Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cauliflower: The Next Kale

Cauliflower: The Next Kale

Mencermati sayur berklorofil rendah yang mampu menandingi khasiat Kale.

Jika beberapa waktu lalu fenomena kale menyita perhatian para beauty dan health junkie, kali ini Harper's Bazaar Indonesia mengajak Anda untuk menemukan khasiat di balik Cauliflower atau yang biasa disebut kembang kol. Sayuran yang satu ini terbukti menyimpan banyak kebaikan untuk tubuh dan menjaga kesehatan.

  • Cauliflower yang berasal dari 'keluarga' yang sama dengan kale mengandung anti-oksidan dan anti inflamasi yang mampu menangkal radikal bebas, sehingga dipercaya sebagai salah satu rahasia anti-aging.
  • Selain itu, dengan banyaknya kandungan anti oksidan pada cauliflower, maka sayuran berwarna putih pucat ini mampu menetralisir racun atau zat-zat negatif dalam tubuh. Bahkan banyak studi yang menyebutkan bahwa cauliflower efektif membunuh 'bibit' kanker yang menyerang organ reproduksi pada wanita karena cauliflower mampu menstimulasi metabolisme estrogen dalam tubuh.
  • Cauliflower juga dapat mengurangi risiko osteoporosis karena mampu membantu proses penyerapan kalsium dan magnesium yang lebih efektif untuk tulang manusia. Sementara itu, kandungan vitamin C, K, dan omega-3 dapat melancarkan peredaran darah yang mencegah Anda dari bahaya serangan jantung.
  • Segelas jus cauliflower setiap hari dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga menghindari Anda dari ancaman flu dan demam. Apalagi dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah seperti yang dapat Anda rasakan belakangan ini. Kandungan amino acid-nya juga berguna untuk detoks dan mereparasi usus. Minum jus cauliflower dalam keadaan perut kosong dan campur dengan wortel serta seledri, untuk mengoptimalkan sistem pencernaan Anda.
  • Cauliflower juga wajib Anda masukan dalam menu diet untuk mengurangi berat badan karena sayuran ini memiliki nilai kalori yang rendah dan nutrisi yang tersimpan di dalamnya mampu menekan nafsu makan.

Kesimpulannya, jika keberadaan kale terasa sulit terjangkau, mungkin sudah saatnya Anda beralih pada sayuran lokal yang nyatanya juga menyimpan banyak manfaat!

 

(Anindya Harahap. Foto: Dok. Bazaar)