Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Selena Gomez Anggap Instagram Merusak Generasinya

Pengalamannya di Instagram adalah bagian dari alasan ia menamai albumnya Rare.

Selena Gomez Anggap Instagram Merusak Generasinya

Selena Gomez menjawab pertanyaan selebriti dan penggemar untuk wawancara besar pertamanya pada 2020 dengan majalah Dazed, dan ia memberikan salah satu tanggapannya yang paling kuat tentang mengapa ia melihat Instagram sebagai racun bagi orang-orang muda. Selena dulunya adalah orang yang paling banyak diikuti di platform tersebut; namun ia sekarang orang yang paling banyak diikuti keempat dengan 167 juta pengikut dan wanita yang paling banyak diikuti kedua. (Ariana Grande adalah yang pertama.)

Fotografer Brianna Capozzi bertanya, "Jika Anda bisa menekan tombol hari ini dan menyingkirkan Instagram sepenuhnya, apakah Anda akan melakukannya?"

Selena pada dasarnya menjawab ya, tapi...

"Ya ampun! Saya rasa ada banyak orang yang tidak menyukai saya karena mengatakan ya," Selena memulai dengan tawa. "Jika saya dapat menemukan media yang seimbang dan bahagia itu akan bagus, tetapi saya akan berbohong jika saya mengatakan bahwa itu tidak menghancurkan beberapa dari generasi saya, identitas mereka. Itu adalah bagian besar dari mengapa saya menamai album saya Rare — karena ada begitu banyak tekanan untuk terlihat sama seperti orang lain. Sangat menakutkan untuk kembali lagi - empat hari pertama saya seperti, "Tidak, tidak ada cara yang bisa saya lakukan." Apa yang saya lakukan sekarang adalah hanya melanjutkan ketika saya merasa perlu, dan kemudian saya akan logout, saya tidak akan meluangkan waktu untuk mengeksplorasi atau melihat hal lain."

Selena kemudian menjelaskan bahwa ia melindungi dirinya sendiri dari kehilangan hal-hal penting dengan tidak membaca apa yang tertulis tentang dirinya secara online. "Yah, saya tidak membaca apa-apa, saya tidak membaca apa pun," kata Selena. "Memang itu agak sulit, karena saya sudah terbiasa membaca semuanya begitu lama. Tapi saya tidak, dan maksud saya itu. Anda tahu, ketika saya tahu bahwa [Rare] mendapatkan ulasan yang bagus, saya senang mendengarnya tetapi saya hanya tidak bisa memperhatikan: saat saya melakukannya saya mulai merasa tidak aman dan saya merasa kosong. Jauh lebih baik untuk tidak tahu kadang-kadang."

Direktur Anna Chai bertanya kepada Selena apakah dia punya penyesalan. Dalam tanggapannya, Selena menyentuh perasaannya tentang hubungannya yang aktif (dan sekarang secara permanen) dengan Justin Bieber (perpisahan mereka yang menginspirasi "Lose You to Love Me") dan pengalamannya dengan depresi dan kegelisahan. Itu semua membawanya ke tempat dia sekarang, jadi dia tidak menyesal.

"Tidak, tidak," kata Selena. "Maksud saya, ada hal-hal tertentu yang saya harap tidak terjadi pada saya. Tapi tanpa mereka, saya tidak akan menjadi suara saya untuk orang-orang yang telah melalui hal yang sama. Anda tahu, melalui lupus dan transplantasi ginjal, saya berurusan dengan ketenaran dan dengan kehancuran, berurusan dengan depresi, kegelisahan dan masalah kesehatan mental lainnya yang saya miliki. Semuanya agak membingungkan. Ketika 'Lose You to Love Me' dirilis, saya berdiri kembali dan mengalami saat ini, seperti, "Oh... ini adalah alasan besar mengapa saya mendorong diri saya melalui ini. Inilah sebabnya." Saya bisa merilis lagu yang mudah-mudahan dapat membantu menyembuhkan beberapa orang, atau hanya membiarkan mereka tahu mereka tidak sendirian. Saya benar-benar membiarkannya secara pribadi dan ketika itu terjadi sesuatu dalam diri saya baru saja pergi. Dan itu sebabnya saya bersyukur atas bab-bab dalam hidup saya. Saya tidak mengatakan bahwa itu akan mudah dari sekarang terus, tetapi saya memiliki lebih banyak kekuatan dan keberanian dan suara yang lebih besar untuk membela apa yang saya layak dapatkan."

Adapun apa yang ia ambil dari 2010, ia mengatakan ia "hanya meninggalkan gadis yang baru saja, Anda tahu, sangat pemalu, lemah, dilecehkan dan diam. Dan sekarang saya melangkah ke siapa saya seharusnya; saya saya meninggalkan gadis itu. Saya menerimanya. Saya adalah siapa saya."




(Penulis: Alyssa Bailey; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)