Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Urutan Skincare Routine yang Tepat Berdasarkan Dokter Kulit

Kembali ke tutorial awal dalam pembangun rutinitas skincare!

Urutan Skincare Routine yang Tepat Berdasarkan Dokter Kulit
Courtesy of Bazaar US

Hampir semua orang memiliki beberapa bentuk skincare routine. Hal yang membuat rutinitas Anda unik adalah apakah rutinitas tersebut terdiri dari satu langkah atau 10 langkah, sederhana atau rumit, disetujui oleh dokter kulit atau dipengaruhi oleh TikTok. Tapi skincare routine terbaik itu tidak berlebihan atau memakan waktu, melainkan fungsional.

BACA JUGA: Cara Membaca Expired Date Pada Produk Skincare Korea!

"Secara keseluruhan, skincare routine yang konsisten akan membuat kulit Anda terlihat lebih baik," kata Corey L. Hartman, pendiri Skin Wellness Dermatology di Birmingham, Alabama. Konsistensi (seperti yang sudah Anda duga) adalah kuncinya. Namun, ada yang lebih dari sekadar mengaplikasikan produk setiap hari.

"Meskipun skincare routine tidak harus terlalu ekstensif, penting untuk konsisten, dan melibatkan langkah-langkah yang terasa mudah dan dapat Anda ikuti secara teratur," kata Julia Schwartz, dokter kulit bersertifikat dan penasihat dermatologi untuk perusahaan perawatan kesehatan langsung ke pasien Ro. "Jumlah langkah yang terlibat dalam skincare routine Anda tidak terlalu penting dibandingkan dengan apa yang dicapai oleh langkah-langkah tersebut untuk mencapai tujuan perawatan kulit Anda dan apakah Anda dapat mengikutinya."

Sebagai titik awal, ia berkata, "Saya merekomendasikan bahwa setiap skincare routine harus menyertakan pembersih, pelembap, dan, jika cocok untuk Anda, produk yang mengandung retinoid." Tampaknya cukup sederhana, bukan? Di bawah ini, kami menguraikan semua seluk beluk membangun skincare routine, untuk pagi dan malam hari, dengan saran ahli dari Corey dan Julia.

Apakah Anda perlu memiliki skincare routine?

Anda tidak perlu melakukan apa pun namun, memiliki skincare routine direkomendasikan oleh para ahli. Sekali lagi: "Konsistensi dalam skincare routine sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah masalah, dan mendapatkan manfaat penuh dari produk yang Anda gunakan," kata Julia.

Namun, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa "rutinitas" hanya berarti hal-hal mendasar: membersihkan, melembapkan, menggunakan tabir surya. Segala sesuatu yang lain adalah nilai tambah.

"Dari perspektif fungsional, mencuci kulit secara teratur akan menghilangkan kotoran, minyak, dan bakteri dari kulit Anda, yang penting dari perspektif kesehatan," kata Corey. "Seiring bertambahnya usia, kulit kita juga kehilangan sebagian cahaya alami dan pelembapnya, jadi dengan memasukkan beberapa produk skincare ke dalam rutinitas harian Anda, Anda dapat membantu mengembalikan kelembapan dan bahan-bahan penting lainnya untuk membuat kulit terlihat lebih baik."

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu produk apa yang terbaik untuk Anda dan kulit Anda, yang dapat ditentukan dengan bantuan dokter kulit atau ahli kecantikan berlisensi. "Penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda dan mengikuti rutinitas yang sesuai untuk Anda," kata Julia. 

"Berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan terlatih dapat membantu Anda membuat rencana skincare yang dipersonalisasi, Anda bahkan dapat bertemu dengan penyedia layanan secara virtual melalui layanan seperti Ro."

Sedangkan untuk produk dan bahan tertentu, Corey merekomendasikan untuk fokus pada apa yang ia sebut sebagai "holy trinity of skincare": antioksidan, retinol, dan tabir surya. "Menerapkan campuran yang tepat dari holy trinity tidak hanya akan memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus, keriput, dan bintik-bintik penuaan, tetapi juga dapat membantu membalikkan beberapa kerusakan yang telah terjadi," ujar dokter kulit ini.

Setelah Anda memiliki skincare routine yang teratur, Anda dapat melakukan penyesuaian, baik dengan melakukan skin cycling atau menyesuaikannya dengan musim. "Inti dari skin cycling adalah melakukan siklus produk secara teratur," jelas Corey. 

"Konsep siklus kulit yang viral akhir-akhir ini membuat konsumen melakukan satu malam dengan fokus pada produk pengelupasan kulit, satu malam lagi dengan fokus pada retinol, dan kemudian dua malam tanpa menggunakan retinol atau produk pengelupasan kulit apa pun dan hanya menggunakan pelembap. Hal ini mungkin bekerja dengan baik untuk Anda, atau Anda bisa memilih siklus yang berbeda dalam hal produk atau seberapa sering Anda menggunakannya."

Manfaat dari jenis rutinitas ini adalah Anda dapat menggunakan berbagai bahan aktif tanpa terlalu keras pada kulit. "Siklus kulit dapat bermanfaat bagi pasien dengan kulit sensitif, atau yang baru menggunakan produk retinol, karena memberi kulit Anda lebih banyak waktu di antara penggunaan produk dapat mengurangi risiko iritasi," jelas Corey.

Urutan terbaik untuk mengaplikasikan produk skincare

Langkah pertama adalah selalu mencuci muka. Setelah itu, "Skincare harus diaplikasikan dari produk yang paling tipis hingga yang paling tebal," kata Corey. Rutinitas pagi dan malam hari Anda akan memiliki beberapa kesamaan, tetapi keduanya juga memiliki perbedaan utama. "Di pagi hari, urutannya adalah: pembersih, toner, serum, pelembap, tabir surya," jelasnya. "Di malam hari, urutannya adalah: penghapus riasan, pembersih, retinol, [dan] pelembap atau krim malam."

Perawatan yang ditargetkan dapat ditambahkan secara strategis, katanya: "Oleskan perawatan spot tepat setelah serum Anda. Oleskan krim mata Anda saat Anda mengoleskan pelembap ke kulit."

Terakhir, ada perawatan skincare seperti microcurrent dan gua sha. Periksa petunjuknya secara spesifik, tetapi, Corey mengatakan, "Anda harus memasukkan alat ke dalam rutinitas Anda selalu dengan kulit yang bersih, dan tergantung pada alatnya, Anda bisa menggunakannya selama atau setelah langkah serum atau pelembap."

Cara membentuk skincare routine untuk pagi hari

Sekali lagi, Corey mengatakan: "Skincare routine tidak membutuhkan beberapa langkah untuk menjadi efektif." Berikut ini adalah rutinitas dasar untuk memulai:

1. Pembersih: "Gunakan pembersih yang lembut di pagi hari pada wajah Anda," kata Hartman. Namun, ia menambahkan, "Tidak semua orang merasa perlu membersihkan wajah di pagi hari setelah membersihkan wajah dan melakukan rutinitas penuh pada malam sebelumnya, jadi jika Anda adalah salah satu dari mereka, Anda bisa melewatkannya."

2. Toner: Jika Anda memiliki toner, aplikasikan sekarang, setelah membersihkan wajah tetapi sebelum Anda beralih ke serum, yang memiliki tekstur yang lebih tebal.

3. Serum: Corey mengatakan untuk "mengoleskan serum antioksidan ke seluruh wajah dan tunggu beberapa menit agar meresap," ia merekomendasikan Glossier Super Glow, yang "menggunakan versi vitamin C yang lebih lembut seperti magnesium ascorbic phosphat dibandingkan dengan asam askorbat L murni, yang membuatnya menjadi pilihan tepat bagi pengguna vitamin C pertama kali yang menginginkan kulit yang lebih cerah."

Glossier Super Glow Vitamin C Brightening Face Serum

Courtesy of Bazaar US

SkinCeuticals Silymarin CF

Courtesy of Bazaar US

Jika Anda memiliki kulit berminyak, dokter kulit ini merekomendasikan SkinCeuticals Silymarin CF, serum vitamin C yang dirancang untuk kulit berminyak dan berjerawat. "Ini adalah serum yang saya gunakan secara pribadi, ini mengurangi kadar minyak, meningkatkan kejernihan kulit, dan memperhalus tekstur kulit, sekaligus memberikan perlindungan dari tekanan lingkungan," jelasnya.

4. Pelembap: Selanjutnya, saatnya untuk melindungi kulit dan menjaga kelembapannya. "Bagi mereka yang membutuhkan pelembap ekstra, terutama di bulan-bulan musim dingin, saya sarankan untuk menggunakan pelembap yang melembapkan, seperti Ro's Enriching Cream, yang diformulasikan dengan ceramide dan shea butter, yang dapat menjaga kulit Anda tetap terlindungi dan mendukung pelindung kulit sepanjang hari," ujar Julia.

5. Tabir surya: Kedua dokter kulit ini setuju bahwa langkah ini tidak boleh dilewatkan. "Untuk semua pasien saya, berapa pun usia atau jenis kulitnya, saya merekomendasikan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk dioleskan setiap pagi pada wajah, leher, dan tangan," kata Julia. Pilihan Corey adalah Isdin's Eryfotona Actinica Ultralight Emulsion Broad Spectrum SPF 50+, tabir surya mineral ringan yang tidak akan mengiritasi jenis kulit sensitif.

ISDIN Eryfotona Actinica Mineral Sunscreen SPF 50+ Zinc Oxide 3.4 Fl. Oz

Courtesy of Bazaar US

Cara membentuk skincare routine untuk malam hari

1. Membersihkan: Mencuci wajah Anda mungkin opsional di pagi hari, tetapi tidak terlalu penting sebelum tidur. "Membersihkan kulit Anda di malam hari, setelah beraktivitas seharian, adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi," kata Corey, sambil menambahkan, "Jika Anda memakai riasan, hapus riasan Anda dengan produk penghapus riasan lalu bersihkan wajah dengan pembersih yang lembut." Atau, cobalah pembersihan ganda. 

"Beberapa orang suka melakukan pembersihan ganda, dengan pembersih berbahan dasar minyak diikuti dengan pembersihan yang lebih dalam dengan pembersih berbahan dasar air, tetapi ini tidak selalu diperlukan, terutama jika Anda tidak menggunakan banyak riasan," kata Julia.

2. Eksfoliasi: Secara umum, para ahli dermatologi menyarankan untuk tidak melakukan eksfoliasi setiap malam, untuk menghindari kerusakan pada pelindung kulit. Namun, pada malam hari Anda menambahkan langkah pengelupasan kulit secara fisik atau kimiawi, Anda sebaiknya melakukannya setelah Anda mencuci muka, dan sebelum menerapkan perawatan yang ditargetkan.

3. Serum: Jika Anda menggunakan serum asam hialuronat untuk hidrasi ekstra atau serum niacinamide untuk membantu meratakan warna kulit, Anda bisa mengaplikasikannya sekarang. Bagi sebagian orang, langkah ini dan langkah 4 mungkin sama saja.

4. Perawatan: Langkah ini tergantung pada masalah spesifik kulit Anda, seperti jerawat, perubahan warna, atau garis-garis halus dan kerutan. Jika Anda tidak menargetkan masalah kulit tertentu, Anda bisa langsung melanjutkan ke langkah 5.

Dalam hal mencegah tanda-tanda penuaan, Julia mengatakan, "Bahan yang paling ampuh untuk digunakan pada malam hari adalah produk retinoid, yang harus diaplikasikan pada kulit kering setelah dibersihkan dan sebelum pelembap. Retinoid adalah kelas senyawa yang berasal dari vitamin A yang digunakan dalam perawatan kulit untuk meningkatkan pembaruan kulit, memperbaiki tekstur, dan mengurangi munculnya kerutan."

Retinoid tersedia baik yang dijual bebas maupun sebagai perawatan dengan resep dokter. "Retinoid dengan resep dokter seperti Altreno akan menjadi pilihan pertama saya untuk pasien, tetapi jika Anda mencari retinol yang dijual bebas, cobalah RoC Retinol Correxion Deep Wrinkle Serum," kata Corey. "Formulanya membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, bahkan yang lebih dalam sekalipun."

RoC Retinol Correxion Deep Wrinkle Serum

Courtesy of Bazaar US

Jika Anda ingin mengatasi jerawat, inilah saatnya Anda mengaplikasikan perawatan di tempat. "Jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat, SkinBetter Science AlphaRet Clearing Serum sangat bagus, dengan retinol dan asam salisilat untuk membantu penampilan kulit secara keseluruhan dan pengobatan jerawat," kata Corey. "Saya suka karena produk ini memiliki dua bahan yang sangat kuat dalam retinol dan asam salisilat, tetapi tidak akan membuat kulit kering. Saya pribadi menggunakan produk ini saat dibutuhkan."

Skinbetter Science AlphaRet Clearing Serum

Courtesy of Bazaar US

5. Pelembap: Setelah Anda membiarkan serum dan perawatan menyerap dan mengering selama sekitar dua menit, Anda dapat menggunakan pelembap. Anda mungkin ingin menggunakan krim wajah yang lebih berat untuk semalaman, terutama jika Anda memiliki kulit kering atau dewasa.

6. Krim mata: Terakhir, saatnya untuk krim mata, yang diaplikasikan di bawah dan di sekitar tulang orbital. "Saya suka Orvos Satin Eye Gel Cream. Salah satu bahan aktifnya adalah bakuchiol, alternatif retinol nabati yang menargetkan kekusaman, tekstur kulit yang tidak rata, dan garis-garis halus," kata Corey. "Produk ini ideal untuk pasien yang tidak dapat mentolerir retinol. Formulanya juga menggunakan ekstrak teh hijau yang menenangkan iritasi dan meredakan kemerahan, dan kafein membantu mengempiskan kulit secara alami."

Orvos Satin Eye Gel Cream

Courtesy of Bazaar US

BACA JUGA:
Jadi, Serum atau Moisturizer Terlebih Dahulu?
Krim Mata: Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkannya?

(Penulis: Lindy Segal; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of BAZAAR US)