Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sri Mulyani Meraih Predikat Menteri Terbaik di Dunia

Penghargaan tersebut diraih oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia ini dalam World Government Summit 2018.

Sri Mulyani Meraih Predikat Menteri Terbaik di Dunia
Sri Mulyani Indrawati

Prestasi demi prestasi dituai oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati. Tak henti dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia pada tahun 2006 oleh Emerging Markets, ia baru saja meraih satu penghargaan prestisius di lingkup global.

Tepatnya pada 11 Februari lalu, Sri Mulyani dianugerahi penghargaan The Best Minister in The World di tengah berlangsungnya World Government Summit 2018 di Dubai, Uni Emirat Arab. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Perdana Menteri Uni Emirat Arab, Emir Sheikh Mohammed Rashid Al Maktoum.



World Government Summit merupakan forum yang menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara pejabat pemerintah, penentu kebijakan, pakar, dan pimpinan sektor swasta untuk melihat tren masa depan dan implikasinya bagi kemanusiaan. World Government Summit dihadiri lebih dari oleh lebih dari 4000 peserta dan 90 pembicara dari 150 negara serta lembaga internasional.

Yang lebih membanggakan, prestasi sebagai menteri terbaik di dunia tersebut merupakan prestasi pertama yang diraih oleh perwakilan Indonesia sekaligus oleh seorang wanita.

Maka, sudah sepatutnya jika momentum ini dijadikan sebagai acuan bagi negara untuk membuktikan bahwa Indonesia punya sumber daya manusia yang berdaya saing kuat di berbagai sektor kapital, salah satunya finansial.

Lalu, apa yang membuat Sri Mulyani terpilih sebagai menteri terbaik di dunia?

Berbagai penilaian pun dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young. Sepak terjang Sri Mulyani yang kembali menjadi Menteri Keuangan Republik Indonesia setelah berkarier sebagai Managing Director World Bank terbilang sangat baik.

Ia sukses mengendalikan defisit pengeluaran negara di bawah 3% dengan berbagai ide jitu yang ia dan tim prakarsai, serta mampu memperbaiki sistem perpajakan Indonesia lewat program tax amnesty.




Selain itu, Sri Mulyani pun turut serta berperan dalam pengelolaan dana pendidikan di Lembaga Dana Pengelola Pendidikan (LPDP) yang mencapai lebih dari 31 triliun Rupiah, sehingga dapat memberikan beasiswa kepada belasan ribu warga Indonesia.

Beberapa pencapaian yang disebutkan di atas adalah segelintir keberhasialan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan. Sehingga tak heran jika ia sukses meraih poin tertinggi di antara sosok-sosok terbaik dari berbagai negara di dunia.


(Foto: courtesy of Sri Mulyani Indrawati)