Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

37 Film Dengan Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Anda Tonton!

Film-film ini memiliki alur cerita yang mengejutkan dan tidak terduga!

37 Film Dengan Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Anda Tonton!

Tidak ada kejutan yang menyenangkan dibandingkan dengan alur cerita akhir (atau di tengah) film yang tidak terduga. Dalam istilah dunia perfilman, itu disebut dengan plot twist. Film dengan plot twist banyak disukai oleh para pecinta film, karena bisa memberikan sensasi mengejutkan yang menyenangkan, dan tentunya tidak terkesan monoton. 

Berikut ini 37 film dengan alur cerita yang mengejutkan dan tidak terduga— yang mungkin bisa membuat Anda memikirkannya selama berhari-hari sesudahnya. 


1. Parasite (2019)

Film Parasite menyapu penghargaan Oscar di tahun rilisnya. Parasite bercerita tentang keluarga Kim yang ingin meninggalkan kehidupannya yang terbilang kurang mampu untuk bekerja di rumah keluarga Park yang kaya raya. 

Satu per satu keluarga Kim berhasil masuk dan bekerja untuk keluarga Park, dengan berpura-pura mengenal satu sama lain karena koneksi, bukan sebagai keluarga. Kemudian, keluarga Kim mengetahui ada banyak rahasia di rumah itu dan berakhir pada peristiwa pembunuhan yang sadis.

Setelah peristiwa itu, keluarga Park pindah dari rumah itu, anak laki-laki keluarga Kim dituntut dalam masa percobaan dengan ibunya, sementara anak perempuan keluarga Kim meninggal dunia, dan sang ayah menghilang tanpa jejak. Lalu, plot twist tidak terduga muncul di akhir film, di mana ternyata sang ayah tidak pernah menghilang, tetapi bersembunyi di rumah itu. 


2. Gone Girl (2014)

Berbicara mengenai film dengan plot twist terbaik, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan Gone Girl ke dalam daftar. Film ini bercerita tentang Nick Dunne yang menjadi tersangka utama ketika istrinya, Amy Dunne, menghilang. 

Setelah semua bukti mengarah kepada Nick Dunne, lalu muncul twist yang pasti akan membuat Anda terkejut bahwa sebenarnya itu hanya rekayasa Amy Dunne setelah mengetahui bahwa suaminya itu berselingkuh. 


3. The Sixth Sense (1999)

Setelah terjadi pembobolan rumah yang dilakukan oleh mantan pasiennya, ahli psikologi anak, Dr. Malcolm Crowe, kembali bekerja untuk membantu seorang anak laki-laki yang bisa melihat orang yang sudah meninggal dunia, Cole Sear. Saat berusaha mengungkap kebenaran tentang kemampuan Cole Sear, muncul kebenaran tak terduga yang sangat mengejutkan tentang dirinya sendiri. 


4. Us (2019)

Didampingi oleh suami, putra dan putrinya, Adelaide Wilson kembali ke rumah tepi pantai tempat ia dibesarkan. Rencana liburan keluarga yang indah berubah mencekam, ketika empat orang asing bertopeng masuk ke dalam rumah. 

Tetapi, yang mengejutkan adalah keempat orang asing bertopeng itu ternyata sekelompok doppelgänger keluarga Adelaide Wilson yang misterius. 


5. Fight Club (1999)

“Fight Club” adalah salah satu film dengan twist ending terbaik garapan sutradara David Fincher. Film ini menceritakan tentang seorang pria depresi bernama Edward Norton yang bertemu dengan seorang sales, Tyler Durden. Kedua pria itu lalu membentuk klub underground untuk melawan pria lain yang muak dengan kehidupan duniawi mereka. 

Akhir dari film Fight Club termasuk salah satu plot twist yang paling berkesan, ketika terungkap bahwa ternyata Tyler Durden adalah alter ego dari Edward Norton, dan dengan demikian, semua tindakan yang dilakukan oleh Durden sebenarnya adalah tindakannya sendiri. 


6. Once Upon a Time… in Hollywood (2019)

film dengan plot twist terbaik

(Photo by @onceinhollywood / Instagram)

Film ini menyoroti masa-masa keemasan Hollywood, namun berfokus pada kisah aktor Rick Dalton dan sahabatnya Cliff Booth yang harus bekerja bersama di era Manson tahun '60-an, setelah ketenarannya memudar. 

Di saat mereka sibuk berusaha kembali ke industri film (dan berpesta), ancaman pembunuhan terjadi di sekitar mereka. Di akhir film Anda akan dikejutkan dengan twist yang tidak terduga. 


7. Now You See Me (2013)

Empat pesulap karismatik dan berbakat yang dikenal sebagai The Four Horsemen memberikan pertunjukan sulap yang menakjubkan dan memukau penonton dengan menguras rekening bank para koruptor dan membagikannya kepada penonton. Anda pasti tidak akan menyangka kalau sebenarnya The Four Horsemen bukan terdiri dari empat orang, tapi...lima orang. 

Anda bisa menonton sekuelnya di Now You See Me 2. Itu tidak kalah mengejutkan! 


8. Identity (2003)

Saat terjadi badai dahsyat di gurun Nevada, beberapa orang mencari perlindungan di sebuah motel terpencil. Kemudian mereka mulai menyadari bahwa ada seorang pembunuh berantai di antara mereka ketika satu persatu dari mereka tewas. Salah satu dari mereka yang masih hidup mengungkap identitas pembunuhnya, dan di sini Anda pasti tidak akan menduga siapa pembunuh sebenarnya. 


9. Arrival (2016)

film dengan plot twist terbaik

(Photo by @arrivalmovie / Instagram)

Ini adalah salah satu film dengan plot twist yang dieksekusi dengan sangat baik. Film “Arrival” bercerita tentang pesawat luar angkasa yang mendarat di bumi, kemudian seorang ahli bahasa bernama Louise Banks direkrut untuk mencari tahu tujuan kedatangan para alien luar angkasa tersebut. 

Sepanjang film, Anda juga melihat sosok anak perempuan bernama Hannah yang merupakan putri Louise dan Ian. Tetapi, akhirnya terungkap bahwa semua gambaran tentang Louise dan Hannah adalah momen dari masa depan. Itu artinya, Louise sudah mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, di mana dia dan Ian jatuh cinta dan mempunyai seorang bayi perempuan. 

Anda akan menyadari bahwa sebenarnya Anda tidak menyaksikan sebuah film linear, melainkan film non-linear. “Apakah mungkin untuk mengubah sesuatu hal dalam hidup, jika sudah mengetahui apa yang terjadi dalam hidup dari awal sampai akhir?”


10. Shutter Island (2010)

Pelarian dari seorang pembunuh brilian membawa US Marshal Teddy Daniels dan rekannya ke rumah sakit jiwa yang terletak di pulau terpencil. Mereka melihat adanya petunjuk keberadaan (dan kegilaan) pembunuh itu di rumah sakit jiwa. Tetapi, Anda tentu tidak pernah berpikir bahwa semuanya hanyalah sebuah permainan Teddy Daniels, karena sebenarnya dia adalah pasien di rumah sakit jiwa yang telah dirawat selama dua tahun.


11. The Prestige (2006)

Sebuah film thriller yang berlatar era edwardian di mana dua pesulap rival, Robert Angier dan Alfred Borden, saling berusaha untuk mengalahkan satu sama lain guna menemukan trik sulap yang sempurna. Sejak itu, mereka telah memainkan permainan sulap satu lawan satu yang berbahaya, dan akhirnya menyebabkan kematian mereka. 

Ternyata, Alfred Borden memiliki saudara kembar yang juga mampu melakukan berbagai macam trik sulap. Sementara itu, Robert telah mengkloning dirinya sendiri berkat bantuan Nikola Tesla. Ia “membunuh” setiap kloningnya malam demi malam, setelah melakukan setiap trik.


12. The Others (2001)

Grace Stewart dan dua anaknya memutuskan untuk pindah ke pantai Inggris selama Perang Dunia II. Sambil menunggu kembalinya sang suami, Grace Stewart tetap merawat dan melindungi anak-anaknya dari penyakit fotosensitifitas langka. Namun, suatu hari mereka merasa melihat hantu, dan merasa tersiksa dengan kehadiran sosok tak terlihat itu. 

Sepanjang film, Anda akan dibuat percaya bahwa mereka dihantui oleh sosok tak terlihat. Tetapi ternyata… mereka sendiri adalah arwah. 


13. Gone Baby Gone (2007)

Di pinggiran kota Boston, dua orang detektif swasta Patrick Kenzie disewa untuk mencari seorang anak perempuan bernama Helene McCready yang hilang. Helen dipercaya telah diculik oleh bandar obar-obatan terlarang.  

Akhirnya terungkap bahwa sebenarnya Helen bernama Amanda, dan dia tidak pernah diculik. Itu adalah berita penculikan palsu. 


14. Orphan (2009)

Hancur karena kehilangan bayi mereka yang belum lahir, Kate Coleman dan John Coleman memutuskan untuk mengadopsi seorang anak perempuan berusia sembilan tahun dari Rusia, Esther. Setelah kepulangan mereka, serangkaian peristiwa mengerikan satu persatu mulai terjadi. Kate mencurigai bahwa ada sesuatu yang jahat bersembunyi dibalik penampilan manis dan innocent Esther. 

Lalu plot twist tak terduga muncul di akhir film. Ternyata, Esther bukanlah seorang anak perempuan berusia sembilan tahun seperti kelihatannya. 


15. Primal Fear (1996)

Seorang pengacara Martin Veil mengambil sebuah kasus yang melibatkan seorang putra altar bernama Aaron Stampler. Ia dituduh melakukan pembunuhan brutal terhadap seorang uskup agung. Selama penyelidikan, Aaron diketahui memiliki kepribadian ganda, dan menyalahkan alter ego-nya yang bernama Roy dalam pembunuhan tersebut. 

Seiring perkembangan kasus, Martin menemukan bahwa sebenarnya Aaron tidak memiliki kepribadian ganda, dan Aaron adalah seorang sosiopat yang berbahaya. 


16. American Psycho (2000)

Berlatar tahun 1987 di New York City, seorang pengusaha muda kaya raya yang tampan, Patrick Bateman, menjalani dua kehidupan yakni sebagai pembunuh berantai yang mengerikan di malam hari. Film American Psycho menyoroti bagaimana manusia bisa menjadi monster yang mengerikan. 


17. Secret Window (2004)

Mort Rainey yang bekerja sebagai penulis pergi ke daerah terpencil di bagian utara New York untuk menyendiri setelah mengetahui bahwa istrinya selingkuh. Mencoba memulihkan hatinya yang hancur, Mort justru bertemu dengan John Shooter yang ingin mencelakainya. John Shooter juga seorang penulis yang mengklaim bahwa tulisan Rainey adalah plagiat dirinya. Awalnya, Rainey mengabaikan tuduhan tersebut, namun segera Shooter menjadi semakin kejam dalam upayanya untuk balas dendam. 

Akhir film thriller ini mengungkapkan bahwa sebenarnya John hanyalah karakter imajinasi Mort, yang menjadi gila karena istrinya berselingkuh dan meninggalkannya.


18. Atonement (2007)

Berdasarkan buku karya Ian McEwan, film “Atonement” berfokus pada kehidupan sepasang kekasih, Cecilia Tallis dan Robbie Turner. Di sisi lain, saudara perempuan Cecilia, Brionny Tallis ternyata juga memiliki perasaan yang sama untuk Robbie. Kecemburuan membuat Brionny berani berbohong dan menyalahkan Robbie atas kekerasan terhadap sepupunya yang bernama Lola, meskipun ia tidak menyaksikannya sendiri. Tuduhan itu membuat Robbie dijebloskan ke penjara. 

Beberapa tahun kemudian, Brionny merasa bersalah karena telah merusak kehidupan Robbie dan Cecilia. Kemudian, ia mengujungi keduanya di apartement tempat mereka tinggal untuk meminta maaf, namun ditolak. 

Di akhir film muncul twist yang tak terpikirkan, ternyata Cecilia dan Robbie tidak pernah hidup bersama, keduanya telah meninggal. Itu hanyalah karangan Brionny yang menulis sebuah buku yang menceritakan bahwa mereka hidup bahagia selamanya sebagai bentuk penyesalannya.


19. Knives Out (2019)

Film misteri pembunuhan karya Rian Johnson ini memiliki banyak twist tak terpikirkan. “Knives Out” berfokus pada kasus kematian misterius novelis kriminal ternama Harlan Thrombey, yang diduga melakukan bunuh diri. 

Seorang detektif terkenal bernama Benoit Blanc ditunjuk untuk menyelidiki kasus ini. Selama penyelidikan, detektif Benoit menduga bahwa kematian Harlan bukanlah kasus bunuh diri melainkan pembunuhan. Untuk memperkuat dugaannya, satu persatu keluarga Thrombey diwawancarai untuk mendapatkan kebenarannya. Tampaknya, setiap anggota keluarga Thrombey memiliki motif pembunuhan. 

Namun, di akhir film “Knives Out” terungkap bahwa kematian Harlan Thrombey memang benar bukanlah disebabkan karena bunuh diri, melainkan salah satu keluarga Thrombey yang membunuhnya. 


20. The Boy (2016)

“The Boy” adalah film horor supranatural garapan William Brent Bell yang memiliki plot twist terbaik. Film ini mengisahkan tentang seorang wanita Amerika bernama Greta yang bekerja sebagai pengasuh anak laki-laki berusia delapan tahun di sebuah desa terpencil di Inggris. 

Greta terkejut ketika mengetahui bahwa anak laki-laki yang harus diasuhnya adalah boneka bernama Brahms. Keluarga Heelshires merawat boneka Brahms seolah-olah seorang anak laki-laki, setelah kematian putra mereka 20 tahun sebelumnya yang juga bernama Brahms. 

Ada sejumlah aturan ketat yang harus ditaati oleh Greta. Dan ketika aturan itu dilanggar, serangkaian peristiwa yang tidak dapat dijelaskan mulai terjadi satu per satu, membuatnya percaya bahwa boneka itu benar-benar hidup.

Di akhir film, tampak Brahms sedang memperbaiki bonekanya. Itu menjelaskan bahwa sebenarnya Brahms tidak benar-benar meninggal 20 tahun lalu, tetapi ia tinggal di rumah itu. 


21. Scream (1996)

“Scream” adalah salah satu film dengan plot twist terbaik yang harus masuk ke dalam daftar. Film ini menceritakan tentang seorang pembunuh bertopeng yang mengincar sekelompok anak sekolah.  Di sebuah pesta penutupan sekolah usai adanya pembunuhan, kekasih Sidney Presscot yaitu Billy Loomis tewas dihadapannya setelah mereka melakukan hubungan intim. Si pembunuh kemudian memburu Sidney dan teman-temannya.

Ternyata pembunuh bertopeng terdiri dari dua orang, itu termasuk Billy dan satu temannya, Stu. Billy tidak benar-benar meninggal pada malam itu. 


22. Oldboy (2003)

“Oldboy” adalah sebuah film thriller yang diadaptasi dari manga Jepang dengan judul yang sama. Film ini mengikuti kisah seorang pemabuk menjengkelkan bernama Oh Dae-su yang diculik dan dipenjara di dalam sel yang menyerupai kamar hotel selama 15 tahun tanpa mengetahui identitas penculiknya dan motifnya. Tiba-tiba Dae-su dibebaskan, dan penculiknya terungkap yakni seorang pengusaha kaya bernama Lee Woo-jin.

Dalam aksi balas dendam yang dilakukan oleh Dae-su, ia bertemu dengan seorang koki cantik, Mi-do. Mereka semakin dekat hingga berhubungan seks. Namun, plot twist terbesar dalam film ini terungkap kalau ternyata Mi-do adalah putri Dae-su selama ini, yang diam-diam dibesarkan oleh Woo-jin. 


23. The Visit (2015)

Film “The Visit” menceritakan seorang cucu perempuan dan laki-laki bernama Becca dan Tyler yang pergi untuk mengujungi kakek dan nenek mereka. Segalanya dimulai dengan cukup baik, tetapi menjadi cukup menyeramkan saat malam hari. Nana dan Pop Pop —begitu mereka memanggilnya— mulai menunjukkan perilaku-perilaku aneh. 

Anak-anak ini kemudian menemukan bahwa Nana dan Pop Pop yang bersama mereka bukanlah kakek dan nenek asli. Mereka menemukan mayat kakek dan nenek asli, dan dua pakaian pasien rumah sakit jiwa. 


24. Last Christmas (2019)

Film ini berlatar waktu natal di London yang berfokus pada kisah Kate Andrich yang bekerja sebagai peri di toko natal sepanjang tahun. Dia merasa sangat frustasi dengan hidupnya, sampai seorang pria tampan misterius bernama Tom Webster datang ke dalam hidupnya. Dia jatuh cinta kepada Tom dan menganggapnya sebagai hadiah terbaik untuk natalnya tahun ini. 

Tetapi ternyata, Tom Webster sudah meninggal karena kecelakan satu tahun sebelumnya. 


25. Searching (2018)

film dengan plot twist terbaik

(Photo by @searchingmovie / Instagram)

Di awal film, dan hampir sepanjang film, Anda akan ikut terbawa kebingungan yang dialami oleh David, seorang ayah yang putrinya menghilang tanpa jejak. Detektif Vick memberi dugaan awal kalau Margot, putri David, tidak hilang melainkan melarikan diri dari rumah. Tidak percaya dengan dugaan itu, David berusaha mencari keberadaan sang putri dengan bantuan gadget dan jejak digital Margot. 

Seiring berjalannya penyelidikan, David justru menemukan berbagai kejanggalan, yang akhirnya berujung pada terungkapnya sebuah fakta mengejutkan. Detektif Vick, yang dianggap semua orang sebagai "orang baik", sebenarnya tidak seperti kelihatannya. 


26. The Boy in the Striped Pajamas (2008)

“The Boy in the Striped Pajamas” adalah sebuah film sejarah berlatar perang dunia ll garapan Mark Herman, yang menceritakan kisah seorang anak laki-laki berusia delapan tahun bernama Bruno yang terpaksa ikut pindah bersama keluarganya untuk tinggal di dekat camp militer tempat ayahnya bertugas setelah ditunjuk sebagai komandan. 

Merasa kesepian, Bruno mulai bermain-main di belakang rumahnya dan menemukan seorang anak laki-laki Yahudi seusianya, Shmuel, yang berada di camp berpagar kawat berduri. Meskipun begitu, mereka tetap bermain bersama dan membangun persahabatan. 

Suatu hari, Bruno memiliki ide untuk menggali lubang bawah pagar, ikut mengenakan “seragam” Yahudi, dan memasuki camp bersama. Sayangnya, setelah berhasil menyelinap masuk ke camp, Bruno dan Shmuel dikirim ke kamar gas. Plot twist dalam film ini sungguh sangat tidak terduga, dan dijamin akan membuat Anda menangis. 


27. Se7en (1995)

Seorang pensiunan detektif bernama William Somerset bersama dengan detektif yang baru dipindahkan bernama David Mills, menangani sebuah kasus pembunuhan yang rumit dan mengerikan. Segera mereka menyadari bahwa mereka berurusan dengan seorang pembunuh berantai yang terobsesi dengan tujuh dosa mematikan (seven deadly sins); Kesombongan, ketamakan, iri hari, kemarahan, hawa nafsu, dan kemalasan. 

Akhir dari film ini bisa membingungkan tetapi termasuk twist yang menarik. Pembunuh berantai itu memberitahu Mills bahwa ia telah membunuh istrinya karena iri hati. Jelas saja, itu membuat Mills sangat marah dan mendorongnya untuk membunuh si pembunuh berantai. Itu artinya, si pembunuh berantai berhasil mewujudkan obsesinya dengan seven deadly sins, di mana David adalah wujud dari kemurkaan (wrath). 


28. Interstellar (2014)

Disebut-sebut sebagai salah satu film epic science dengan twist terbaik, “Interstellar” menceritakan tentang Cooper dan sekelompok kosmonot yang melakukan perjalanan melalui ruang dan waktu serta lubang cacing (wormhole) dalam misi untuk menemukan planet yang mampu menampung umat manusia. Ini dilakukan karena bumi sedang sekarat. Sementara itu, putri Cooper, Murph, bekerja untuk memecahkan persamaan gravitasi, yang bisa membantu umat manusia melarikan diri dari Bumi.

Murph mampu menyelesaikan persamaan gravitasi tersebut dengan bantuan ‘hantu’, yang ternyata adalah ayahnya sendiri. Selama menjalankan misi, Cooper terjebak di tesseract, sebuah tempat yang diteorikan sebagai ciptaan manusia dari masa depan untuk menyelamatkan umat manusia. Di dalam tesseract, Cooper mengetahui bahwa dirinya bisa mengirim pesan ke Murph dan masa lalunya. 


29. Last Night in Soho (2021)

Seorang calon perancang busana bernama Ellie, yang menyewa kamar di sebuah rumah di London yang dimiliki oleh seorang wanita tua bernama Ms. Collins, mengetahui bahwa dia dapat melakukan perjalanan waktu secara misterius, ke tahun 1960-an. Di tahun itu, dia bertemu dengan seorang penyanyi yang mempesona bernama Sandie. Namun dalam penglihatannya, Sandie telah dibunuh oleh mucikarinya yang bernama Jack. 

Ternyata, Sandie belum mati. Dia masih hidup dan justru dialah yang telah membunuh Jack. Plot twist yang lebih mengejutkan lagi, Sandie sebenarnya adalah Ms. Collins. 


30. The Invitation (2015)

Will mengajak pacarnya, Kira, ke pesta makan malam yang diadakan oleh mantan istrinya dengan suami barunya, Eden dan David. Malam itu, tidak hanya mereka tetapi juga beberapa teman lainnya. Malam semakin larut, mereka banyak berbincang, dan Will mulai menyadari bahwa ada sesuatu yang jauh lebih menyeramkan yang sedang terjadi.

Itu bukanlah sekedar undangan makan malam biasa, tetapi rencana bunuh diri massal sebuah kultus—Will dan Kira juga termasuk dari rencana bunuh diri massal itu. Plot twist terbesarnya adalah ketika ternyata setiap rumah di daerah itu juga memiliki rencana yang sama.


31. Second Act (2018)

Ketika mengalami situasi keuangan yang sulit, Maya Vargas terpaksa harus menyerahkan putrinya yang baru lahir untuk diadopsi.

Saat ini, Maya bekerja sebagai asisten manajer di sebuah toko, tempat dia bekerja selama 15 tahun terakhir. Selama waktu itu, dia secara dramatis mampu meningkatkan penjualan. 

Karena kinerja baiknya, Maya sangat berharap untuk dipromosikan menjadi manajer. Namun sayangnya, ia tidak dapat dipromosikan sebagai manajer karena tidak memiliki gelar sarjana, yang membuatnya tidak memenuhi syarat untuk promosi berdasarkan kebijakan perusahaan. 

Mengetahui hal itu, putra baptis Maya memberinya kesempatan untuk mendapatkan gelar sarjana sekaligus perjalanan keliling dunia. Kemudian, dia mendapatkan pekerjaan baru di sebuah perusahan kosmetik besar. Di sini, dia bertemu dengan Zoe Clarke, putri CEO perusahan tersebut. Selama bekerja di perusahaan itu, Maya mengetahui bahwa ternyata Zoe adalah putrinya yang dulu dia serahkan untuk diadopsi.


32. The Call (2021)

film dengan plot twist terbaik

(Photo by @koreadispatch / Instagram)

Pada tahun 2019, Seo-yeon menerima sebuah telepon misterius —melalui telepon nirkabel—dari seorang wanita bernama Oh Young-sook yang tinggal di rumah yang sama di tahun 1999. Keduanya dapat berkomunikasi lintas waktu melalui telepon, bertukar informasi tentang kehidupan mereka, dan saling menyelamatkan satu sama lain. 

Dalam sebuah berita lama, Young-sook seharusnya meninggal karena dibunuh oleh ibunya sendiri pada sebuah ritual pengusiran setan, tetapi justru selamat karena bantuan informasi dari Seo-yeon. Itu mengubah kenyataan, Young-sook justru menjadi pembunuh berantai.

Young-sook terus mengancam Seo-yeon dengan mengatakan bahwa dirinya akan membunuh ibu Seo-yeon di garis waktu tersebut. Untuk menyelamatkan sang ibu, Seo-yeon mencoba menelepon ibunya di tahun 1999 dan memperingatkannya tentang Young-sook. Ibu Seo-yeon berhasil membunuh Young-sook, membuatnya hilang dari garis waktu 2019. 

Akhir cerita film ini sungguh sangat tak terduga, karena Young-sook ternyata telah memperingatkan dirinya sendiri mengenai ibu Seo-yeon dan kematiannya. Ia berhasil selamat dan masih hidup di garis waktu 2019, mengincar Seo-yeon sebagai korban berikutnya. 


33. Sweet & Sour (2021)

“Sweet & Sour” adalah film komedi romantis Netflix yang menyuguhkan kisah cinta realistis (dan plot twist). Film ini bercerita tentang asam manisnya kisah cinta antara Jang Hyuk dan Da Eun. Keduanya terpaksa harus menjalani hubungan jarak jauh karena Jang Hyuk ditugaskan bekerja di luar kota. Hal itu membuat Jang Hyuk dan Da Eun sangat sulit untuk bertemu. Di tempat kerja, Jang Hyuk bertemu dan dekat dengan rekan satu profesinya, Bo Yeong. 

Di akhir film diketahui bahwa sebenarnya baik Jang Hyuk dan Da Eun sudah berada di hubungan yang tidak sehat; keduanya sama-sama telah berselingkuh. 


34. Recalled (2021)

Masuk ke dalam daftar film terlaris Korea Selatan, “Recalled” akan membuat Anda tercengang karena twist yang tak terduga. Film ini mengisahkan tentang Soo-jin yang terlibat dalam kecelakan dan kehilangan ingatannya. Setelah kondisi fisiknya mulai membaik, Soo-jin sering mendapatkan ingatan-ingatan yang diyakininya adalah kejadian masa depan. Dia juga mendapatkan kebenaran tentang suaminya. 

Di akhir film, semua pertanyaan-pertanyaan mulai terjawab satu persatu. Ternyata, suami yang bersamanya saat ini bukanlah suaminya tetapi saudara tirinya, serta ingatan yang diyakininya adalah masa depan ternyata adalah ingatan masa lalu Soo-jin. 


35. Forgotten (2017)

Film “Forgotten” adalah salah satu film yang sangat diapresiasi oleh para pecinta film thriller psikologis. Pasalnya, “Forgotten” menyajikan alur cerita yang menarik, dan tentu saja…twist yang tidak terduga. 

Film ini menceritakan tentang hilangnya seorang pemuda bernama Yoo Seok yang sangat misterius. Setelah 19 hari menghilang, tiba-tiba saja Yoo Seok kembali ke rumah, namun adik laki-lakinya bernama Jin Seok mulai memerhatikan ada yang aneh dengan kakak laki-lakinya tersebut. 

Sepanjang film, Anda akan dibuat bingung dan bertanya-bertanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Tetapi, Anda tidak akan pernah menyangka siapa sebenarnya Jin Seok, Yoo Seok dan keluarga, karena mereka tidak seperti kelihatannya. Mereka tidak benar-benar keluarga. 


36. Memento (2000)

Leonard Shelby diketahui menderita amnesia anterograde, kondisi di mana dirinya tidak mampu menyimpan ingatan-ingatan yang baru diterimanya, akibat pembobolan rumah yang menyebabkan kematian istrinya, Catherine Shelby. 

Kemudian, ia berusaha untuk mencari pembunuh istrinya, namun kesulitan karena kondisinya yang menderita hilang ingatan langka dan sulit diobati. Meskipun dia dapat mengingat detail kehidupan sebelum kejadian itu, tetapi saat ini Leonard bahkan tidak dapat mengingat apa yang terjadi lima belas menit yang lalu, ke mana dia pergi, atau mengapa.

Oleh karena itu, dia harus melakukan seluruh penyelidikannya dalam rentang waktu 15 menit, dan selalu mencatat apa yang ditemukannya. 

Namun sebenarnya, Leonard dan istrinya selamat dari kejadian hari itu, tetapi secara tidak sengaja Leonard lah yang membunuh istrinya sendiri. Dia tidak bisa mengingat apa yang telah dilakukannya. 


37. Coco (2017)

film dengan plot twist terbaik

(Photo by @pixarcoco / Instagram)

Film “Coco” menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Miguel yang memiliki bakat alami bermain gitar. Ia bercita-cita menjadi gitaris hebat seperti Ernesto de la Cruz. Sayangnya, keinginannya tersebut ditentang oleh keluarganya, karena sejarah tragis yang panjang. 

Malam itu, malam orang mati, Miguel menyelinap ke museum Ernesto de la Cruz dan mencuri gitarnya. Tiba-tiba saja, Miguel menemukan dirinya berada di dunia lain. Ia kemudian berkelana menuju Land of the Dead untuk bertemu dengan idolanya, Ernesto de la Cruz.

Di sana, Miguel bertemu dengan Héctor yang sedih dan ingin bertemu dengan keluarganya. Ternyata kemudian terungkap bahwa ternyata Héctor adalah kakek buyut Miguel. 

(Photo teaser by Yan Krukau on Pexels)