Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengapresiasi Kerja Keras Dengan Self Reward, Ini Manfaatnya untuk Anda!

Karena Anda memang pantas mendapatkannya!

Mengapresiasi Kerja Keras Dengan Self Reward, Ini Manfaatnya untuk Anda!

Menghadiahi diri sendiri (self reward) adalah kebiasaan yang baik untuk diterapkan. Meskipun kecil, hadiah bisa memotivasi Anda untuk bekerja lebih keras dan lebih baik lagi, serta dapat meningkatkan kepuasan diri sendiri dan kebanggaan atas pencapaian Anda. 


Bentuk hadiah untuk self reward bisa bermacam-macam, itu termasuk belanja online pakaian dan sepatu baru, menonton konser musisi favorit, memanjakan diri dengan sesi spa, atau makan malam di restoran mewah. 


Terlepas dari apapun hadiahnya, self reward adalah kebiasaan baik yang dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda. 


Berikut ini beberapa manfaat melakukan self reward, antara lain:


1. Membuat lebih bahagia 

Saat mendapatkan hadiah, otak akan melepaskan dopamin, neurotransmitter yang membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih positif. Bayangkan saja, Anda mendapatkan hadiah pakaian atau sepatu baru, atau menjalani sesi spa yang menenangkan, bagaimana perasaan Anda tentang hal itu? Sangat membahagiakan dan mendebarkan, bukan? Itulah yang akan Anda rasakan saat melakukan self reward


2. Mengurangi stres

Menghadiahi diri sendiri bisa memberikan perasaan bahagia, yang juga berarti lebih sedikit stres. Menurut seorang psikolog klinis, Dr. Tamara McClintock Greenberg, pergi berlibur —sebagai bentuk self reward— dapat membantu mengalihkan pikiran dari situasi stres yang bisa membuat Anda merasa lebih rileks, lebih puas, dan lebih positif. Dengan kata lain, self reward akan memberikan energi positif dan membuat pikiran lebih fokus, sehingga Anda lebih siap menjalani hari esok. 


3. Sebagai bentuk penguatan positif

Self reward merupakan salah satu cara terbaik untuk memotivasi Anda agar bekerja lebih keras dan lebih giat lagi, menurut ulasan dari JMC Academy


Ketika suatu perilaku baik diikuti oleh hasil yang menyenangkan, Anda cenderung akan mengulangi perilaku baik tersebut, dan inilah yang disebut dengan penguatan positif. Itu artinya, ketika Anda sudah bekerja keras lalu menghadiahi diri sendiri hadiah yang menyenangkan, Anda cenderung akan mengulangi sikap kerja keras tersebut untuk mendapatkan hadiah lainnya. 


Self reward secara efektif memberi Anda istirahat mental sekaligus memotivasi Anda untuk bekerja lebih keras dan lebih giat lagi. 


4. Meningkatkan produktivitas dan kreativitas

Menghadiahi diri sendiri tampaknya menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Menurut penelitian tahun 2018 dalam International Journal of Academic Multidisciplinary Research, karyawan yang melakukan self reward menunjukan kreativitas yang lebih tinggi dan terdorong untuk bekerja lebih keras.


Riset terbaru dalam jurnal Frontiers in Psychology yang melibatkan lebih dari 200 pekerja melaporkan bahwa pergi berlibur sebagai bentuk self reward dapat meningkatkan kreatifitas dan produktifitas pekerja. 


5. Karena Anda pantas mendapatkannya!

Mengapa penting melakukan self reward? Jawabannya sederhana, karena Anda memang pantas mendapatkannya! Jika Anda hanya bekerja, bekerja, dan bekerja, tanpa menghadiahi diri sendiri, Anda mungkin akan mengalami kelelahan, merasa hampa, dan mudah kehilangan motivasi. 


Ingatlah bahwa Anda sudah benar-benar bekerja keras dan berusaha, jadi hargai diri Anda dengan hadiah kecil. Anda layak mendapatkannya.


Itulah lima manfaat melakukan self reward setelah kerja keras yang sudah Anda lakukan. Namun pastikan Anda melakukan self reward dengan baik, karena Anda tentu tidak ingin rencana memanjakan dan menghadiahi diri sendiri berujung menjadi salah satu penyebab stres, misalnya saja, harus membayar tagihan kartu kredit yang membengkak setelah liburan atau berbelanja. Maka dari itu, pilihlah hadiah yang tepat dan sesuai dengan kemampuan finansial Anda, tetapi tidak mengurangi tujuan dan manfaatnya. 

(Teaser photo by Victoria Emerson on Pexels)