Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Glamorama Sulam Apik di Koleksi Dior Haute Couture

Sulaman apik tanpa cela menjadi fokus utama untuk koleksi haute couture dari rumah mode Dior.

Glamorama Sulam Apik di Koleksi Dior Haute Couture

Rumah mode Dior menggelar presentasinya di hari pertama haute couture week di Paris dengan para undangan yang selektif dan museum Rodin yang kembali menjadi lokasi  untuk persembahan koleksi haute couture dari rumah mode Dior untuk musim semi dan panas 2022.

Di dalam sebuah kotak raksasa yang menjulang di tengah taman museum, instalasi kotak tersebut dibangun khusus untuk pergelaran ini. Sebuah instalasi seni berupa panel-panel sulam berwarna-warni mengelilingi seluruh dinding ruang yang merupakan karya dari dua seniman India, Madhvi dan Manu Parekh. Lalu, sebanyak 22 karya seni setinggi sekitar 3,5 meter dengan panjang sekitar 92 meter berupa tekstil yang disulam tangan secara detail oleh atelier Chanakya dan Chanakya school of craft di Mumbai turut menyempurnakan. Di mana setiap panel menggambarkan dunia secara surealis dengan memakai berbagai motif tradisional India dan simbol spiritual. Sebuah wujud dekorasi yang sublim sehingga dekorasi helatan ini akan menjadi sebuah ekshibisi sementara selama seminggu dan akan terbuka untuk umum. 

Hubungan yang erat antara savoir-faire dan keterampilan tangan (handmade) menjadi benang merah koleksi haute couture yang dikreasikan oleh Maria Grazia Chiuri, direktur artistik untuk koleksi pakaian wanita dari rumah mode Dior. Dengan sulaman sebagai konsep utama, yang alih-alih sebagai objek dekoratif di koleksi ini sulaman justru yang memberikan struktur yang sophisticated. Seperti sebuah sulaman yang membungkus seorang model yang muncul di awal presentasi berupa bodysuit dengan format geometris lengkap dengan stocking dan sepatu hitam. 

Stocking yang menjadi salah satu titik perhatian dari koleksi ini mengelevasi sebuah gaya menjadi lebih glamour. Dalam kelembutan warna-warna seperti cream, navy, hitam, abu-abu dengan garis-garis simple. Pada koleksi ini, desainer Maria Grazia Chiuri yang sangat berbakat ini, mengembalikan arti sebenarnya dari couture yaitu to dress the body. Yang terpampang melalui ungkapan sensualitas feminin dengan munculnya model mengenakan busana dengan punggung terbuka, ataupun evening long dress yang elegan dari kain sutera dengan cantuman bulu.

Sebanyak 64 looks yang muncul beragam dari pleats, tailoring hingga cape, dengan lace ataupun silk yang ditutup dengan sebuah komposisi sebuah gaun dan jumpsuit dari jaring ikan dengan tambahan sulaman dari perak.

Sebuah presentasi dengan koleksi haute couture yang murni dengan detail-detail yang sempurna pun jatuh kepada presentasi Dior couture musim semi/panas 2022.

(FOTO: Courtesy of Dior)