Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rasakan 12 Manfaat Kesehatan Ini Hanya dengan Bersepeda

Dari kesehatan mental yang lebih baik hingga peningkatan kebugaran kardiovaskular, berikut adalah dua belas manfaat kesehatan dari bersepeda. 

Rasakan 12 Manfaat Kesehatan Ini Hanya dengan Bersepeda

Baik Anda mengenakan lycra untuk bersepeda ke atas gunung atau hanya mengayuh sepeda ke toko-toko, bersepeda memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Walaupun bersepeda termasuk ke dalam olahraga yang berdampak rendah, menghabiskan waktu dengannya dapat meningkatkan kekuatan fisik dan membantu menurunkan berat Anda (jika Anda memang membutuhkan atau menginginkannya) dan bahkan mampu membuat Anda merasa bahagia. 
 
Pandemi Covid-19 ini telah menciptakan fenomena yang disebut dengan Great British bicycle boom atau tren bersepeda. Jadi, saat ini adalah waktu terbaik untuk menggunakan kembali sepeda usang Anda atau mencari sepeda baru untuk memulai olahraga yang satu ini. 
 
Kami bertanya kepada para ahli dan menemukan dua belas manfaat kesehatan yang muncul jika Anda bersepeda:
 
1. Menguatkan otot
 
Bersepeda adalah salah satu bentuk olahraga terbaik, menurut fisioterapis Bianca Broadbent dari rumah sakit Spire Parkway. “Sebagai olahraga dengan dampak yang rendah, bersepeda memungkinkan Anda memperkuat otok-otot kaki tanpa tekanan untuk pergi ke gym atau membeli peralatan olahraga untuk di rumah. 
 
Dalam prosesnya, Anda bisa saja menjadi sekuat orang-orang yang rutin mengikuti kelas olahraga atau mereka yang lari. Namun, tidak seperti aktivitas aerobik, contohnya lari, bersepeda adalah olahraga yang lebih ramah untuk persendian Anda. 
 
2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
 
Bersepeda juga dapat memberi dampak baik bagi kesehatan jantung Anda. “Bersepeda meningkatkan performa sistem kardiovaskular dengan menguatkan jantung, mengurangi denyut nadi istirahat, dan meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh,” jelas Bianca.
 
Seorang pakar dari British Heart Foundation (BFH) menyetujuinya. “Dengan aktif secara fisik, risiko penyakit jantung dan permasalahan sirkulasi dapat berkurang,” ungkap Barbara Kobson, seorang perawat jantung senior di BFH. “Bersepeda adalah sebuah cara yang bagus untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda karena olahraga tersebut mampu meningkatkan detak jantung dan membantu membakar kalori, di mana hal tersebut dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Elemen resistensi bersepeda juga membantu membangun dan mengencangkan otot sehingga meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan.”
 
3. Memperbaiki suasana hati
 
Jenis olahraga apapun dapat meningkatkan kesehatan mental dengan melepaskan endorfin mood-boosting.
 
Namun, green exercise (olahraga yang dilakukan di alam, seperti bersepeda di outdoor) secara khusus sangat baik bagi kesehatan mental Anda. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bersepeda tidak hanya memperbaiki suasana hati, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. 
 
4. Mengurangi stres, depresi, dan kecemasan
 
Olahraga dengan intensitas sedang atau moderat seperti bersepeda telah terbukti mampu menurunkan tingkat stres, gejala dari depresi, dan kecemasan. “Bersepeda dapat memberikan dampak-dampak tersebut dengan menurunkan tingkat hormon, adrenalin, dan kortisol yang terkait dengan stres,” terang Leanne Simoncelli, seorang fisioterapis spesialis klinis di Institute of Sport, Exercise, & Health (ISEH). 
 
“The Charity Mind menyarankan bahwa sisi sosial dari bersepeda dapat menjadi alasan lain mengapa olahraga tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Pesepeda sering bertemu dengan orang lain, baik dalam kelompok maupun klup pesepeda,” tambah dr. Lebora Lee dari Dr Fox Online Pharmacy. “Efek positif dari bersepeda pada gangguan kesehatan mental sangatlah mengesankan, dokter pun mulai meresepkan sepeda sebagai bagian dari skema percontohan.” 
 
 5. Penghilang rasa sakit alami
 
Lain kali, jika Anda membutuhkan obat parasetamol, pertimbangkan untuk bersepeda dalam waktu singkat. “Olahraga berintensitas sedang hingga tinggi mampu melepaskan neutransmiter seperti serotonin dan norepinefrin yang dapat membantu meringankan rasa sakit, baik secara fisik maupun mental,” kata Leanne. “Endorfin adalah obat penghilan rasa sakit alami dari tubuh kita.”
 
6. Memperpanjang usia


Penelitian menunjukkan bahwa bersepeda dapat menambah panjang usia manusia. “Jika dibandingkan dengan non-pesepeda, mereka yang bersepeda dengan intensitas sedang, yaitu selama 60 menit per hari, memiliki penurunan 20 persen dalam risiko penyebab-penyebab kematian, meningkat menjadi 30 persen bagi yang bersepeda selama 100 menit per harinya,” kata dr. Lebora. 
 
“Sebuah kalkulasi statistik menyimpulkan bahwa angka harapan hidup yang didapat dari bersepeda rutin adalah antara 3-14 bulan,” tambahnya. 
 
7. Meningkatkan sistem imun
 
Banyak orang sadar bahwa memakan sayuran dapat meningkatkan sistem imun. Namun, ternyata, bersepeda juga dampak memberikan manfaat yang sama. 
 
“Bersepeda dengan intensitas sedang (60 menit per hari) terbukti mampu meningkatkan fungsi imun dan aktivitas metabolisme,” ungkap Leanne. “Hal tersebut pun telah didukung oleh pedoman milik NICE yang merekomendasikan setidaknya melakukan aktivitas fisik selama 30 menit, minimal lima hari dalam seminggu, untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.”
 
8. Menurunkan berat badan
 
Sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Siapkan diri untuk bersepeda karena olahraga tersebut membakar sekitar 300 kalori jika dilakukan selama satu jam. “Jika Anda bersepeda dengan lebih giat, kalori yang terbuang pun semakin meningkat,” ucap dr. Lebora. “Contohnya, seseorang dengan berat 155 pon dapat membakar sekitar 298 kalori dalam bersepeda selama 30 menit, jika ia dapat mempertahankan kecepatannya di 12-13.9 mil per jamnya.”
 
“Sebuah data menarik telah ditemukan dari Nurses Health Study,” tambanya. “Sebanyak 18.414 perawat dengan rentang usia 25-42, yang direkrut untuk menjadi subjek penelitian antara tahun 1989 dan 2005, ditindaklanjuti pada tahun 2010. Mereka yang melaporkan telah melakukan siklus bersepeda secara teratur, bahkan hanya 5-10 menit per hari, mengalami kenaikan berat badan yang lebih sedikit jika dibandingkan mereka yang tidak.” 
 
9. Melatih otot perut
 
Apakah Anda bukan penggemar dari olahraga plank tetapi tetap ingin bugar? Nyatanya, bersepeda tidak hanya berurusan dengan kekuatan kaki, tetapi juga otot perut Anda. Olahraga tersebut menyediakan latihan yang bagus untuk punggung dan bahkan otot perut Anda, juga disertai dengan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. 
 
10. Baik untuk lingkungan
 
Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik Anda, tidak menggunakan kendaraan bermotor juga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan. Jadi, apa hubungannya dengan manfaat kesehatan bagi diri kita? Banyak tentunya. 
 
“Memilih untuk bersepeda untuk melakukan perjalanan dapat membantu mengurangi polusi, di mana hal tersebut akan berdampak baik bagi kesehatan paru-paru maupun jantung kita,” jelas Barbara Kobson. 
 
11. Mengurangi risiko kanker 
 
Penelitian menemukan bahwa bersepeda secara rutin mampu menurunkan risiko kanker secara keseluruhan, berdasarkan Leanne Simoncelli. Sebuah studi yang fokus pada pria dewasa menemukan bahwa bersepeda selama 60 menit per minggu menyebabkan penurunan risiko kanker sebesar 20 persen, sedangkan bersepeda selama 90-100 menit per minggunya dapat menurunkan risiko kanker sebesar 40-45 persen. 
 
12. Bagus untuk para pemula
 
Anda tidak akan pernah terlalu tua (atau terlalu muda) untuk tetap bugar dan bersepeda adalah titik awal mula yang paling sempurna. Mulailah perjalanan Anda dengan sepeda statis jika Anda merupakan pemula atau baru pulih dari cedera. Secara bertahap, tingkatkan intensitasnya hingga Anda siap untuk mengeksplorasi alam bebas yang menyenangkan. Setelah Anda mempelajari cara bersepeda, Anda tidak akan pernah lupa bagaimana cara mengendarainya. 
 
(Penulis: Anna Bonet; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Bazaar UK)