sebagai Wajah Baru Brand Kecantikan Estee Lauder

Ana de Armas memang sedang menjalani tahun yang luar biasa. Aktris asal Kuba ini menghebohkan Hollywood, dengan berhasil mendapat peran utama dalam film James Bond berikutnya bertajuk No Time to Die, dan akan berperan sebagai Marilyn Monroe dalam film biografi garapan Netflix yang akan datang berjudul Blonde. Sekarang, Ana resmi mengambil peran (kecantikan) terbesarnya: Ia adalah wajah baru dari merek kecantikan ikonis, Estée Lauder.

"Saya sangat, sangat bersemangat. Saya sangat bangga dan terhormat, dan juga sangat senang dengan semua hal yang telah kami lakukan," kata Ana eksklusif kepada Bazaar.com. "Semuanya terlihat indah, dan saya tidak sabar menunggu orang juga melihatnya."

Memberikan bocoran, Ana bercerita tentang cara dan persiapan yang ia lakukan untuk memerankan karakter Marilyn Monroe, filosofinya tentang kecantikan serta darah Kuba-nya, dan semua produk favoritnya.

Menurut Anda, apa warisan pribadi Estée Lauder?

Anda harus beberapa langkah di depan waktu Anda, atau setidaknya di depan lingkungan dan situasi Anda.

Ini sangat menginspirasi. Ia (Estée Lauder) sangat terdepan pada waktunya dan sangat bersemangat tentang semua yang ia lakukan. Ia mengubah mimpinya menjadi sebuah perusahaan yang paling bergengsi di dunia, dan ia mengubah dunia kecantikan — sungguh luar biasa.

Secara pribadi ini menyentuh saya karena, saya ingat ada ungkapan yang ia katakan, "Saya tidak pernah bermimpi tentang kesuksesan. Saya bekerja untuk itu." Berasal dari Kuba, dan dari kota yang sangat kecil, impian Anda lebih besar dari itu. Anda harus melakukan sesuatu untuk mengubah jalan Anda. Dibutuhkan lebih dari sekadar bermimpi tentang sesuatu, Anda harus mengejarnya dan melakukan sesuatu tentang itu dan menjadi berani. Anda harus beberapa langkah di depan waktu Anda, atau setidaknya di depan lingkungan dan situasi Anda. Sebagai seorang wanita, saya merasa hal itu sangat menginspirasi hari ini. Dan kami masih harus terus melakukan itu.

Apa sajakah produk Estée Lauder favorit Anda?

Ada suatu masa ketika saya naik pesawat, mungkin ketika kembali ke Kuba — saat itu, saya tinggal di Spanyol, saya masih sangat muda — saya ingat berada di bandara dan menyadari bahwa saya tidak punya produk perawatan apa-apa untuk dikenakan pada wajah. Saya tahu kulit saya akan menjadi kering karena penerbangan selama sembilan jam. Jadi saya mencari ke semua toko di bandara, dan saya membeli pelembap DayWear di stoples biru. Itu adalah pertama kalinya saya menggunakan produk tersebut. Sejak saat itu, saya telah menggunakan banyak produk lain dari Estée Lauder. Kesukaan saya?  Double Wear Stay-in-Place Foundation. Selain itu saya juga suka concealer dan Pure Color Envy Sculpting Lipstick. Saya suka aromanya juga. Beruntungnya saya! 

Produk Estée Lauder favorit Ana:

Double Wear Stay-in-Place Flawless Wear Concealer
Estée Lauder

esteelauder.com

30.00 dolar (429.000 rupiah)

Double Wear Stay-in-Place Makeup
Estée Lauder

esteelauder.com

43.00 dolar (614.900 rupiah)

Pure Color Envy Sculpting Lipstick
Estée Lauder

esteelauder.com

32.00 dolar (457.600 rupiah)

Bagaimana rutinitas Anda berubah dalam setahun terakhir?

Saya kira rutinitas setiap orang telah berubah sepanjang tahun lalu. Namun dalam beberapa hal, saya pikir ada hal yang masih tetap sama. Satu-satunya perbedaan yang paling besar adalah bahwa pada malam hari, saya merasa seperti benar-benar merasa memiliki lebih banyak waktu untuk rutinitas kecantikan saya dan saya benar-benar dapat menikmatinya. Rasanya hampir seperti bermeditasi sambil merawat kulit saya. Di pagi hari, sejujurnya, saat ini saya sedang bekerja, jadi saya tidak punya banyak waktu di pagi hari. Kadang-kadang saya bahkan memakai masker wajah di dalam mobil — orang-orang memandang saya seperti saya gila. Tapi ini satu-satunya saat saya dapat melakukan sesuatu untuk diri saya sendiri, dan saya merasa sangat baik dengan hal tersebut. Dan kemudian, saya sampai di lokasi dan penata rias saya berkata, 'Oh, kulit Anda tampak luar biasa.'

Apakah Anda memakai riasan saat tidak bekerja?

Saya biasanya tidak memakai riasan saat saya tidak bekerja. Ketika saya bangun di pagi hari, saya mencuci muka dan mandi. Atau terkadang saya hanya sedikit menggunakan concealer. Namun produk maskara sangat penting bagi saya, karena mampu membuat saya merasa seperti sudah bangun dan siap. Juga lip balm dengan kualitas yang sangat bagus. 

Apa satu produk kecantikan yang tidak bisa Anda tinggalkan?

Saya akan mengatakan itu maskara. Rasanya seperti membuka mata saya, dan saya merasa seperti sudah bangun. Entah kenapa, tapi bibir saya selalu kering. Jadi saya selalu membawa lip balm di tas saya. Selalu.

Proyek Marilyn Monroe Blonde akan segera dirilis, yang membuat semua orang sangat bersemangat. Apa artinya bagi Anda untuk dapat terpilih memerankan sosok Marilyn sebagai seorang wanita Kuba, dan bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menjadi dirinya?

Itu adalah kesempatan yang luar biasa, dan ini adalah proyek yang sangat menakutkan untuk dilalui. Ini adalah proses yang sangat menantang, tetapi sangat indah. Saya bekerja sama dengan sutradara, dan saya menonton banyak film Marilyn lama. Saya mendengarkan wawancaranya dan mempelajari hidupnya. Semua yang bisa saya pelajari tentang ia penting untuk saya ketahui. Itu adalah tantangan yang sangat besar bagi saya sebagai seorang wanita, dan sebagai seorang aktor. Saya pikir aktor mana pun akan merasakan hal yang sama. Tidak terlalu pandai bahasa juga merupakan kendala tersendri bagi saya, karena bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu saya, aksen dan suara menjadi kendala, yang menjadi tambahan lain dari semua kendala pekerjaan yang harus saya lalui ketika akan memerankan seseorang seperti Marilyn yang semua orang tahu dengan baik. Semua orang melihat begitu banyak foto dirinya. Itu adalah petualangan yang luar biasa, dan itu semua karena rasa hormat dan cinta saya yang terdalam padanya. Saya tidak begitu tahu banyak tentang dirinya sampai saya mulai mengerjakan proyek ini, dan ia benar-benar seseorang yang luar biasa. Saya sangat menghormatinya. 


Ceritakan sedikit tentang bagaimana pengalaman Anda dengan dunia kecantikan saat tumbuh dewasa? Misalnya, apakah kuku Anda dikerjakan oleh seorang profesional, atau apakah itu sesuatu yang Anda lakukan di rumah?

[Tertawa.] Profesional? Profesional adalah tetangga saya. Saya ingat ibu saya tidak akan melewatkan akhir pekan tanpa merapikan kukunya. Dan saya mulai pergi bersamanya ke rumah tetangga saya, ia adalah orang yang tepat di lingkungan itu, dan saya mulai menata kuku saya di usia yang sangat, sangat muda. Kemudian, saya melakukannya sendiri, dan saya masih melakukannya sendiri kadang-kadang, dan tangan saya akan berdarah setelah saya selesai. Tapi itu adalah hal yang selalu saya lakukan. Saya suka kuku saya tetap pendek. Saya bukan orang yang suka dengan tipe kuku panjang, tapi saya suka menjaganya tetap bersih dan meminyaki kutikula saya.

Tumbuh di Kuba, hal-hal yang kami miliki dan standar kecantikan yang beredar cukup sederhana.

Tumbuh di Kuba, hal-hal yang kami miliki dan standar kecantikan yang beredar cukup sederhana. Saya akan mengatakan bahwa orang-orang tidak terlalu terbiasa merawat kulit mereka, atau sadar akan rutinitas kecantikan, atau produk kecantikan bahkan jika mereka menginginkannya. Mereka hanya tidak memiliki akses ke semua hal yang kami miliki di sini. Jadi saya tumbuh menjadi lebih sadar tentang cara lain untuk merawat kulit saya, seperti jangan terlalu banyak duduk di bawah sinar matahari. Ibu saya tidak mengizinkan saya melakukan itu. Saya hanya akan mengurus kecantikan saya dengan apa yang saya miliki dan tidak terlalu bergantung pada produk, karena kami tidak memilikinya.

Apa hikmah kecantikan yang telah diturunkan kepada Anda selama bertahun-tahun?

Less is more. Saya sudah mendengarnya berkali-kali, sejak saya masih sangat muda. Penyair Kuba José Martí berkata, Tidak ada yang lebih cantik dari seorang wanita selain rambut aslinya. Ini adalah gagasan menjadi alami, segar, dan nyaman dengan diri Anda sendiri, dengan siapa Anda, dan di setiap saat dalam hidup Anda walaupun saat Anda bertambah tua, Anda merasa nyaman dengan tubuh sendiri. Saya pikir itu akan menonjolkan kecantikan seorang wanita. 


(Penulis:Jenna Rosenstein; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)