Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Linda Evangelista Akhirnya Buka Suara Setelah Kesalahan Prosedur Kosmetik

Supermodel ini sudah melakukan segalanya untuk mencoba mendapatkan tubuhnya yang lama, tetapi sekarang, ia belajar menerima kenyataan barunya.

Linda Evangelista Akhirnya Buka Suara Setelah Kesalahan Prosedur Kosmetik
Linda Evangelista akhirnya angkat bicara setelah mengalami kesalahan prosedur kosmetik

Ia ada di sampul setiap majalah fashion, ia merupakan inspirasi utama setiap desainer ternama — ​​hingga sebuah prosedur yang salah menyebabkannya menghentikan karirnya dan mundur dari sorotan publik.

Baca juga: 13 Selebriti Berbicara Tentang Operasi Plastik

Pada tahun 2015, supermodel Linda Evangelista mencoba CoolSculpting—prosedur yang disetujui FDA (Food and Drug Administration) yang dimaksudkan untuk mengecilkan sel-sel lemak dengan membekukannya—untuk meningkatkan beberapa bagian tubuhnya tanpa melakukan pembedahan.

Ia menjalani tujuh sesi, menargetkan dagu, paha, dan area bra, tetapi setelah beberapa bulan, sang model menyadari bahwa tidak hanya prosedurnya tidak berhasil, itu telah membuatnya "cacat permanen," katanya kepada sebuah media berbasis di Amerika Serikat, dalam sebuah wawancara.

Linda, yang sekarang berumur 56 tahun, menggambarkan perubahan di tubuhnya sebagai tonjolan yang keras dan mati rasa.

“Saya mencoba memperbaikinya sendiri, mengira saya melakukan sesuatu yang salah,” ucapnya, menjelaskan bahwa dia mulai berdiet, berolahraga lebih banyak, dan akhirnya sampai pada titik di mana dia “tidak makan sama sekali.” Dia menambahkan, “Saya pikir saya kehilangan akal sehat saya.”

Dokternya pun segera memastikan bahwa ia menderita hiperplasia adiposa paradoks (PAH), efek samping yang jarang dari CoolSculpting di mana jaringan lemak tumbuh bukannya menyusut.

Dr. Dmitriy Schwarzburg, ahli bedah kosmetik di New York City, mengatakan kepada BAZAAR.com bahwa CoolSculpting dimaksudkan sebagai alternatif yang aman dan non-invasif untuk sedot lemak, karena tidak memerlukan jarum, tidak ada sayatan, dan sedikit atau tanpa efek samping. Namun, ada kemungkinan kurang dari 1 persen bahwa seseorang bisa mendapatkan PAH, dan efeknya sering kali tidak dapat diubah.

Setelah lima tahun hidup dengan PAH, Linda telah melakukan segalanya untuk mencoba mendapatkan kembali tubuhnya, tetapi dia mengatakan efeknya telah terbukti "permanen."

Linda mengajukan gugatan terhadap perusahaan induk CoolSculpting, Zeltiq Aesthetics Inc., meminta ganti rugi USD50 juta (Rp713.450.000.000,00). Sang supermodel mengaku kehilangan pekerjaan karena kondisi yang disebabkan oleh prosedur tersebut.

(Zeltiq Aesthetics telah mengajukan mosi untuk menolak gugatan, yang tertunda di pengadilan.)

Perusahaan tersebut menawarkan perawatan untuk membayar sedot lemak sang model, tetapi bersikeras dia menandatangani perjanjian kerahasiaan. Ia menolak dan malah membayar penuh untuk dua operasi sedot lemaknya — satu pada tahun 2016 dan satu lagi pada tahun 2017.

Tapi PAH kembali setelah setiap prosedur, tambahnya.

"Itu bahkan tidak sedikit lebih baik," katanya. “Tonjolannya adalah tonjolan. Dan mereka sulit. Jika saya berjalan tanpa ikat pinggang dalam gaun, saya akan mengalami lecet hingga hampir berdarah. Karena tidak seperti menggosok lemak yang lembut, itu seperti menggosok lemak yang keras.”

Linda mengatakan posturnya juga terpengaruh, karena dia tidak bisa lagi “meletakkan tangan saya di sisi tubuh saya. Saya berpikir tidak ada desainer yang akan mendandani saya dengan kondisi ini”—ia menurunkan kemejanya dan menunjukkan bentuk persegi panjang PAH yang menonjol dari bawah lengannya—“mencuat dari tubuh saya.”

"Saya tidak mau melihat ke cermin," pungkasnya. "Itu tidak terlihat seperti saya."

Linda masih berusaha menerima tubuh barunya dan mencintai dirinya sendiri setelah pengalaman malangnya. Tapi dia "tidak akan bersembunyi lagi," katanya, dan dia berharap ceritanya dapat membantu orang lain melalui situasi serupa.

Baca juga:
Cari Tahu! Seberapa Lama Hasil Operasi Plastik Bertahan?
Panggilan Video Tingkatkan Permintaan Untuk Operasi Plastik

Penulis: Rosa Sanchez; Alih bahasa: Sabrina Sulaiman menyadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US