Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Cara Melembutkan Rambut yang Terlalu Mengembang

Jinakkan “rambut singa” dengan solusi jitu berikut ini.

5 Cara Melembutkan Rambut yang Terlalu Mengembang

Rambut yang mengembang dengan cantik boleh jadi merupakan impian banyak perempuan. Namun, volume yang berlebihan justru terkadang malah mengganggu penampilan. Apakah Anda mereka cukup familiar dengan dilema tersebut? No worries!

Cobalah untuk menyiasatinya dengan beberapa kiat mudah yang berikut ini.


1. Temukan frekuensi keramas yang ideal

Terlalu sering mencuci rambut justru akan mengakibatkan helaiannya kering dan kasar sehingga sulit diatur. Dengan memberikan rambut Anda jeda waktu yang cukup di antara jadwal keramas, helaiannya dapat beristirahat dengan baik dan memproduksi minyak alami yang cukup untuk melembutkan permukaannya.

Jika aktivitas Anda tergolong normal, mencuci rambut sebanyak dua sampai tiga hari seminggu sebenarnya sudah cukup.


2. Pakai sampo dan kondisioner yang tepat

Pilihlah produk perawatan yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Saat ini, sudah banyak terdapat hair care dengan teknologi smoothing yang cukup ampuh membuat rambut lebih lurus. Ingat, jangan sampai salah membeli sampo atau kondisioner dengan label volumizing karena rambut Anda malah akan semakin mengembang nantinya!

Jika perlu, usapkan pula kondisioner tanpa bilas setelah selesai keramas supaya rambut Anda lebih mudah ditata. 


3. Hindari mencuci rambut dengan air hangat

Gunakan air dingin setiap kali akan membilas rambut. Sebab, air dengan temperatur yang relatif panas dikhawatirkan akan mengikis kelembapan alami rambut yang penting untuk membuat rambut tampak lebih “jatuh” dan anggun.


4. Rajin merawat rambut

Sesibuk apapun Anda, sempatkanlah untuk melakukan perawatan intensif terhadap rambut setidaknya dua minggu sekali. Tak usah takut akan repot, karena ritual ini sebetulnya bisa terwujud dengan beberapa cara yang cukup simpel.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat masker sendiri dari madu murni maupun minyak zaitun yang dibalurkan ke seluruh permukaan rambut untuk kemudian didiamkan selama beberapa saat. Jika tak sempat meraciknya sendiri, belilah hair mask yang banyak tersedia di pasaran dan aplikasikan sesuai petunjuk penggunaan.

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan minyak ataupun serum rambut yang pasti akan membuat tampilan rambut lebih terdefinisi. Intinya, mahkota yang terawat tentu akan menjadikan look-nya kian halus dan sedap dipandang. Maka dari itu, jangan malas meluangkan waktu untuk menjaga kesehatan rambut mulai dari sekarang! 


5. Luruskan dengan hair straightener

Menata rambut dengan menggunakan catokan ialah salah satu cara paling efektif namun praktis untuk bisa merapikan rambut yang super frizzy. Akan tetapi sebelum mengenakan alat bersuhu tinggi seperti ini, ada baiknya Anda melapisi rambut dengan produk heat protectant terlebih dulu agar helaiannya tak lekas rusak! 


(Foto: edwardderule©123RF.com)