Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Berbagai Saran untuk Membentuk Sebuah Kebiasaan dari Para Ahli Kesehatan dan Kebugaran

Cobalah sepuluh kebiasaan ini untuk membangun konsistensi untuk kesehatan Anda di tahun 2023.

Berbagai Saran untuk Membentuk Sebuah Kebiasaan dari Para Ahli Kesehatan dan Kebugaran
COURTESY OF BAZAAR UK

Jika tahun ini Anda merasa sulit untuk mempertahankan momentum dengan niat positif yang telah Anda tetapkan, mungkin ada baiknya Anda mengimplementasikan ilmu perilaku ke dalam strategi Anda. 

BACA JUGA: Penjelasan Manfaat Melatih Bagian Dasar Panggul dan Latihan Kegel

Konsep 'habit stacking' diciptakan oleh penulis Wall Street Journal, S.J. Scott, melalui bukunya yang terbit tahun 2014, Habit Stacking: 97 Small Life Changes That Take Five Minutes or Less. Dan semakin dipopulerkan oleh buku bertajuk Atomic Habits. Buku best seller pengklaiman New York Times tahun 2018, yang mengusulkan agar Anda melatih otak dengan rutinitas untuk melakukan perubahan jangka panjang.

Premis dasar di balik membentuk kebiasaan adalah bahwa Anda membangun rutinitas dari kebiasaan sederhana yang membutuhkan sedikit usaha. Metode ini juga menyarankan Anda untuk menggabungkan berbagai tugas yang dapat dilakukan secara bersamaan, atau memasangkan pekerjaan yang terasa seperti 'pekerjaan rumah' seperti membersihkan kamar mandi. Dan sesuatu yang Anda tunggu-tunggu seperti mendengarkan episode baru podcast favorit Anda. Kemenangan kecil ini kemudian membangun momentum karena mudah diingat dan diselesaikan. Tanpa Anda sadari, perilaku kecil tersebut memiliki dampak yang panjang.

Meskipun habit stacking dapat diterapkan pada semua aspek kehidupan, mulai dari meredakan kecemasan hingga manajemen yang lebih baik, ini dianggap sebagai cara yang begitu efektif untuk mencapai praktik kesehatan jangka panjang.

90% orang dewasa berhenti dari rutinitas olahraga baru dalam tiga bulan pertama

"Membentuk kebiasaan adalah cara yang bagus untuk membangun konsistensi," kata Rhian Stephenson kepada kami. Sebagai ahli gizi, naturopath, dan pendiri merek suplemen fungsional, Artah, ia tahu satu atau dua hal tentang hidup sehat.

Pengusaha wanita visioner lainnya, Anna Samuels, juga setuju. Ia baru-baru ini meluncurkan Boxx+, aplikasi yang terinspirasi dari olahraga tinju dan pelacak kebugaran yang dapat dikenakan oleh Boxx, sebuah pusat olahraga di London Timur. Yang dirancang untuk membantu Anda membangun kebugaran yang berkelanjutan, mengingat 90 persen orang dewasa berhenti berolahraga dalam waktu tiga bulan pertama. "Habit stacking adalah teknik yang brilian bagi mereka yang ingin membuat kebiasaan baru atau perubahan perilaku yang positif," katanya. "Secara pribadi, teknik ini telah menjadi penggerak utama bagi saya dalam hal membangun rutinitas olahraga yang konsisten."

Anna mengatakan bahwa kunci untuk membangun kebiasaan adalah memulai dari yang kecil dan kemudian mengembangkannya, jika Anda mau. Di sini, ia dan Rhian berbagi rutinitas pembentukan kebiasaan yang berhasil bagi mereka, yang dapat menginspirasi versi Anda.

HEALTHY BODY
COURTESY OF BAZAAR UK

Pembentukan asupan nutrisi oleh Rhian Stephenson

"Anda bisa membentuk kebiasaan dengan berbagai cara, tapi berikut ini adalah beberapa favorit saya," kata Rhian. "Semuanya cukup sederhana, tetapi sangat berdampak dalam menjaga konsistensi dan kesehatan saat sedang sibuk."

  • "Saat saya membuat kopi pagi, saya minum 500 ml air. Saya menambahkan Artah Cellular Hydration untuk mengisi kembali elektrolit. Ini sangat bagus karena dapat menggantikan mineral penting yang hilang saat tidur. Selain itu, dapat membantu menghidrasi tubuh sebelum minum kopi, tetapi Anda juga bisa menambahkan sedikit lemon atau jeruk nipis."
  • "Ketika saya memasak makan malam pada hari Senin, saya memanggang nampan berisi sayuran. Ini sangat bagus karena berarti saya memiliki pilihan yang cepat dan sehat untuk makan siang atau makan malam saat saya sibuk dalam seminggu."
  • "Saat saya pergi ke pasar di akhir pekan, saya membeli protein yang akan dimasukkan ke dalam freezer untuk dimakan di kemudian hari. Ini sangat bagus karena kualitas dagingnya lebih baik, biasanya lebih murah, dan berarti saya selalu memiliki sesuatu untuk dimasak setelah seharian bekerja."
  • "Saya menyimpan suplemen yang terletak di samping rutinitas perawatan kulit saya, yang berarti saya tidak pernah lupa untuk meminumnya."
  • "Saya juga memakan sayuran sambil membuat makan malam. Ini sangat ideal karena meningkatkan asupan serat dan keragaman tanaman, sementara makan sayuran sebelum makan malam juga membantu mengurangi lonjakan gula darah."

Pembentukan kebiasaan kebugaran oleh Anna Samuels

"Baik Anda menganggap berolahraga sebagai hal baru atau ingin meningkatkan dan/atau memberi variasi di rutinitas latihan Anda, kebiasaan yang dibentuk bisa sangat efektif. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang telah bekerja dengan sangat baik untuk saya."

STRETCHING
COURTESY OF BAZAAR UK
  • "Setelah minum secangkir air panas dengan lemon di pagi hari, saya akan masuk ke aplikasi Boxx+ dan memilih olahraga. Saya memilih untuk berolahraga setiap hari dalam menghabiskan waktu untuk diri sendiri sebelum anak-anak bangun. Jadwal saya saat ini tidak memungkinkan untuk pergi ke kelas studio, jadi dengan menggunakan aplikasi ini, saya tetap bisa melakukan latihan tinju favorit saya di sela-sela kesibukan."
  • "Setelah menyikat gigi di malam hari, saya akan menata pakaian olahraga untuk pagi hari. Ini adalah isyarat visual untuk berolahraga. Karena pada hari-hari di mana saya tidak melakukan hal ini, saya lebih sering melewatkan latihan."
  • "Setelah melakukan latihan tinju, saya akan menambahkan kelas peregangan selama sepuluh menit. Peregangan adalah bagian penting dari rutinitas workout apapun karena memungkinkan otot kita pulih lebih cepat dan juga bekerja lebih efisien. Namun, jika saya tidak menyempatkan sesi peregangan, saya sering merasa sulit untuk tetap melakukan sesi peregangan khusus setiap minggunya."
  • "Setelah saya melakukan belanja makanan online mingguan, saya akan menjadwalkan latihan saya untuk minggu depan. Penelitian menunjukkan bahwa Anda tiga kali lebih mungkin untuk datang dan berolahraga secara konsisten jika telah menetapkan niat Anda tentang di mana, kapan, dan jam berapa Anda akan berolahraga."
  • "Setelah makan siang saat bekerja dari rumah, saya akan berjalan-jalan. Saya melakukan ini bahkan di hari-hari saya berolahraga, karena jika tidak, saya bisa menghabiskan waktu seharian di depan laptop dan itu tidak baik untuk tubuh dan pikiran saya."

BACA JUGA:

Anda Malas Olahraga? 7 Hal Ini Dapat Terjadi Pada Tubuh Anda!

Simak Manfaat Sinkronisasi Siklus Olahraga Untuk Tubuh Anda

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)