Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

55 Sosok Figur Publik yang Tidak Minum Alkohol

Dari Calvin Harris hingga Eminem, inilah para sosok ternama yang tidak akan pernah Anda lihat dengan "minuman" di tangan mereka.

55 Sosok Figur Publik yang Tidak Minum Alkohol
Courtesy of Bazaar US

Saat kita semua terlalu banyak minum koktail atau apa pun itu pada "happy hour" Kamis malam, banyak orang, termasuk beberapa selebritas favorit kita, telah memilih untuk tidak minum alkohol bersama-sama. Meskipun sulit membayangkan adegan pesta Hollywood yang glamor tanpa menyeruput segelas champagne, bintang-bintang ini telah membuktikan bahwa Anda masih bisa berpesta dan menikmati diri sendiri, sambil merangkul kehidupan yang tenang.

Baca juga: 7 Minuman Beralkohol yang Dapat Merusak "Kecantikan"

1. Natalie Portman

Courtesy of Bazaar US

Tidak heran Natalie Portman selalu bersinar! Ia bereksperimen dengan alkohol di masa kuliahnya, tetapi telah berdiri kuat sebagai orang dewasa yang sober. "Saya tidak benar-benar pergi ke pesta sekolah menengah, dan ya, saya tidak menyentuh ganja sampai saya berusia 20-an ... Saya tidak mabuk sampai saya kuliah. Tapi saya pikir, itu hal yang baik dalam banyak hal," katanya.

2. Elton John

Courtesy of Bazaar US

Pertarungan Elton John dengan obat-obatan terlarang, alkoholisme, dan gangguan makan hanyalah cerita lain yang menyinari sisi gelap ketenaran. Legenda musik ini terinspirasi untuk menjadi sober lebih dari 30 tahun yang lalu pada tahun 1990 setelah melihat epidemi AIDS berdampak pada masyarakat. Ia mengatakan kepada The Fix pada tahun 2017, "Dalam enam bulan saya menjadi sober, dan bersih, dan telah selama 27 tahun terakhir."

3. Rumer Willis

Courtesy of Bazaar US

Aktris itu turun ke media sosial pada Juli 2017 untuk mengumumkan sobriety-nya. "Keputusan saya untuk menjadi sober bukan karena kebutuhan, itu lebih karena saya melakukan "sober January" dan saya hanya memutuskan untuk terus berjalan," kata Rumer kepada People. Pada bulan Desember 2020, ia merayakan empat tahun sobriety-nya di Instagram, menulis, "Bagi siapa saja dan semua orang yang sedang berjuang atau memiliki keinginan untuk sober, ketahuilah bahwa ini bukan "satu ukuran yang cocok" untuk semua proses tetapi ini one day at a time."

4. Dax Shepard

Courtesy of Bazaar US

Lebih dari 16 tahun yang lalu, Dax Shepard memutuskan untuk mengubah hidupnya dan menjadi sober. Salah satu tweet ulang tahunnya pada tahun 2016 menyatakan, "Saya sekarang punya istri & bayi & harga diri #gratitude #promises." Ia berbagi di podcast-nya, Armchair Expert, bahwa ia kambuh dengan obat penghilang rasa sakit, namun ia sekarang sober lagi.

5. Shania Twain

Courtesy of Bazaar US

Ikon negara menjalani kehidupan yang cukup bersih. Shania menjauhkan diri dari alkohol, obat-obatan, dan juga menjadi seorang vegetarian. Ia mengungkapkan dalam biografinya, "Saya suka band yang bersih. Saya tidak suka narkoba. Saya tidak suka alkohol. Saya suka orang-orang yang hidup bersih di sekitar saya."

6. Tyler, The Creator

Courtesy of Bazaar US

Sang rapper mungkin berhasil menggunakan lirik tentang minuman keras dan narkoba, tetapi Tyler secara mengejutkan bersih dari itu semua. Selama wawancara dengan serial Creative All Star, ia berbagi, "Saya tidak pernah ingin minum. Itu hanya sesuatu yang tidak menarik minat saya."

7. Zac Efron

Courtesy of Bazaar US

Ya, itu benar. Aktor High School Musical, sober setelah kecanduan alkohol dan obat-obatannya mengakibatkan rehabilitasi pada tahun 2013. Zac Efron memberi tahu ELLE pada tahun 2016, "Anda keluar dari kehidupan mana yang Anda masukkan. Melewati batas itulah yang mengarah pada kebesaran."

8. Bradley Cooper

Courtesy of Bazaar US

Aktor tersebut membahas sobriety dirinya dalam cerita sampul GQ-nya pada tahun 2013, menjelaskan bahwa pada usia 29 ia merasa "jika saya melanjutkannya, saya benar-benar akan menyabotase seluruh hidup saya."

9. Tyra Banks

Courtesy of Bazaar US

Menurut Forbes, supermodel itu pernah membuat pernyataan tentang sobriety-nya kepada para penggemarnya. "Saya merasa sangat beruntung karena saya tidak benar-benar memiliki kepribadian yang membuat ketagihan. Saya tidak pernah menggunakan narkoba, dan saya memiliki sedikit kecanduan akan alkohol ketika saya berusia 12 tahun, tapi itu saja."

10. Kristin Davis

Courtesy of Bazaar US

Bintang Sex and the City ini dikutip dalam sebuah bagian oleh Marie Claire UK mengungkapkan bagaimana ia tidak berpikir ia akan berhasil melewati usia 30. Kristin mengakui, "Saya menyadari itu tidak akan berakhir dengan baik. Saya masuk ke program akting, itu sangat menantang, saya hangover dan saya tidak melakukannya dengan baik di kelas saya. Saya berpikir, 'Tahukah Anda? Ini akan menjadi salah satu atau yang lain. Saya tidak bisa benar-benar memiliki keduanya.'"

11. Jada Pinkett Smith

Courtesy of Bazaar US

Aktris tersebut mengungkapkan rincian tentang perjuangan masa lalunya dengan kecanduan di acaranya, Red Table Talk, mengakui, "Minum anggur merah bagi saya seperti minum segelas air. Saya memikirkan kembali hidup saya, seperti, saya adalah keajaiban berjalan, tidak diragukan lagi tentang itu."

12. Robert Downey Jr. 

Courtesy of Bazaar US

Bintang Iron Man secara terbuka berbicara tentang pertempurannya dengan penyalahgunaan obat dalam cerita sampul Vanity Fair 2014, mengungkapkan bahwa ia sekarang telah sober selama lebih dari 10 tahun.

13. Christina Ricci

Courtesy of Bazaar US

Dalam cerita sampul tahun 2008 dengan BlackBook, aktris tersebut mengungkapkan, "Saya mengalami masa remaja akhir yang normal, awal 20-an minum-minum, tetapi itu adalah pilihan yang saya buat, karena saya tidak berpikir itu sangat baik untuk hidup saya."

14. Naomi Campbell

Courtesy of Bazaar US

Dalam sebuah wawancara dengan Vogue UK pada tahun 2010, supermodel dan aktris Inggris menjelaskan, "Sejujurnya, ada saat-saat saya berpikir saya tidak akan bertahan. Dulu saya memiliki banyak masalah, antara lain saya minum terlalu banyak, jadi saya bergabung dengan Alcoholics Anonymous untuk dapat dan tetap sober."

15. Lana Del Rey

Courtesy of Bazaar US

Dalam profil penyanyi Women of the Year 2012 oleh GQ Inggris, Lana menjelaskan bahwa ia berjuang dengan kecanduan alkohol selama sebagian besar awal masa remajanya, akhirnya sober sebelum ia berusia 20 tahun dan setelah pindah ke New York City untuk mengejar karier musiknya.

16. Leona Lewis

Courtesy of Bazaar US

Menurut Glamour UK, penyanyi itu menjauhi alkohol. "Saya tidak 'minum', saya benci rasa alkohol. Ketika single debut saya (Bleeding Love) berada di No.1, saya merayakannya dengan champagne non-alkohol," katanya.

17. Lucy Hale

Courtesy of Bazaar US

Aktris Pretty Little Liars mengatakan kepada InStyle pada tahun 2017 bahwa keputusannya untuk menjalani kehidupan yang sober dimulai ketika ia memutuskan untuk memotong sebagian besar rambutnya menjadi gaya rambut bob imut yang ia miliki sekarang. "Saya pernah berusaha sangat keras untuk menjadi social butterfly," kata aktris itu setelah bertahun-tahun berusaha menemukan tempatnya di kancah pesta Hollywood.

18. Jack Osbourne

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 2021, bintang reality TV berbagi bahwa ia sudah sober selama 18 tahun sekarang, setelah mengirim unggahan Instagram perayaan. "Bukannya menjadi lebih mudah atau lebih sulit, hanya saja ini adalah kehidupan yang harus dijalani," tulisnya.

19. Rob Lowe

Courtesy of Bazaar US

Menurut People, setelah menerima penghargaan Spirit of Sobriety pada tahun 2015 untuk merayakan 25 tahun yang bersih, aktor tersebut memuji sebagian besar kesuksesannya kepada istrinya, Sheryl Berkoff. Dalam pidato penerimaannya, Rob menjelaskan, "Ia mengilhami saya untuk menjadi sober. Ia tahan dengan karakter 'cacat' saya seperti yang mereka sebut. Dalam sobriety, pelajaran terus datang jika Anda cukup beruntung untuk bersama selama mungkin seperti yang pernah saya miliki. "

20. Calvin Harris

Courtesy of Bazaar US

DJ Skotlandia mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan BBC pada tahun 2009 bahwa terlepas dari pilihan kariernya, ia telah melupakan konsumsi alkohol menjadi lebih baik. Calvin mengungkapkan, "Saya berhenti minum karena itu benar-benar membuat saya sakit. Itu mempengaruhi otak saya dengan cara yang paling buruk."

21. Eva Mendes

Courtesy of Bazaar US

Aktris ini memasuki rehabilitasi pada tahun 2008 dan telah sober sejak saat itu. Ia membuka tentang kecanduan penyalahgunaan zat dalam wawancara sampul cerita yang diikuti pada tahun yang sama.

22. Daniel Radcliffe

Courtesy of Bazaar US

Dalam sebuah wawancara tahun 2016 dengan The Telegraph, bintang Harry Potter membahas jalan panjangnya menuju sobriety selama tahun-tahun terakhir pembuatan film franchise terkenal. "Menyenangkan. Saya hampir tidak memikirkannya (alkohol)" jelasnya.

23. Rusell Brand

Courtesy of Bazaar US

Komedian dan aktor Inggris telah secara terbuka menceritakan tentang kecanduannya untuk beberapa waktu sekarang, merayakan lebih dari 15 tahun sobriety pada saat ini. Ia memulainya untuk membantu orang lain yang juga menghadapi perjuangan yang sama dalam bukunya, Recovery: Freedom from our Addictions.

24. Blake Lively

Courtesy of Bazaar US

Bintang Gossip Girl favorit kami mengungkapkan dalam cerita sampul Allure-nya pada tahun 2012 bahwa ia tidak hanya tidak minum alkohol, tetapi ia juga tidak pernah menyentuh narkoba. Aktris itu menjelaskan, "Itu hanya sesuatu yang benar-benar tidak saya inginkan."

25. Kendrick Lamar

Courtesy of Bazaar US

Dalam profil Rapper of the Year 2013 bersama GQ, terungkap bahwa Kendrick tidak minum alkohol atau narkoba, meskipun banyak lirik dalam lagunya. Rapper tumbuh dalam keluarga yang melakukan penyalahgunaan zat, dan lebih suka menjadi advokat bagi mereka yang hidup dalam sobriety.

26. Andy Murray

Courtesy of Bazaar US

Pemain tenis Inggris mengatakan kepada The Daily Record bahwa ia berhenti minum alkohol di akhir masa remajanya, menjelaskan, "Saya selalu ingin melihat seberapa jauh saya bisa pergi dalam berolahraga. Saya tidak ingin melakukan apa pun untuk membahayakan itu."

27. Mike Posner

Courtesy of Bazaar US

Penyanyi itu secara terbuka mengumumkan mengapa ia berhenti minum alkohol di blog tahun 2015. Mike menjelaskan pola kecanduannya yang berantakan, dengan mencatat, "Saya memutuskan saya tidak bisa membiarkan alkohol merampas saya dari menikmati momen spesial hidup saya."

28. Common

Courtesy of Bazaar US

Menurut Vibe, rapper dan aktor terkenal telah menjalani kehidupan yang sober untuk beberapa waktu sekarang, terlepas dari godaan yang datang dengan menjalani gaya hidup selebriti.

29. Brad Pitt

Courtesy of Bazaar US

Aktor ini membuka cerita sampul GQ Style 2017 tentang perjuangan yang ia hadapi dengan kecanduan alkohol di masa lalu. Ketika ditanya tentang pengalamannya, ia hanya menjelaskan, "Saya tidak ingin hidup seperti itu lagi."

30. Jennifer Lopez

Courtesy of Bazaar US

Penyanyi dan aktris mengatakan kepada InStyle pada tahun 2003, "Saya pikir itu merusak kulit Anda" dalam hal minum alkohol atau merokok. Jennifer juga menjelaskan, "Tentu saja, selama bersulang perayaan, semua orang seperti, 'Anda tidak bisa bersulang dengan air!' Jadi saya akan bersulang dengan alkohol dan menyesapnya."

31. Logic

Courtesy of Bazaar US

Rapper itu membuka dalam sebuah wawancara dengan VLAD TV, di mana ia menjelaskan, "Minum adalah sesuatu yang tidak pernah saya sukai, memang itu aneh." Logic juga mengakui bahwa ia telah lebih berjuang dengan kecanduannya pada rokok dan obat-obatan lainnya.

32. Pharell Williams

Courtesy of Bazaar US

Pharrell Williams telah terbuka tentang menjalani gaya hidup yang sober untuk beberapa waktu sekarang, mengatakan kepada Paper Magazine pada tahun 2004, "Semua orang dapat melakukan apa yang mereka inginkan, tetapi hal itu bukan untuk saya."

33. Matthew Perry

Courtesy of Bazaar US

Salah satu bintang Friends favorit kami telah jujur ​​tentang berjuang dengan kecanduan alkoholnya selama bertahun-tahun sekarang. Aktor itu bahkan membuka salah satu bekas rumahnya untuk bertindak sebagai "ruang hidup" yang sober bagi orang lain yang juga berjuang dengan kecanduan. Matthew mengatakan kepada The Hollywood Reporter pada tahun 2015, "Hal terbaik tentang saya adalah jika seorang pecandu alkohol mendatangi saya dan berkata, 'Maukah Anda membantu saya berhenti minum?' Saya akan berkata, 'Ya. Saya tahu bagaimana melakukannya.'"

34. Sarah Silverman

Courtesy of Bazaar US

Komedian dan aktris mengungkapkan ketidaksukaannya terhadap alkohol selama wawancara karpet merah di Emmy 2014, mengatakan kepada Giuliana Rancic dari E!, "Saya tidak minum karena itu membuat saya sakit perut," lebih lanjut menjelaskan, "Saya mencoba semua waktu, itu terlihat bagus dan saya merasa seperti saya akan bersenang-senang mabuk, tetapi saya memiliki perut yang tidak mendukung."

35. Dane Cook

Courtesy of Bazaar US

Komedian terkenal itu dikutip dalam fitur GQ pada tahun 2014 bahwa ia tidak minum atau merokok, dan bahkan menuntut agar mereka yang memiliki masalah "minum" agar mencari bantuan, dalam unggahan Facebook yang kontroversial.

36. Eminem

Courtesy of Bazaar US

Setelah sang rapper berjuang dengan kecanduan berbahaya terhadap alkohol dan obat-obatan selama bertahun-tahun sepanjang awal kariernya, Eminem akhirnya kembali ke dunia musik dengan sober. Ia mengunggah foto perayaan di Instagram pada tahun 2020 untuk menandai 12 tahun sobriety.

37. Gerard Butler

Courtesy of Bazaar US

Aktor Skotlandia berjuang selama bertahun-tahun dengan kecanduan obat-obatan dan alkohol sebelum mencari pengobatan. Sekarang lebih dari 20 tahun kemudian, Gerard masih merangkul kehidupan yang sober.

38. Kat Von D

Courtesy of Bazaar US

Artis tato terkenal dan pengusaha kecantikan merayakan sepuluh tahun sobriety setelah bertahun-tahun penyalahgunaan narkoba dan alkohol dengan unggahan Instagram pada Juli 2017.

39. Chris Martin

Courtesy of Bazaar US

Vokalis Coldplay mengakui kepada The Guardian pada tahun 2005 bahwa saat band ini terlibat dalam fase pesta di awal karier mereka, ia benar-benar merangkul kehidupan yang sober sekarang.

40. Ewan McGregor

Courtesy of Bazaar US

"Saya sadar ketika sesuatu di otak saya berbunyi, 'Apa yang Anda lakukan?'" kenang aktor Skotlandia itu kepada The Daily Mail saat ia menari untuk Iggy Pop di ruang ganti yang menyebabkan keputusannya untuk meninggalkan alkohol. 

41. Jim Carrey

Courtesy of Bazaar US

Aktor tersebut telah berbicara dengan sangat serius tentang topik penyalahgunaan zat, mengatakan kepada CBS News, "Saya jarang minum kopi. Saya sangat serius tentang tidak ada alkohol, tidak ada obat-obatan. Hidup ini terlalu indah."

42. Kathy Griffin

Courtesy of Bazaar US

Komedian itu menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan Marlo Thomas bahwa sejak insiden tersedak yang melibatkan bir ketika ia berusia 11 tahun, ia langsung tidak berminat dengan alkohol.

43. Jennifer Hudson

Courtesy of Bazaar US

Meskipun banyak yang menikmati adegan pesta Hollywood, Jennifer Hudson dengan percaya diri dapat mengatakan, "Saya belum pernah 'minum' dalam hidup saya." Dalam sebuah wawancara dengan Chelsea Handler, penyanyi dan aktris menjelaskan, "Saya tidak pernah tertarik. Tidak ada yang pernah percaya."

44. Colin Farrell

Courtesy of Bazaar US

Aktor Irlandia membuka tentang merayakan 10 tahun sobriety pada Ellen pada tahun 2017, setelah bertahun-tahun sebelumnya berjuang dengan kecanduan ketika ia pertama kali sampai di Hollywood. Colin juga mengakui mekanisme dirinya, mengatakan, "Sekarang saya melakukan sedikit yoga, saya suka pendakian yang menyenangkan dan saya minum dragon nasal juice."

45. Edie Falco

Courtesy of Bazaar US

Bintang Nurse Jackie telah sober selama lebih dari 25 tahun sekarang, mengakui bahwa dukungan dari teman-teman dan keluarganya benar-benar yang paling membantunya.

46. Joe Manganiello

Courtesy of Bazaar US

Bintang Magic Mike itu mengungkapkan bahwa ia tidak punya banyak pilihan selain menjadi sober dalam sebuah wawancara dengan Huffington Post. Joe mengenang perjuangan yang ia lalui sebelum menjadi sober, “Saya gelandangan, ceroboh, dan bangkrut tanpa karier, jadi ya, itu sepadan (untuk sober).”

47. Keith Urban

Courtesy of Bazaar US

Bintang musik country berjuang di awal kariernya dengan kecanduan penyalahgunaan zat saat memasuki dunia musik Nashville. Keith memuji istrinya, Nicole Kidman, karena paling membantunya menjaga sobriety-nya.

48. Gillian Jacobs

Courtesy of Bazaar US

Terlepas dari banyaknya peran yang telah dimainkan aktris TV dan film di masa lalu, Gillian Jacobs mengungkapkan di Jimmy Kimmel Live! bahwa ia tidak pernah "minum" dalam hidupnya dan tidak berencana untuk itu.

49. Samuel L. Jackson

Courtesy of Bazaar US

Setelah berjuang dengan penyalahgunaan zat campuran di tahun 70-an dan 80-an ketika ia memasuki dunia akting di New York City, Samuel menyadari bahwa ia harus bersih jika ia ingin serius dengan kariernya. Aktor tersebut mengakui bahwa sobriety benar-benar memungkinkannya untuk masuk ke dalam, memerankan karakter dengan cara yang lebih dalam.

50. Tim McGraw

Courtesy of Bazaar US

Bintang musik country ini membahas jalannya menuju sobriety pada Ellen di mana ia mengingat bagaimana ia membuat keputusannya untuk mengubah cara ia kembali pada tahun 2008. "Saya pikir itu adalah pilihan pribadi, ketika sampai pada titik di mana Anda pikir itu mempengaruhi Anda secara negatif dan itu mempengaruhi hubungan Anda."

51. Tobey Maguire

Courtesy of Bazaar US

Bintang Spider-Man itu telah terbuka tentang sobriety-nya dalam banyak wawancara, mengatakan kepada The Guardian, "Saya berhenti mengonsumsi zat yang mengubah pikiran ketika saya berusia 19 tahun. Dan saya sudah berpantang sejak saat itu."

52. Eric Clapton

Courtesy of Bazaar US

Gitaris asal Inggris berjuang dengan kecanduan alkohol untuk sebagian besar awal kariernya. Setelah kelahiran putranya pada tahun 1986, Eric membuat keputusan untuk benar-benar sober dan terus hidup dalamnya sejak saat itu.

53. Kelly Osbourne

Courtesy of Bazaar US

Maestro media Inggris berjuang dengan alkohol dan kecanduan obat-obatan yang serius ketika orang tuanya, Sharon dan Ozzy Osbourne, mengalami penyakit yang mengancam jiwa di awal 2000-an. Meskipun Kelly sempat kambuh selama pandemi Covid-19 pada tahun 2020, ia kembali ke jalan menuju pemulihan.

54. 50 Cent

Courtesy of Bazaar US

Rapper dan aktor itu mengatakan kepada Piers Morgan dalam sebuah wawancara bahwa meskipun ia mencoba menjual narkoba di tahun-tahun awal pertumbuhannya untuk bertahan hidup, ia tidak pernah benar-benar menggunakan narkoba atau minum alkohol karena itu tidak cocok dengannya.

55. Brandon Flowers

Courtesy of Bazaar US

Penyanyi utama The Killers, Brandon Flowers, mengungkapkan bahwa terlibat dalam penggunaan alkohol selama tahun-tahun awal kesuksesan band benar-benar membantunya untuk memutuskan jalan mana yang ingin ia ikuti ketika ia menjadi seorang ayah. Brandon kini telah merangkul kehidupan yang sober untuk sebagian besar akhir kariernya.

Baca juga:

Resolusi Tahun Baru: Berhenti Minum Alkohol Selama Sebulan

57 Selebriti Hollywood yang Orang Tuanya Sudah Superstar, Termasuk Angelina Jolie

40 Selebriti Dunia yang Menemukan Cintanya Lagi Setelah Perceraian

(Penulis: Kara Ladd; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)