Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

16 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia, Patut Bangga!

Kekayaan dan keunikan rasa dari makanan-makanan khas Indonesia ini telah berhasil menarik perhatian para penikmat makanan di seluruh dunia.

16 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia, Patut Bangga!

Sebagai negara yang terdiri dari beragam suku dan budaya, Indonesia memiliki banyak sekali jenis makanan khas yang lezat dan unik. Setiap daerah menawarkan hidangan khasnya masing-masing, yang dimasak menggunakan bumbu dan bahan spesial sehingga menghasilkan cita rasa masakan kelas dunia. Dalam artikel ini, Bazaar sudah merangkum beberapa makanan Indonesia yang mendunia. Simak!

1. Rendang

Rendang merupakan makanan khas dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Makanan ini berhasil menduduki puncak daftar Makanan Terbaik Dunia versi CNN. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu spesial, menghasilkan hidangan daging yang empuk dengan cita rasa yang kaya rempah dan sangat lezat. 

2. Nasi Goreng

makanan indonesia yang mendunia
(Photo by R Eris Prayatama on Unsplash)

Di Indonesia, nasi goreng termasuk comfort food yang disukai oleh semua orang, yang bisa disantap kapan saja; pagi, siang, atau malam hari. Sesuai namanya, nasi goreng merupakan makanan yang terbuat dari nasi putih yang dibumbui dengan kecap manis, bawang putih dan merah, dan sedikit garam—bisa ditambah cabai untuk membuatnya sedikit pedas atau sangat pedas—dan disajikan dengan beragam kondimen seperti telur goreng, bakso dan sosis, ayam, atau seafood

Berkat rasanya yang lezat dan beraroma, nasi goreng jadi salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Bahkan, beberapa artis dunia juga sudah mengakui kelezatan nasi goreng Indonesia, seperti Tom Holland, Lee Jong Suk, SSOS, Martin Garrix, Katy Perry, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

3. Sate 

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang bisa dengan mudah Anda temukan, dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima. Sate termasuk makanan andalan untuk makan malam. Ada banyak ragam sate khas Indonesia, seperti sate ayam, sate lilit, sate padang, sate klathak, sate maranggi, dan masih banyak yang lainnya. Setiap jenis sate mempunyai keunikan dan rasa khasnya masing-masing yang sangat mengguggah selera. 

Salah satu jenis sate yang paling populer secara internasional yaitu sate ayam. Seperti namanya, sate ayam terbuat dari daging ayam yang dimarinasi dengan campuran bawang putih, ketumbar, sedikit garam, dan kecap manis. Setelah itu, daging ayam ditusuk ke tusukan sate, lalu dibakar menggunakan arang sampai daging matang. Sate ayam biasa disajikan dengan bumbu kacang atau sambal kecap, dan disantap bersama dengan lontong atau nasi putih. 

4. Indomie

makanan indonesia yang mendunia

(Photo by @indomie)

Secara teknis, Indomie bukanlah hidangan khas tetapi merupakan salah satu merek mie instan asal Indonesia. Namun, merek Indomie telah menaklukkan pasar global dengan varian mie instannya, menjadikannya salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Bahkan, Indomie terpilih sebagai mie instan terbaik di dunia oleh beberapa media internasional, dan menjadi mie instan favorit banyak artis dunia. 

Indomie memiliki cita rasa mie yang khas dan sangat lezat, dengan berbagai varian mie instannya yang mengadaptasi makanan-makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. 

5. Rawon

Setelah rendang yang dinobatkan sebagai Makanan Terbaik Dunia versi CNN, kini giliran rawon yang juga berada di peringkat teratas sebagai Sup Terbaik di Dunia 2023 versi Taste Atlas. Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur, yang terbuat dari daging sapi dengan campuran bumbu khusus. Salah satu kunci kelezatan dan keunikan rawon yakni pada penggunaan “keluak”, yang memberi cita rasa khas dan warna hitam pekat pada kuahnya—ciri khas kuah rawon. 

Karena warnanya yang hitam pekat, banyak wisatawan mancanegara yang menyebut rawon sebagai sup hitam (black soup). Tak hanya daging sapi dan kuah sop hitam pekat, dalam satu porsi rawon juga terdiri dari tauge, telur asin, sambal, taburan bawang goreng, dan kerupuk udang. Perpaduan semuanya menawarkan cita rasa khas yang gurih, pedas, dan sangat lezat. 

6. Martabak Manis

Martabak manis, atau yang dikenal juga dengan sebutan terang bulan, merupakan sejenis pancake manis khas Indonesia. Martabak manis termasuk street food khas Indonesia yang bisa mudah Anda temukan di berbagai sudut jalanan, terutama pada malam hari. 

Salah satu kunci kelezatan dan aroma khas martabak manis yaitu terletak pada penggunaan mentega yang banyak pada adonan martabak yang sudah matang, ditambah beragam taburan topping di atasnya seperti meses, keju, kacang, dan susu kental manis, yang membuatnya memiliki cita rasa manis. 

7. Tempe

Tempe merupakan salah satu Indonesia superfood, berkat kandungan nutrisi tinggi di dalamnya. Mengandung protein dari kedelai yang difermentasi, banyak orang—terutama di negara-negara Barat—yang menjadikan tempe sebagai alternatif pengganti protein hewani.

Di Indonesia, tempe merupakan sumber protein nabati yang sangat mudah didapatkan dan memilki harga terjangkau. Tapi di luar Indonesia, harga tempe bisa sangat meroket. Tempe bisa Anda buat menjadi berbagai hidangan lezat dan kaya nutrisi. 

8. Gado-Gado

Makanan Indonesia yang mendunia berikutnya yaitu gado-gado, yang disebut-sebut sebagai salad khas Indonesia. Gado-gado merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang bisa dengan mudah Anda temukan, dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima. Tak hanya di Indonesia, gado-gado juga jadi salah satu menu populer di restoran Indonesia di seluru dunia. 

Gado-gado biasanya terdiri dari berbagai isian sayuran seperti labu siam, kangkung, kentang, timun, tauge, dan jagung, dengan irisan tahu goreng dan telur rebus, lalu dilumuri bumbu kacang yang ditambah perasan jeruk nipis. Disajikan dengan kerupuk udang dan taburan bawang goreng di atasnya.

9. Kopiko

Sama seperti Indomie, secara teknis Kopiko bukanlah makanan khas melainkan merek permen kopi asal Indonesia. Setelah muncul di beberapa drama Korea populer, Kopiko kini sudah menjadi salah satu produk makanan Indonesia yang mendunia. Menawarkan pengalaman ngopi yang lebih praktis, membuat Kopiko mendapatkan respon positif dan popularitas secara global. Pada dasarnya, Kopiko merupakan permen kopi dengan rasa manis yang bisa membantu boost energi, layaknya minum kopi. 

10. Soto

Di samping rawon, soto juga merupakan makanan sup tradisional Indonesia yang dikenal di seluruh dunia. Soto memiliki perpaduan rasa dan aroma yang harmonis antara kaldu, ayam/daging, sayur-sayuran, dan rempah-rempah khas Indonesia. Soto memiliki beragam variasi rasa dan rupa, yang disesuaikan dengan keanekaragaman bahan dan rempah yang tersedia di setiap daerahnya, mulai dari soto ayam, soto Surabaya, soto Betawi, soto Medan, hingga soto ‘coto’ Makasar. Kelezatan soto dan variasinya yang beragam benar-benar mencerminkan kekayaan budaya kuliner Indonesia, sehingga menarik perhatian para penikmat makanan di seluruh dunia.

11. Durian

makanan indonesia yang mendunia

(Photo by DinhCo on Pixabay)

Durian, atau sering juga disebut dengan “King of Fruits”, merupakan buah yang bisa Anda temukan di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Durian dari Indonesia sudah terkenal secara global karena aromanya yang kuat dan khas, memiliki rasa yang manis, serta tekstur daging buahnya yang sangat lembut dan tidak terlalu berair. Bahkan, ada beberapa jenis durian asal Indonesia yang tidak memiliki biji dan daging buahnya berwarna oranye terang, menjadikannya jagoan durian asal Indonesia yang mendunia.

12. Bakso

Sama halnya dengan nasi goreng, bakso juga merupakan comfort food masyarakat Indonesia yang bisa disantap pada siang, sore, ataupun malam hari. Perpaduan bola-bola daging atau bakso dengan mie dan kuah kaldu yang hangat, menjadikannya makanan khas Indonesia yang menyegarkan dan memuaskan, serta memiliki rasa yang disukai di seluruh dunia. 

13. Nasi Padang

Nasi Padang adalah salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang terkenal secara global. Popularitas nasi Padang sudah menyebar di berbagai negara di dunia, termasuk Malaysia, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Amerika, hingga Belanda. Sesuai namanya, nasi Padang merupakan makanan khas Minangkabau (Padang), Sumatra Barat, yang bisa dibeli di Rumah Makan Padang. Nasi Padang terdiri dari nasi yang disajikan dengan beragam lauk pauk kaya rempah khas, sayuran hijau, gulai sayur, dan sambal pedas, menawarkan pengalaman bersantap yang penuh rasa. 

14. Wafer Nabati

Wafer Nabati merupakan produk makanan Indonesia yang mendunia setelah kemunculannya dalam drama Korea populer, “The Fabulous”. Camilan khas Indonesia ini tersedia dalam berbagai macam varian dengan rasa khas dan unik yang menarik perhatian para pecinta camilan di Indonesia dan di seluruh dunia. 

15. Sambal

makanan indonesia yang mendunia

(Photo by Freepik)

Sambal merupakan kondimen atau makanan pelengkap khas Indonesia yang memiliki rasa pedas, yang bisa meningkatkan selera makan. Ada banyak sekali jenis sambal di Indonesia, yang disesuaikan dengan keanekaragaman bahan dan bumbu yang tersedia di setiap daerahnya. Secara umum, sambal dibuat dari campuran cabai, bawang-bawangan, dan bumbu-bumbu khas lainnya. Sambal mencerminkan kekayaan kuliner khas Indonesia, yang sudah diakui secara global. 

16. Kerupuk

Kerupuk adalah camilan renyah khas Indonesia yang tak hanya bisa disantap secara langsung, tetapi juga bisa dimakan bersama hidangan utama. Sama seperti sambal, kerupuk juga bisa meningkatkan selera makan. Ada banyak jenis kerupuk di Indonesia, baik itu yang terbuat dari tepung tapioka, ikan, atau udang. Karena keunikan dan kerenyahan kerupuk, wajar jika popularitas kerupuk Indonesia sudah diakui di seluruh dunia. 

Itulah beberapa makanan Indonesia yang mendunia. Kekayaan dan keunikan rasa dari makanan-makanan khas Indonesia ini telah berhasil menarik perhatian para penikmat makanan di seluruh dunia.

(Teaser Photo by visualsofdana on Unsplash)