Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi Film Paling Romantis yang Akan Membuat Anda Menitikkan Air Mata

Luapkan segala emosi yang terpendam dengan menonton film romantis kurasi Bazaar ini.

Rekomendasi Film Paling Romantis yang Akan Membuat Anda Menitikkan Air Mata

Di tengah kondisi kehidupan yang tampaknya tak kunjung membaik akibat pandemi ini, wajar jika terkadang beberapa dari kita membutuhkan waktu rehat sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan untuk sekadar meluapkan segala emosi yang mungkin selama ini telah kita pendam. 

Ada yang memanifestasikannya dengan memanjakan diri, menyantap makanan favorit, kemudian mungkin membeli barang yang beberapa bulan ini telah Anda inginkan, menggeluti kembali hobi yang mungkin sempat terbengkalai akibat padatnya aktivitas kehidupan, atau mungkin bagi Anda bukan semua yang telah disebutkan di atas? 

Apabila jawabannya adalah iya, apa mungkin Anda sama seperti saya yang menganggap cara terbaik untuk menghempaskan segala beban emosi ini adalah dengan menghelat sesi movie night bertema romance drama yang sanggup membuat Anda menitikkan air mata?

Jika demikian, Anda berada di tempat yang tepat karena di bawah ini, kami telah merangkum 12 film bergenre drama romantis yang pasti akan berhasil membuat Anda menitikkan air mata (sekaligus, meluapkan segala emosi yang terpendam):

1. My Best Friend’s Wedding


Diperankan oleh sederet nama ternama mulai dari Julia Roberts, Cameron Diaz, hingga Dermot Mulroney, My Best Friend’s Wedding mengangkat kisah tentang seorang wanita bernama Julianne (Julia) menemukan sahabat prianya, Michael (Dermot) akan menikah dengan orang lain? Terdengar seperti bukan seperti sebuah masalah besar bukan? Tetapi apa yang akan terjadi ketika Julianne yang mendengar kabar pernikahan tersebut baru menyadari perasaan sesungguhnya kepada Michael? Ketika akhirnya Julianne memutuskan untuk bertolak ke Chicago pun segera melancarkan misi untuk menghancurkan hubungan antara Michael dan Kimberly (Cameron) sebelum menuju ke altar pernikahan. Akankah Julianne berhasil untuk merebut hati Michael?

Bazaar's favorite line:

“Saya memimpikan hal yang sangat aneh. Saya bermimpi bahwa ada seorang psikopat yang mencoba menghancurkan hubungan kalian berdua. Untungnya, saya bangun dan saya melihat dunia ini sebagaimana mestinya. Karena sahabatku telah berhasil memenangkan hati milik wanita terbaik. Aku tidak membelikanmu hadiah. Tapi saya pinjamkan laguku dengan Michael sampai kalian berdua menemukan lagu kalian sendiri," Julianne. 

2. A Walk to Remember


Diadaptasi dari novel karya Nicholas Sparks, A Walk to Remember yang dirilis pada tahun 2002 silam menceritakan tentang seorang siswa terkenal dan nakal bernama Landon (Shane West) yang tak menyadari bahwa dirinya akan jatuh hati dengan seorang gadis berusia 18 tahun sekaligus putri pendeta bernama Jamie (Mandy Moore) yang memiliki kepribadian yang sangat bertolak belakang dengan dirinya. Ketika akhirnya semua terlihat berjalan dengan lancar (setidaknya bagi Landon), Jamie tiba-tiba membagikan sebuah berita tak terduga bahwa dirinya mengidap leukemia. 

Bazaar's favorite line:

"Cinta kita seperti angin... Aku tidak bisa melihatnya, tetapi aku bisa merasakannya," Landon.

3. The Curious Case of Benjamin Button

Ketika waktu tak berpihak pada cinta mereka, seorang pria bernama Benjamin Button mendapati dirinya harus merelakan berbagai hal dalam hidup (terutama cinta) karena kondisi pertumbuhannya yang tak biasa dari orang-orang lainnya. Benjamin yang didiagnosis dengan beberapa penyakit penuaan saat lahir malah seiring berjalannya waktu menemukan dirinya tambah muda seiring beranjak tua. Meskipun akhirnya terpisah selama bertahun-tahun, Benjamin dan Daisy, pujaan hatinya akhirnya bertemu kembali di usia empat puluhan ketika keduanya berada di usia yang sepantaran. 

Menghadirkan Brad Pitt dan Cate Blanchett ke jajaran pemainnya, film arahan sutradara David Fincher ini layak untuk Anda tonton karena menghadirkan ide cerita yang unik, segar, dan tentunya bumbu-bumbu romansa yang akan membuat Anda berlinang air mata.

Bazaar's favorite line:

"Ingat, tidak pernah ada kata terlambat atau, dalam kasusku, terlalu dini untuk menjadi siapa pun yang Anda inginkan. Tidak ada batasan waktu, berhentilah kapanpun Anda mau. Anda dapat mengubah atau tetap sama, tidak ada aturan untuk hal ini. Kita bisa membuat yang terbaik atau yang terburuk. Dan saya harap Anda memanfaatkannya sebaik mungkin. Dan saya juga berharap Anda melihat hal-hal yang mengejutkan Anda. Saya harap Anda merasakan hal-hal yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Saya harap Anda bertemu orang-orang dengan sudut pandang yang berbeda. Saya harap Anda menjalani hidup yang Anda banggakan. Jika ternyata Anda tidak melakukannya, saya harap Anda memiliki kekuatan untuk memulai dari awal lagi," Benjamin Button.

4. A Moment to Remember


Film yang dirilis pada tahun 2004 ini berhasil mempertemukan dua mega aktor Jung Woo Sung dengan kekasih Hyun Bin, Son Ye Jin dalam sebuah kisah romansa yang tentunya memilukan hati. Bagaimana tidak, film yang mengangkat kisah pertemuan antara dua insan, Su Jin (Ye Jin) seorang fashion designer dengan Chul Soo (Woo Sung) yang berprofesi sebagai pekerja konstruksi rendahan yang akhirnya saling jatuh cinta dan menikah walaupun mengingat perbedaan status sosial yang ada. Belum selesai dengan masalah yang ada, pasangan ini kemudian harus kembali menghadapi badai hidup ketika Su Jin didiagnosa mengidap alzheimer yang segera akan menghancurkan masa depan mereka.

Bazaar's favorite line:

"Su Jin: Aku akan segera melupakan semuanya. Aku tidak akan tahu kenapa kamu bersamaku. Kamu akan hilang dari pikiran saya. Dan aku sendiri juga. Kamu mengerti? Saat ingatanku menghilang, jiwaku juga akan hilang. Aku takut.

Cheol Su: Mengapa jiwamu menghilang? Lekas bangun. Serahkan semuanya padaku. Aku adalah ingatanmu. Aku adalah hatimu. Mengerti? Seka air matamu sekarang juga."

5. A Star is Born

Salah satu film yang sempat menggemparkan industri hiburan di tahun 2018 dan menjadi debut Bradley Cooper menjadi seorang sutradara, A Star is Born menceritakan perjalanan musisi ternama Jackson Maine (Bradley) yang menemukan dan jatuh cinta dengan sosok Ally (Lady Gaga) yang hampir menyerah menggapai mimpinya untuk menjadi penyanyi besar. Namun semua itu berubah sampai akhirnya Jack membujuknya untuk keluar dari zona nyamannya dan membagikan karya-karyanya. Ketika akhirnya Ally benar-benar menjadi sukses, di lain sisi Jack yang sekarang menjadi kekasihnya pun jatuh terpuruk melawan perasaannya sendiri. 

Bazaar's favorite line:

"Yang harus Anda lakukan adalah mempercayai saya. Hanya itu yang harus Anda lakukan,Jack."

6. The Notebook


Menjadi salah satu film wajib untuk masuk dalam daftar ini, The Notebook yang menampilkan chemistry yang luar biasa antara Ryan Gosling dan Rachel McAdams, mempertemukan dua sejoli, Noah dan Allie yang memiliki latar belakang yang sangat berbeda namun akhirnya saling jatuh cinta ketika mereka menghabiskan libur musim panas. Namun apa daya, seperti kebanyakan kisah cinta lainnya, orang tua Allie tidak menyetujui hubungan mereka berdua karena Noah berasal dari kelas sosial yang berbeda. 

Bazaar's favorite line:

"Ini adalah jalan yang tidak akan mudah. Ini akan sangat sulit, kita harus berjuang setiap hari, tapi aku ingin melakukannya karena aku menginginkanmu. Saya ingin kamu seutuhnya, selamanya, dan setiap hari. Kau dan aku... setiap hari," Noah.

7. Blue Valentine


Enam tahun setelah sukses mencuri hati para penonton dalam film The Notebook, Ryan Gosling kembali membintangi film bergenre drama romantis yang kali ini turut dibintangi oleh artis Michelle Williams sebagai lawan mainnya. Mengikuti kisah sepasang suami istri, Dean (Ryan) yang berprofesi sebagai pelukis dan Cindy (Michelle) seorang perawat di klinik medis, lihat bagaimana keduanya mencoba untuk memperbaiki rumah tangga mereka yang lambat laun mulai retak karena masalah alkoholisme yang diderita oleh Dean.

Bazaar's favorite line:

"Dean: Saya tidak bisa bernyanyi. Saya harus “bernyanyi konyol”, untuk bisa bernyanyi. Seperti, saya harus bernyanyi bodoh. Ok?

Cindy: Kamu sebenarnya mahir bernanyi!"

8. On Your Wedding


Anda familier dengan pernyataan “menjaga jodoh orang lain?”. Itulah yang terjadi pada sosok Geun Nam (Kim Young Kwang) ketika ia pertama kali bertemu dengan Hwan Seung Hee (Park Bo Young) ia tak dapat mengelak kenyataan bahwa ia jatuh hati kepada sosok siswi pindahan tersebut. Melalui masa sekolah hingga akhirnya masuk ke dunia kerja bersama, Geun Nam selalu setia berada di sisi Seung Hee hingga akhirnya suatu hari ia menerima sepucuk undangan pernikahan dari cinta pertamanya.

Bazaar's favorite line:

"Geun Nam: Setiap saat yang saya habiskan dengan kamu sangat berarti. Bahkan ketika aku menangis, sedih atau kesakitan.

Seung Hee: Saat-saat bersamamu membentuk aku menjadi diriku yang sekarang. Aku harap kamu akan hidup bahagia mulai sekarang. Dan akupun juga akan menikmati kebahagiaanku."

9. Romeo + Juliet


Ketika kisah cinta tragis antara Romeo dan Juliet karya penulis legendaris Shakespeare diangkat menjadi sebuah karya film dan menampilkan Leonardo DiCaprio dan Claire Danes, tentu ini menjadi salah satu mahakarya bukan? Tonton kembali kisah klasik Romeo dan Juliet yang divisualisasikan dengan tragis arahan sutradara Baz Luhrmann yang rilis pada tahun 1996 ini.

Bazaar's favorite line:

"Romeo, apa ini? Racun? Kau minum semua, dan tidak meninggalkan setetes pun untuk aku? Sekarang, aku akan mencium bibirmu, semoga ada racun yang tersisa untukku," Juliet.

10. The Vow

Mempertemukan Rachel McAdams dengan Channing Tatum dalam sebuah kisah cinta yang menyayat hati, bagaimana jadinya jika Leo (Channing) yang baru saja menikah dengan pujaan hatinya Paige (Rachel) mengalami kecelakaan yang berhasil merenggut ingatan Paige tentang dirinya?  

Bazaar's favorite line:

"Hidup adalah tentang momen dan bagaimana hal itu mengubah hidup kita selamanya. Tetapi bagaimana jika suatu hari Anda tidak dapat lagi mengingat satu pun dari merek?," Leo.

11. Message in A Bottle 


Satu lagi novel karya penulis Nicholas Sparks yang diadaptasi ke layar lebar dan layak untuk Anda tonton. Mengangkat kisah mengenai seorang wanita yang tiba-tiba menemukan sebuah surat misterius di dalam botol terdampar di pantai, hal ini membuat Theresa (Robin Wright) yang berprofesi sebagai seorang jurnalis tergerak untuk melacak siapa penulis di balik surat yang penuh ketulusan, kegelisahan, dan cinta tersebut.

Bazaar's favorite line:

"Aku tidak tahu betapa aku membutuhkannya sampai malam dia pergi. Untuk itu besok, saya akan pergi berlayar dan mengucapkan selamat tinggal padamu. Lalu aku akan pergi mengejarnya, jika aku tidak bisa memenangkan hatinya, maka saya tetap tahu saya diberkati karena saya memiliki hak istimewa untuk mencintai dua kali dalam hidup saya,” Garret.

12. The Fault in Our Stars


Diadaptasi dari novel karya John Green, The Fault in Our Stars mengangkat kisah seorang gadis remaja bernama Hazel (Shailene Woodley) yang menderita kanker tiroid dan telah menyebar ke paru-parunya dan bagaimana dirinya bertemu dengan Augustus, (yang juga kehilangan satu kakinya karena kanker tulang) bertemu dalam sebuah sesi grup konseling untuk para pengidap kanker. Melihat sosok Hazel yang begitu istimewa karena selalu membawa dan menggunakan tangki oksigen kemanapun ia pergi membuat Gus tertarik pada Hazel. Namun apa yang terjadi ketika keadaan Hazel memburuk? Apa yang akan dilakukan oleh Gus? 

Bazaar's favorite line:

“Saat ia membaca, aku jatuh cinta pada caranya tertidur: perlahan, lalu sekaligus,” Augustus.

Siap untuk gelar sesi movie night dengan sederet judul film di atas? 

Baca juga:

16 Film Terbaik Tentang Tragedi dan Kejadian Alam yang Tak Bosan Ditonton Berulang

(Foto: Courtesy of IMDb)