Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Keuntungan Anda Berinvestasi dengan Reksa Dana Pendapatan Tetap

Cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil yang lebih pasti dan tetap menguntungkan

Keuntungan Anda Berinvestasi dengan Reksa Dana Pendapatan Tetap
Foto courtesy of 123RF

Reksa dana adalah salah satu bentuk investasi yang terbilang cukup mudah terutama bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu dan tidak mau terlalu ambil pusing untuk menghitung risikonya. Alih-alih terjun langsung untuk mengelola uang, Anda akan dibantu oleh Manajer Investasi sebagai perantaranya. Plus, Anda dapat menanam modal mulai dari nominal kecil hingga besar. Dengan segala kemudahan di era digital saat ini, Anda pun bisa berinvestasi hanya dengan menggerakkan jari di atas smartphone. Maka dari itu, tak heran jika tren investasi digital di kalangan generasi milenial meningkat.

Pilihannya, Anda dapat mencoba membeli produk reksa dana atau surat berharga untuk investasi jangka pendek dengan risiko rendah. Sementara bagi Anda yang memiliki profil risiko agresif, silakan mencoba reksa dana saham. Ini cocok bagi Anda untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang dan mendapatkan imbal hasil yang lebih besar lagi, misalnya menabung untuk dana menikah lima tahun ke depan atau menyiapkan dana pensiun. Lalu bagi Anda yang menginginkan sesuatu yang lebih pasti dan tetap menguntungkan dengan profil risiko moderat, reksa dana pendapatan tetap dapat menjadi jawabannya.

Reksa dana pendapatan tetap (Fixed Income Funds) adalah jenis investasi yang memberikan imbal hasil stabil dan pasti secara rutin, misalnya satu bulan atau tiga bulan sekali. Risikonya lebih besar dibandingkan reksa dana pasar uang, namun lebih rendah dibandingkan reksa dana pasar saham. Ketika membeli reksa dana pendapatan tetap, Anda berinvestasi sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat utang dengan jatuh tempo di atas satu tahun. Dana yang terkumpul dari Anda sebagai investor nantinya akan dipakai Manajer Investasi untuk membeli surat utang. 

Cara kerja reksa dana pendapatan tetap didasarkan pada perubahan suku bunga acuan Bank Indonesia, di mana ketika rate Bank Indonesia turun maka harga obligasi terdorong meningkat sehingga nilai reksa dana pendapatan tetap pun ikut naik. Sama seperti reksa dana lainnya, bunga dari surat utang itu nantinya tidak langsung diberikan kepada investor melainkan digunakan untuk menambah nilai unit. Keuntungannya sendiri mencapai lima hingga sepuluh persen per tahun. Investasi jenis ini cocok bagi Anda yang memiliki profil risiko moderat dengan tujuan investasi jangka menengah sekitar satu hingga tiga tahun. 

Ada banyak produk reksa dana pendapatan tetap yang bisa Anda pilih baik melalui investasi digital maupun bank. Salah satu opsinya adalah Ganesha Abadi Kelas D yang dikelola oleh Bahana TCW Investment Management selaku Manajer Investasi. Sesuai prinsip reksa dana pasar tetap, imbal hasil yang ditawarkan cenderung lebih stabil dengan potensi capital gain yang dapat dinikmati dari dividen setiap bulannya dan kenaikan Net Asset Value (NAV) atau harga per unit reksa dana. 

Tersedia beberapa cara yang bisa dipilih oleh investor untuk menanamkan modalnya di Ganesha Abadi ini. Pertama adalah lewat investasi biasa yang cara kerjanya sama seperti reksa dana lainnya. Yang kedua lewat investasi endowment di mana Anda dapat menabung sekaligus beramal dengan cara berkontribusi bagi dunia pendidikan, tepatnya bagi Institut Teknologi Bandung (ITB). Investasi dari Anda nantinya akan digunakan untuk membantu program-program yang dibiayai oleh Endowment Fund dari Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) guna meningkatkan mutu pendidikan, di antaranya untuk beasiswa, pengembangan infrastruktur, operasional, dan mendukung fasilitas riset. Kabar baiknya lagi, BRI yang merupakan salah satu bank terpercaya di Indonesia telah bekerja sama dengan Bahana TCW Investment Management untuk mengusung investasi Ganesha Abadi ini sehingga Anda akan terbantu jika ingin berinvestasi di sini.

Investasi dapat menjadi salah satu jalan untuk mencapai financial goal Anda. Untuk memulainya, tentukan tujuan investasi Anda dan kenali terlebih dahulu profil risiko yang sesuai. Investasi pun tak hanya menguntungkan bagi diri sendiri, namun tersedia pula alternatif bagi Anda yang ingin berkontribusi baik untuk lingkungan (misalnya lewat Green Sukuk Ritel) maupun pendidikan seperti investasi endowment dari Ganesha Abadi. Jadi bila Anda dapat berinvestasi sekaligus melakukan sesuatu yang bermanfaat, mengapa tidak?

Untuk informasi lebih lanjut dari BRI, silakan klik di sini.

Foto courtesy of 123RF