Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pengalaman Raline Shah Menyusuri Alam serta Budaya Sumba Barat

Melalui akun Instagramnya, Raline Shah membagikan penampakan alam Sumba yang Indah dan budayanya yang kaya.

Pengalaman Raline Shah Menyusuri Alam serta Budaya Sumba Barat
Raline Shah bersama warga rumah adat Waruwora / Foto: Courtesy of Instagram @ralineshah

Raline Shah dikenal sebagai salah satu aktris Indonesia yang memiliki minat tinggi akan travelling. Tidak hanya sekadar menyusuri tempat yang ia kunjungi, wanita kelahiran tahun 1985 ini juga semangat untuk mempelajari budaya setempat. Hal tersebut terlihat jelas ketika dirinya mengunjungi Kecamatan Lamboya, Sumba Barat, tepatnya di kampung adat Waruwora. 
 
Melalui perjalanannya kali ini, ia mendapatkan pengalaman imersif dalam kehidupan budaya Sumba.  Di sana, ia berkesempatan untuk mempelajari budaya tenun. Membuat tenun telah menjadi mata pencaharian tambahan bagi para wanita di Waruwora, sembari mengisi waktu luang. Bagi warga setempat, tenun memiliki nilai yang berharga karena berperan sebagai simbol dan status sosial serta digunakan untuk berbagai keperluan. 
 
“Setiap daerah memiliki simbologi masing (melalui motif kain tenun) dan setiap motif membawa ceritanya masing-masing dengan alam sebagai intinya,” tulis Raline dalam caption unggahannya. 
 
“Kain tenun memegang peran penting dalam ritual keagamaan Sumba dan upacara adat. Dengan simbologinya, kain tersebut juga mencerminkan status sosial - dan yang cukup menarik, bahkan hingga saat ini, motif tertentu dicadangkan untuk keluarga kerajaan dan dilarang untuk disalin atau bahkan difoto!” lanjutnya. 
 
Ia pun tak ragu untuk mencoba membuat kain tenun sembari dibimbing oleh para wanita dan anak-anak di sana. 
 

Raline Shah belajar menenun / Foto: Courtesy of Instagram @ralineshah

 
Selain itu, ia juga berkesempatan untuk menyusuri rumah adat Waruwora dan menemukan berbagai macam hal menarik di dalamnya.  Salah satu hal yang mempesona baginya adalah keberadaan rumah-rumah bamboo tradisional. “Desa itu begitu memesona, 38 rumah bambu tradisional yang menjulang tinggi dengan atap alang-alang berpaku,” tulis aktris yang dikenal melalui perannya dalam film 5 cm ini. 
 

Raline Shah di rumah adat Waruwora / Foto: Courtesy of Instagram @ralineshah

 
Terdapat sebuah pemandangan lain di rumah adat tersebut yang berhasil menyita perhatiannya. Untuk pertama kalinya, ia melihat segerombolan kerbau yang sedang bersantai di dalam air. “Melihat sekelompok kerbau mandi dengan santai di lubang air mereka. Pemandangan yang belum pernah saya lihat sebelumnya,” ujarnya. 
 

Kerbau di Sumba / Foto: Courtesy of Instagram @ralineshah

 
Melalui pengalamannya yang satu ini, Raline merasa sangat bersyukur dapat menyaksikan keindahan alam dan budaya yang dimiliki oleh Sumba. “Di luar pantainya yang masih asli terdapat hutan belantara yang belum terjamah dan sebuah pulau yang penuh sejarah dan hidup dengan budaya asli,” ceritanya melalui akun Instagram pribadinya. 
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah / Foto: Courtesy of Instagram)