Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Aplikasi Clubhouse, Termasuk Cara Bergabungnya!

Dari mulai sejarah berdiri hingga cara mengakses aplikasinya, semua dapat Anda temukan di sini.

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Aplikasi Clubhouse, Termasuk Cara Bergabungnya!

Baru-baru ini aplikasi Clubhouse mendadak menjadi perbincangan publik. Diawali oleh sebuah cuitan dari pendiri Space X dan Tesla, Elon Musk, seketika banyak orang langsung berbondong-bondong mencari tahu aplikasi tersebut. Tak ketinggalan para orang Indonesia terutama para insan dunia kreatif langsung menyerbu aplikasi ini, namun secara bersamaan masih banyak juga yang mungkin masih belum menyadari keberadaan aplikasi menarik ini.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut kami jabarkan apa itu aplikasih Clubhouse dan bagaimana cara mengaksesnya.

1. Apa itu Clubhouse?

Aplikasi Clubhouse didirikan tahun 2020, tepatnya di bulan April dan mengusung fokus kepada sebuah konsep social networking yang hanya menggunakan fitur audio chat. Ketika mengunjungi aplikasi ini, para pengguna akan merasakan betapa aplikasi ini seakan menyerupai radio dan podcast yang seakan dileburkan dengan fitur conference call.

Di aplikasi ini, para pengguna dapat memilih topik apa saja yang menjadi perhatian dan kegemaran mereka. Ada banyak topik yang dibahas di berbagai 'conference room' di aplikasi ini, dari mulai topik menyangkut science, gaya hidup, romansa, terkait suatu profesi, mode, kesehatan, parenting, dan banyak lagi. Ketika Anda sudah berhasil bergabung di aplikasi ini, memilih beragam topik diskusi yang Anda sukai akan membawa Anda ke banyak pilihan conference room untuk dapat Anda dengarkan selanjutnya.

Selain memilih forum diskusi, saling mengikuti para teman maupun kolega juga dapat membawa Anda menemukan banyak pilihan conference room yang diminati oleh orang-orang yang Anda ketahui.

2. Bagaimana cara untuk bergabung di Clubhouse?

Keunikan yang ditawarkan oleh Clubhouse datang dari mekanisme bergabungnya yang berbeda dari aplikasi lainnya. Untuk dapat bergabung, Anda memerlukan sebuah 'undangan' atau 'sponsor' dari teman atau kenalan yang terlebih dahulu sudah tergabung sebagai member. Ketika teman Anda mengundang Anda, temukan sebuah link yang akan terkirim ke nomor telepon Anda yang berada di daftar kontak milik teman Anda. Perlu diingat, setiap member hanya dapat mengundang 2 orang saja dan setiap pengguna yang berhasil mengajak seorang teman akan diberi akreditasi di bagian bawah profil akun yang diajak bergabung.

Untuk memulai akun Clubhouse Anda, pertama Anda harus mengunduh aplikasinya melalui App Store, karena sekarang aplikasi ini baru hadir di gawai berbasis iOS saja. Setelah mendapatkan undangan, Anda langsung segera dapat mendirikan akun dengan mendaftarkan username yang Anda inginkan dan mengisi jenis-jenis topik yang diminati. Jangan lupa untuk mengisi kolom biografi akun Anda dengan menuliskan profesi dan tempat Anda bekerja. Anda juga bisa menuliskan hal lain yang dapat merepresentasikan karakter atau kesukaan Anda.

3. Apa itu Room?

Ketika Anda sudah berhasil masuk dan selesai membuat akun, Anda akan memiliki timeline yang berisikan berbagai room yang sedang berlangsung saat itu dan dapat segera Anda hadiri. Setiap room yang berada di timeline milik Anda disertai oleh judul topik, nama moderator, serta nama orang yang Anda ketahui turut berada di dalam room tersebut.

Untuk menjadi peserta di sebuah room, Anda cukup mengetuk judul topik dan Anda pun langsung dapat mendengarkan isi perbincangan di dalam room tersebut. Ketika Anda berada di dalam room, Anda akan menemukan simbol tangan yang berfungsi sebagai alat untuk mengacungkan tangan di tengah diskusi, atau alat ketika Anda memiliki pertanyaan yang ingin disampaikan di dalam forum. Di samping simbol tangan, Anda juga akan menemukan tanda + yang dapat Anda gunakan di saat Anda ingin mengajak serta teman Anda untuk berpartisipasi di room yang sama. Ketika berada di dalam room, Anda juga bisa sewaktu-waktu diundang sebagai speaker oleh moderator dan Anda pun dapat menerima atau menolak tawaran tersebut.

Bagi Anda yang khawatir jika Anda akan terlihat meninggalkan sebuah room, di aplikasi Clubhouse Anda diberi keleluasaan untuk meninggalkan sebuah room dengan bebas. Cukup mengetuk tanda 'Leave Quietly', Anda dapat keluar dari room secara langsung.

4. Cara untuk membuka sebuah room

Jika Anda ingin membuka sebuah room, Anda dapat mengetuk ikon hijau bertuliskan start a room di bagian timeline akun Anda. Ketika Anda mengetuk ikon tersebut, Anda akan dihadapi pilihan untuk memulai forum yang dapat dihadiri oleh publik, hanya orang yang Anda juga ikuti, atau room yang hanya dapat dihadiri oleh orang-orang yang Anda pilih.

5. Simbol-simbol di dalam aplikasi yang perlu diketahui

Ada berbagai simbol yang dapat Anda telusuri di dalam aplikasi Clubhouse yang dapat membantu Anda untuk mengakses berbagai macam hal. Simbol-simbol tersebut di antaranya adalah:

- Simbol magnifying glass

Ketuk simbol ini saat Anda ingin mengunjungi halaman explore yang menunjukkan daftar orang yang dapat Anda ikuti dan jenis-jenis topik yang dapat Anda ketahui lebih lanjut.

- Simbol Amplop

Di dalam simbol ini, Anda dapat menemukan daftar kontak telepon genggam Anda yang belum menjadi member di aplikasi Clubhouse. Anda dapat mengirimkan undangan untuk mereka melalui fitur ini.

- Simbol Kalender

Ketuk simbol kalender dan Anda dapat mengetahui jadwal-jadwal diskusi yang akan datang. Jika ada sebuah diskusi yang menarik perhatian Anda, ketuk ikon lonceng yang akan membuat Anda mengikuti semua pembicara di diskusi tersebut sehingga Anda akan segera diberi tahu bahwa diskusi sudah dimulai nantinya.

- Simbol Lonceng

Simbol ini menunjukkan aktivitas akun Anda dari mulai pemberitahuan akun yang baru saja mengikuti Anda hingga pemberitahuan bahwa sosok yang Anda kenal baru saja bergabung di aplikasi Clubhouse. 

- Simbol Titik Hijau

Terletak di bagian sisi kanan bawah timeline, Anda akan menemukan daftar teman yang saat ini online atau dapat dikirimkan pesan dan teman yang sedang berada di sebuah room melalui ikon ini.

Apakah Anda siap bergabung di Clubhouse?

(FOTO: Courtesy of Clubhouse)