Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Drama Korea Terbaik Versi Bazaar di Tahun 2023

Apakah drakor favorit Anda ada dalam daftar ini?

15 Drama Korea Terbaik Versi Bazaar di Tahun 2023

Sudah berada di penghujung tahun 2023, itu berarti kita telah disuguhkan dengan deretan drama Korea dengan jalan cerita menarik yang dipenuhi oleh jejeran aktor yang berbakat. Setelah menyaksikan beragam judul drama Korea yang tayang di sepanjang tahun ini, mana yang menjadi favorit Anda? 

Baca juga: 15 Drama Korea Terbaik Di Tahun 2022

Yuk, coba lihat di bawah ini daftar 15 drakor terbaik versi Bazaar dan apakah tayangan favorit Anda juga masuk dalam daftar ini:

1. Crash Course in Romance

Drama Korea Terbaik 2023 Crash Course in Romance
(Foto: Courtesy of Tvn)

Periode tayang: Januari-Maret 2023

Bila Anda masih ingat, awal tahun 2023 kita ditemani dengan drama yang dibintangi oleh kolaborasi antara aktris veteran Jeon Do Yeon bersama Jung Kyung Ho dalam drama Crash Course in Romance. Walau awalnya banyak orang yang cukup skeptis dengan chemistry antara Jeon Do Yeon bersama Jung Kyung Ho karena perbedaan umur keduanya yang cukup besar, namun Do Yeon dan Kyung Ho akhirnya sukses menampilkan kolaborasi yang luar biasa. Dengan plot cerita tentang seorang ibu tunggal yang membesarkan putri remajanya dan seorang guru les matematika favorit, drama Crash Course in Romance memang berhasil dikemas dalam nuansa yang menarik. Tidak hanya penampilan dua pemeran utamanya saja yang mencuri perhatian, karakter Nam Hae E yang diperankan oleh aktris muda Roh Yoon Seo juga patut diacungi jempol hingga membuatnya berhasil memenangkan nominasi aktris pendatang terbaik di ajang Baeksang Arts Awards 2023. 

2. The Glory

Drama Korea Terbaik 2023 The Glory
(Foto: Courtesy of Netflix)

Periode tayang: Desember & Maret 2023

Menjadi salah satu drama Korea yang paling booming di tahun ini, drama yang dibintangi oleh Song Hye Kyo ini terinspirasi dari kisah bullying nyata yang terjadi di Korea Selatan. Bukan hanya performa Song Hye Kyo saja yang tak perlu diragukan lagi, deretan para pemain dalam drama garapan penulis Kim Eun Sook ini memang luar biasa mulai dari villain utama dalam drama, Lim Ji Yeon, kemudian Park Sung Hoon, hingga Kim Hieora berhasil menarik atensi dan pengakuan penonton. Tak lupa, Jung Sung Il yang berperan sebagai Ha Dong Young, suami karakter Lim Ji Yeong juga berhasil memikat para penonton dengan pesonanya. 

Untuk itu juga terasa masuk akal bila The Glory mampu hampir “menyapu” bersih berbagai nominasi di salah satu ajang penghargaan paling bergengsi di Korea yaitu, Baeksang Arts Awards. Mulai dari aktris terbaik (Song Hye Kyo), drama terbaik, hingga pemeran wanita pendukung terbaik (Lim Ji Yeon) sukses membawa pulang penghargaan ini. 

3. Queenmaker

Drama Korea Terbaik 2023 Queenmaker
(Foto: Courtesy of Netflix)

Periode tayang: April 2023

Drama Netflix orisinal yang satu ini juga menyuguhkan premis cerita yang menarik. Mengangkat intrik dunia perpolitikan yang ada di Korea, serial yang dibintangi oleh dua aktris veteran, Kim Hee Ae yang kembali populer lewat drama World of Marriage Couple yang tayang pada tahun 2020 silam dan Moon So Ri mampu membawa dinamika baru dan potret dua wanita kuat yang akhirnya saling berkolaborasi di tengah dunia perpolitikan yang begitu keras.

4. Dr. Cha

Doctor Cha Drakor Terbaik 2023
(Foto: Courtesy of MyDramaList)

Periode tayang: April-Juni 2023

Satu lagi drama Korea yang sukses menyita perhatian pencinta drama Korea di tahun ini yaitu, Dr. Cha Dibintangi oleh Uhm Jung Hwa, Kim Byugn Chul, dan Min Wook Hyuk, drama ini tidak hanya berhasil mengundang gelak tawa dan kegemasan, namun juga sukses meraup rating yang sangat fantastis. Buktinya saat penayangan episode perdananya, drama ini hanya berhasil mengumpulkan rating sebesar 5,5%, namun angka ini melonjak drastis di episode terakhirnya dengan berhasil meraih angka 19,4%!

5. The Good Bad Mother

The Good Bad Mother Drakor Terbaik 2023
(Foto: Courtesy of JTBC)

Periode tayang: April-Juni 2023

Salah satu drama yang berhasil menyentuh hati banyak penonton dengan kisah perjuangan seorang ibu yang mengelola peternakan babi yang mendapati dirinya harus menjaga putra kebanggaannya saat mengalami kecelakan ini memang layak untuk masuk dalam daftar drama Korea terbaik tahun ini. Ra Mi Ran yang berperan sebagai ibu dari karakter yang diperankan oleh Lee Do Hyun berhasil menunjukkan kemampuan aktingnya yang begitu luar biasa. Sedangkan performa Lee Do Hyun juga tampak begitu menjiwai perannya saat harus kembali berperilaku seperti anak kecil pasca kecelakan.

6. Dr. Romantic 3

Dr. Romantic 3 Drakor Terbaik 2023
(Foto: Courtesy of SBS)

Periode tayang: April-Juni 2023

And the gang is once again united! Menyusul kesuksesan dari penayangan drama bertema medis yang digawangi oleh Kim Sabu, kini musim ketiga dari drama hits ini resmi kembali di tahun ini. Walau berjeda tiga tahun sejak musim keduanya, drama yang dibintangi oleh Han Suk Kyu, Ahn Hyo Seop, hingga Lee Sung Kyung ini kembali dengan premis cerita yang semakin menarik.

Tidak hanya itu saja, penampilan kejutan dari pemeran di musim pertama yaitu, Yoo Yeon Seok sebagai Kang Dong Ju benar-benar membuat gempar lewat dinamika kolaborasi antara dirinya dan karakter Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop) yang sama-sama memiliki sifat dominan, membuat para fans sangat mengharapkan bahwa drama ini dapat berlanjut ke musim selanjutnya dengan menggabungkan tim Doldam Hospital dari musim pertama dengan kedua.

7. Revenant

Revenant drakor terbaik 2023
(Foto: Courtesy of Disney+)

Periode tayang: Juni-Juli 2023

Berani keluar dari bayang-bayang genre drama Korea yang mungkin bagi sebagian orang terasa “itu-itu aja”, drama yang dibintangi oleh Kim Tae Ri dan Oh Jung Se ini memang sukses menawarkan alur cerita yang terasa begitu segar. Bercerita tentang kejam dan kuatnya ilmu hitam, pesugihan, hingga pembunuhan, tiap karakter utama dalam drama ini mampu menunjukkan sisi lain dari kemampuan berakting mereka hingga membuat para penonton mengikuti jalannya cerita mulai dari episode pertama hingga episode ke-12.

8. Celebrity

Celebrity drakor terbaik 2023
(Foto: Courtesy of Netflix)

Periode tayang: Juni 2023

Jika berbicara mengenai drama orisinal persembahan Netflix yang menampilkan performa dari Park Gyu Young, Kang Min Hyuk, Lee Chung Ah, serta Lee Dong Gun ini, apa scene yang paling tak bisa dilupakan oleh Anda? Kalau bagi saya pribadi (dan saya juga percaya ini juga banyak menjadi adegan yang paling ikonis dari drama dengan total 12 episode ini) adalah saat karakter Han Jun Kyung pulang ke rumah dan asisten rumah tangganya membuka sepatu yang digunakannya tanpa perlu Jun Kyung berhenti sejenak untuk membukanya. 

Ya, bukan hanya berhasil mengundang perhatian para penikmat drama Korea, serial ini juga sukses mengangkat sisi lain dari kejamnya dunia influencer dan pengaruh besar dari media sosial. 

9. See You in My 19th Life

See You in My 19th Life drakor terbaik 2023
(Foto: Courtesy of Tvn)

Periode tayang: Juni-Juli 2023

Diadaptasi dari webcomic dengan judul yang serupa karya penulis Lee Hye, drama yang mempertemukan Shin Hye Sun dan Ahn Bo Hyun ini secara personal juga menjadi salah satu drama paling favorit saya di tahun ini. Menawarkan premis cerita yang unik, yaitu tentang seorang manusia yang mampu mengingat 19 kehidupannya setiap kali ia bereinkarnasi, drama dengan total 12 episode ini menawarkan perpaduan yang sempurna serta tidak berlebihan antara sisi romansa dan  misteri. 

Plus, second-lead couple dalam drama ini yang dilakoni oleh aktris Ha Yoon Kyung yang meraih popularitas besar di tahun lalu berkat perannya sebagai pengacara Choi Su Yeong di drama Extraordinary Attorney Woo bersama aktor Ahn Dong Goo juga menjadi pelengkap sempurna dari drama ini.

10. My Dearest

My Dearest Drakor terbaik 2023
(Foto: Courtesy of MBC)

Periode tayang: Juni-Juli 2023

Memang sangat disayangkan drama berlatar kerajaan yang dibintangi oleh Nam Goong Min bersama Ahn Eun Jin ini tidak tayang di satupun platform OTT yang ada di Indonesia. Digadang-gadang sebagai drama kerajaan terbaik di tahun ini, serial yang terbagi menjadi dua bagian ini memang tidak hanya mampu menampilkan chemistry yang begitu manis antara kedua pemeran utamanya, tetapi kisah cinta antara Jang Hyun dan Gil Chae yang begitu menyayat hati.

11. Moving

moving drakor terbaik 2023
(Foto: Courtesy of Disney+)

Periode tayang: Agustus-September 2023

Menjadi salah satu drama paling bertabur bintang yang tayang tahun ini (selain Death’s Game yang baru tayang di awal Desember ini dan masih berstatus on going), proyek akbar dan bisa dikatakan juga termahal produksi Disney+ ini tidak hanya mampu mengumpulkan bintang-bintang besar Korea, namun juga berhasil membawa warna baru bagi industri hiburan Korea. 

Diperankan oleh Ryoo Seung Ryong, Han Hyo Joo, Cha Tae Hyun, Kim Sung Kyung, hingga yang lama telah dinantikan penampilannya yaitu, Jo In Sung, drama I ini bisa dikatakan sebagai "superhero Marvel" versi Korea. Lebih lanjut, tidak hanya penampilan para aktor seniornya saja yang patut diapresiasi, deretan pemain muda mulai dari Ko Yoon Jung, Kim Do Hoon, hingga Lee Jeong Ha mampu menawarkan pesona yang baru.

12.  A Time Called You

A Time Called You drakor terbaik 2023
(Foto: Courtesy of Netflix)

Periode tayang: September 2023

Satu lagi drama Korea yang juga menjadi favorit saya secara pribadi yaitu drama orisinal Netflix yang dilakoni oleh Jeon Yeo Bin bersama Ahn Hyo Seop. Merupakan remake dari drama asal Taiwan dengan judul Someday Or One Day yang tayang pada tahun 2019 silam, drama ini bisa dikatakan menawarkan premis cerita yang cukup unik dan kompleks dari tema utama yang diangkat yaitu, time travel. Performa dari Jeon Yeo Bin yang memerankan dua karakter yang berbeda sekaligus juga benar-benar spektakuler. Bila Anda belum menonton drama ini, maka jangan sampai Anda melewatkan tahun 2023 sebelum menonton drama ini!

Plus, original soundtrack dari drama ini juga benar-benar luar biasa!

13. The Worst of Evil

The Worst of Evil drakor terbaik 2023
(Foto: Courtesy of Disney+)

Periode tayang: September-Oktober 2023

Yang merasa antusias dengan comeback-nya Ji Chang Wook dalam drama bergenre action setelah terakhir membintangi K2 bersama Yoona di tahun 2016 maka Anda tak sendiri! Tak sendiri, Ji Chang Wook juga ditemani oleh Wi Ha Joon yang menampilkan bromance yang begitu apik. Selain itu, penampilan debut penyanyi Bibi juga patut diapresiasi saat dirinya sukses menyuguhkan kharisma yang luar biasa dari karakter Lee Hae Ryeon. Walau seperti yang kita ketahui, drama ini mungkin tidak menyuguhkan akhir cerita yang diinginkan oleh para fans, namun jalan cerita yang ditampilkan sepanjang 12 episode ini layak untuk dinobatkan sebagai salah satu drama terbaik di 2023.

14. Castaway Diva

Castaway Diva drakor terbaik 2023
(Foto: Courtesy of Tvn)

Periode tayang: Oktober-Desember 2023

Sama seperti Nam Goong Min yang dijuluki sebagai “aktor yang tak pernah gagal”, nampaknya Park Eun Bin juga layak untuk menyandang titel tersebut. Setelah sukses melakoni karakter seorang pengacara dengan spektrum autisme di drama Extraordinary Attorney Woo yang tayang tahun lalu, akhirnya tahun ini Eun Bin resmi menyapa penggemar setianya lewat drama Castaway Diva.

Dengan premis cerita yang unik dan segar, Eun Bin sekali lagi berhasil tampil memukau dalam drama yang juga dibintangi oleh Cha Jong Hyeop, aktor yang terkenal sering berperan sebagai second lead (but thankfully akhirnya ia "naik pangkat" dan menjadi pemeran utama pria). Buktinya, drama dengan total 12 episode ini berhasil finis dengan rating yang hampir menembus angka 10% di episode terakhir penayangannya. 

15. Daily Dose of Sunshine

Daily Dose of Sunshine drakor terbaik 2023
(Foto: Courtesy of Netflix)

Periode tayang: November 2023

Mengangkat isu kesehatan mental, Park Bo Young benar-benar memamerkan kemampuan aktingnya ke level yang berikutnya. Berperan sebagai seorang perawat untuk bangsal kejiwaan, dari drama ini kita disadarkan bahwa masalah mental dapat terjadi kepada siapa saja, bahkan kepada tenaga medis sekalipun. Selain itu dari drama ini kita juga diingatkan bahwa memiliki masalah mental bukanlah hal yang perlu ditutup-tutupi. 

Baca juga:

7 Rising Star dari Korea Selatan yang Bersinar di Tahun 2022

Update! Berikut adalah Drama-Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

(Layout: Nuraini Saraswati; Foto: Courtesy of AsianWiki, MyDramaList, Tvn, Netflix, SBS, Disney+)