Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Film yang Paling Dinantikan di Tahun 2023

Mulai dari Barbie garapan Greta Gerwig, hingga Oppenheimer oleh Chris Nolan.

20 Film yang Paling Dinantikan di Tahun 2023
(Foto: Courtesy of Warner Bros. Pictures)

Setelah tahun yang diwarnai oleh sederet film spektakuler, nampaknya 2023 mendatang siap menyuguhkan film-film yang sudah lama dinantikan oleh sejuta umat, baik yang akan tayang di bioskop maupun secara streaming.

BACA JUGA: 22 Film Tentang Orang Kulit Hitam Yang Wajib Anda Tonton!

Tahun lalu industri perfilman menyorot isu-isu penting di dunia, dan rasanya di tahun depan, pelaku film siap menghibur Anda lewat blockbuster dengan pemeran ansambel berskala besar seperti Dune:  Part Two, Barbie, Oppenheimer, The Little Mermaid, dan banyak lagi.

Simak 20 film yang paling kami nantikan di tahun depan!

1. Wonka - Desember

(Foto: Courtesy of Album / Alamy Stock Photo)

Timothée Chalamet sebagai sosok belia Willy Wonka? Pemilihan yang cemerlang. Film ini mendongengkan perjalanan seorang Willy Wonka muda ketika bertemu dengan kawanan Oompa-Loompa untuk pertama kalinya di pabrik cokelat. Persiapkan diri untuk perjalanan penuh nostalgia.


2. Barbie - 21 Juli

(Foto: Courtesy of Warner Bros. Pictures)

Terngiang lirik lagu Aqua, “C’mon Barbie, let’s go party,” namun kini dengan interpretasi Greta Gerwig.

Film yang telah dinanti-nanti ini menjaga proses penggarapannya dengan rahasia ketat, kecuali beberapa unggahan dokumentasi publik dari lokasi syuting yang berakhir viral di media sosial. Namun, dengan Greta Gerwig di balik lensa, dan sederet bintang film termasuk Margot Robbie sebagai Barbie, Ryan Gosling sebagai Ken, Will Ferrell, Emma Mackey, Hari Nef, Issa Rae, Simu Liu, Ncuti Gatwa, Michael Cera, America Ferrera, Kate McKinnon, Ariana Greenblatt, Alexandra Shipp, and Marisa Abela, saya tidak sabar untuk menyaksikan cerita yang satu ini.


3. Close - 27 Januari  

Film Prancis mengenai dua teman baik berusia 13 tahun ini menceritakan seluk-beluk bertumbuh besar dan menjadi dewasa, atau yang kerap disebut genre coming-of-age. Syahdu sekaligus luar biasa menjadi dua kata deskriptif untuk film yang satu ini. Walaupun sedikit yang diketahui mengenai alurnya, gambaran intim tentang pertemanan antara dua laki-laki muda ini dipastikan menggerakan hati lewat layar lebar.


4. Knock at the Cabin - 2 Februari

Sutradara M. Night Shyamalan yang terkenal lewat alur cerita penuh kejutan ini kembali dengan film thriller mengenai sebuah keluarga yang terancam kehidupannya oleh empat orang asing yang muncul di kabin mereka. Konsisten dengan novel karya Paul Tremblay, The Cabin at the End of the World, apa yang harus keluarga ini lakukan untuk menyelamatkan diri dari ancaman ini menjadi pertanyaan besar seiring usaha keempat orang jahat ini untuk mengakhiri ketenangan liburan keluarga mereka. Ada pun Jonathan Groff, Ben Aldridge, serta Kristen Cui yang memerankan karakter keluarga, serta Dave Bautista, Rupert Grint, Nikki Amuka-Bird, dan Abby Quinn yang memainkan tokoh para penjahat.


5. Killer of the Flower Moon - May 2023

Berdasarkan buku best-selling non-fiksi dengan tajuk yang sama, Martin Scorsese menyutradarai film bergenre drama kriminal American Western, Killers of the Flower Moon, yang dibintangi Leonardo DiCaprio, Robert De Niro, Jesse Plemons, dan Brendan Fraser. Alur film menceritakan pembunuhan berantai di Oklahoma pada tahun 1920-an setelah sumber minyak ditemukan di tanah milik sebuah suku tribal.


6. Oppenheimer - 23 Juli

Biopic perdana Chris Nolan memetik inspirasi dari hidup seorang fisikawan dan penemu bom atom, Robert Oppenheimer, yang diperankan oleh Cillian Murphy. Walaupun mungkin Anda tidak tertarik oleh sejarah bom atom, namun sederet bintang pemeran seperti Emily Blunt, Florence Pugh, Robert Downey Jr., Matt Damon, Rami Malek, Josh Peck, serta Alex Wolff dipastikan membuat Anda ingin tahu lebih lanjut.


7. Challengers - Agustus 11

(Foto: Courtesy of Michael Buckner Getty Images)

Menunggu lima tahun untuk kembali menyaksikan karya Luca Guadagnino sejak filmnya Call Me By Your Name terasa terlalu lama. Syukur, kita tidak harus melalui itu lagi. Setelah merilis film Bones and All di tahun 2022, film Luca selanjutnya akan tayang di bulan Agustus mendatang. Dibintangi oleh Zendaya, Josh O’Connor, dan Mike Faist, film drama seputar dunia olahraga tenis ini menjaminkan visual yang luar biasa, dan juga menggerakan hati Anda, seperti semua garapannya yang sebelumnya.


8. Cat Person - Segera

(Foto: Courtesy of Studiocanal)

Berdasarkan cerita pendek di kolom New Yorker oleh penulis Kristen Roupenian, Cat Person akan diperdanakan di Sundance, sebelum tayang secara luas. Dibintangi oleh Emilia Jones sebagai Margot, mahasiswi muda yang terlibat dalam hubungan cinta dengan sosok lelaki berusia 34 tahun, Robert, yang diperankan oleh Nicholas Braun. Keduanya tumbuh erat ketika Robert semakin sering mengunjungi bioskop dimana Margot bekerja. Cerita ini sempat menjadi kontroversi dengan cerita yang memaparkan secara subtil ketidakseimbangan kuasa dalam sebuah hubungan cinta, jauh sebelum #MeToo.


9. Magic Mike’s Last Dance - 10 Februari

Sekuel ketiga dan yang terakhir dari film Channing Tatum sebagai penari erotis ini akan kembali ke layar lebar, tepat untuk perayaan hari Valentine. Saksikan dengan teman-teman terdekat yang juga akan mengapresiasi film penuh sensasi yang dijuluki oleh para pelaku sebagai “Super Bowl of Stripping” ini.


10. Dune: Part Two - 3 November

(Foto: Courtesy of Warner Bros.)

Film pertama dari sekuel Dune garapan Dennis Villeneuve menjadi film terlaris di tahun 2021, menghasilkan lebih dari 400 juta dolar dan meraih 6 penghargaan Oscar. Bab kedua Dune yang mencakupi bagian kedua dari novel Frank Herbert dari tahun 1965 ini akan mengikuti perjalanan Paul Atreides, diperankan oleh Timothée Chalamet, yang bersatu dengan gerombolan Fremen untuk membalas dendam keluarganya. Selain Timothée, sederet pemeran dari film pertama kembali tampil, miulai dari Rebecca Ferguson, Zendaya, Josh Brolin, Javier Bardem, Stellan Skarsgård, and Dave Bautista, serta pendatang baru Florence Pugh, Austin Butler, dan Christopher Walken. Persiapkan diri untuk pengalaman sinematik yang epik ini dengan menonton ulang sekuel pertamanya. 


11. Cocaine Bear - 24 Februari

(Foto: Courtesy of Universal)

Jika Anda bingung mengapa sebuah film yang akan tayang di tahun depan diberi judul Cocaine Bear, Anda tidak sendirian. Film thriller tentang sebuah beruang yang menjadi sinis lalu membunuh banyak orang setelah mengonsumsi kokain dalam jumlah besar ini mencuri inspirasi dari kejadian nyata tentang sebuah beruang hitam yang meninggal setelah mengendus satu tas ransel penuh dengan kokain di tahun 1985. Terdengar absurd namun menghibur, bukan? 


12. M3GAN - 6 Januari

(Foto: Courtesy of Universal)

Mungkin Anda sempat menyaksikan sosok dancing killer doll yang viral di TikTok atau 8 sosok lookalike yang tampil di acara premiere film ini, yang pastinya film ini menjadi salah satu film horor yang paling dinantikan banyak orang. M3GAN adalah sebuah boneka AI yang didesain oleh ahli robot, Gemma, diperankan oleh Allison Williams, yang setelah manjadi sosok perawat utama keponakannya, menghadiahkannya model prototipe boneka ini. Yang mengikuti dapat mengingatkan Anda pada film Chucky, namun dengan sentuhan baru yang penuh gaya.


13. When You Finish Saving The World - 20 Januari 

(Foto: Courtesy of Beth Garrabrant)

Film pertama di bawah naungan A24 untuk tahun 2023 mendatang menyorot hubungan rumit antara ibu dan anak yang di era modern yang semakin dipersulit dengan media sosial dan streaming. Seiring dengan hubungan mereka yang runyam, sang anak, Ziggy, diperankan oleh Finn Wolfhard, mendekati seorang perempuan di sekolahnya yang gemar akan politik, sedangkan ibunya, Evelyn, dibintangi oleh Julianne Moore, membina koneksi dengan seorang anak muda di panti asuhan tempat ia bekerja. Garapan perdana Jesse Eisenberg sebagai direktur ini terasa emosional namun menghibur.


14. Asteroid City - 16 Juni

(Foto: Courtesy of Vera Anderson, Getty Images)

Garapan teranyar Wes Anderson menjanjikan semua elemen kejeniusan sang sutradara dalam bercerita, namun kini lewat konteks konvensi Junior Stargazer berlatar belakang sebuah padang pasir. Yang membuat film ini semakin menarik, seperti halnya film-film lain Wes, Anda tidak dapat menyerap makna sesungguhnya hingga selesai menonton. Pilihan pemeran semakin impresif, dengan sederet nama besar familier yang terlibat seperti Tom Hanks, Margot Robbie, Scarlett Johansson, Maya Hawke, Liev Schreiber, Jeff Goldblum, Rita Wilson, dan Steve Carell.

 

15. The Color Purple - 20 Desember

(Foto: Courtesy of Handout, Getty Images)

Adaptasi musikal novel karya Alice Walker yang pertama tayang di panggung Broadway pada tahun 2005 silam kembali ke layar lebar, kali ini dengan sederet nama-nama terbesar, di bawah naungan direktur yang membantu menggarap album visual Beyonce, Black is King. Ada pula Oprah Winfrey yang berperan sebagai produser. Film ini mengikuti kehidupan sosok protagonis wanita, Cellie, yang dimainkan oleh Fantasia, yang tumbuh besar sebagai wanita keturunan diaspora Afrika di Amerika. Temui karakter-karakter lain seperti Sophia yang diperankan oleh Danielle Brooks, Shug oleh Taraji P.Henson, Mary “Squeak” Agnes oleh H.E.R, serta sister Nettie oleh Halle Berry dan Ciara.


16. Are You There God? It’s Me, Margaret - Segera

(Foto: Courtesy of Warner Bros.)

Novel remaja Judy Blame akhirnya mendapatkan adaptasi film. Dikenal baik melalui diskusi blak-blakan menyentuh isu agama, seks, serta pubertas perempuan, film bernapas nostalgia ini menjanjikan perjalanan penuh emosi. Abby Ryder berperan sebagai Margaret, kemudian ada Rachel McAdams dan Benny Safdie yang memainkan karakter kedua orangtuanya.


17. Scream 6 - 10 Maret

Dengan tagline “in a city of millions, no one hears you scream,” nampaknya sekuel terbaru dari saga Scream kembali menambahkan elemen tegang yang membuat saya semakin resah sebagai penduduk kota New York. Saya pun tengah mempersiapkan diri untuk menyaksikan film ini. Cuplikan teaser menampilkan karakter-karakter yang bertahan hidup dari sekuel sebelumnya, dibintangi oleh Melissa Barrera, Jenna Ortega, Jasmin Savoy Brown, dan Mason Gooding. Persiapkan diri untuk kembalinya Ghostface di hari Halloween, serta Hayden Panettiere dan Courtney Cox.


18. The Little Mermaid - 6 May

(Foto: Courtesy of Disney)

Sejak Disney mengumumkan bahwa mereka siap menggarap versi live-action dari kartun The Little Mermaid, para pencinta Disney telah senantiasa menanti penuh antusiasme. Setelah diundur sebab pandemi global, akhirnya film ini mendapatkan tanggal rilis yang baru tahun ini. Halle Bailey akan memerankan karakter Ariel, didampingi oleh sederet bintang fenomenal lainnya. Kami tak sabar untuk kembali ke bawah laut.


19. The Hunger Games: The Ballad of Songbird and Snakes - 17 November

(Foto: Courtesy of Lionsgate)

Sebagai seseorang yang menghadiri setiap premiere midnight film-film Hunger Games, tentu saya sangat tak sabar menyaksikan prekuel dari saga ini. Sosok belia Corialnus Snow yang diperankan oleh Tom Blyth mendidik dan merangkul sosok gadis dari distrik 12 yang diperankan oleh Rachel Zegler di Hunger Games yang kesepuluh. Akan terasa seru untuk kembali menjelajahi dunia imajinatif Suzanne Collins. Viola Davis, Peter Dinklage, serta Hunter Schafer juga menjadi sederet nama yang membintangi film ini.


20. Bottoms - Segera

(Foto: Courtesy of Kezin Mazur, Getty Images)

Setelah garapan pertamanya, Shiva Baby, yang sukses mendobrak kariernya, Emma Seligman kini kembali berkarya untuk layar lebar dengan sebuah film tentang dua remaja perempuan queer di tahun terakhir SMA mereka yang mengorganisir sebuah klab fight club demi mencuri perhatian para cheerleader. Film komedi yang siap menjadi favorit Gen-Z ini dibintangi oleh Rachel Sennott, Kaia Gerber, serta Ayo Ederbi.

(Penulis : Brooke Lamantia; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Hans Hambali; Foto: Courtesy of Dok. BAZAAR US)