Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Givenchy Berkolaborasi dengan Seniman Grafis, Chito

Rumah mode memasuki dunia NFT.

Givenchy Berkolaborasi dengan Seniman Grafis, Chito
Courtesy of Bazaar UK

Ketika direktur kreatif Givenchy, Matthew M. Williams, bergabung dengan rumah tersebut pada musim panas 2020, ia bertekad untuk membawa bakatnya dalam inovasi artistik ke desainnya. Kolaborasi terbarunya telah melakukan hal itu.

Baca juga: Mengulik Lebih dalam Tentang NFT, dari Sisi Finasial Hingga Fashion

Bermitra dengan seniman grafis Chito, yang pernah bekerja sama dengannya pada pra-koleksi musim semi 2022, Matthew telah bersama-sama menciptakan serangkaian 15 desain grafis unik. Koleksi ini akan menampilkan cetakan tebal yang sama dengan yang digunakan dalam pra-koleksi musim semi, dibangun di atas karakter dan simbol air-brush. Bedanya, gambar langka ini akan menjadi NFT.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Salah satu tren paling populer di dunia online, NFT (Non-Fungible Tokens), seperti desain Givenchy x Chito, adalah potongan digital unik yang dapat digunakan oleh kolektor sebagai avatar online atau PFP (gambar profil). Ini bisa dalam bentuk apa saja mulai dari klip audio dan video hingga aset dalam game online, yang dapat dibeli dengan cryptocurrency seperti bitcoin. Meski siapa pun dapat melihatnya, hanya satu orang yang akan 'memiliki' yang asli, seperti memiliki poster Van Gogh, tetapi bukan lukisan cat minyak asli. Dapat dimengerti, area pertumbuhan tercepat untuk NFT adalah di dunia seni, di mana gambar dan dokumen online ini dengan cepat menjadi koleksi yang menarik, meningkatkan profil dan nilai karya seni digital.

Dunia mode juga semakin mengadopsi NFT, menyadari pentingnya lanskap digital serta kekuatan yang diberikannya kepada materi iklan. Untuk artis seperti Chito, gerakan NFT memungkinkan mereka untuk bekerja secara langsung dengan audiens mereka, dan dalam skala yang benar-benar global. Dalam upaya untuk tetap sadar lingkungan, dan mengimbangi jejak karbon atau biaya energi, Givenchy juga telah memutuskan untuk meluncurkan koleksi NFT di jaringan Polygon, yang dikenal dengan konsumsi energi minimal.

"Saya sudah lama ingin menjelajahi ruang NFT yang baru dan menarik ini," kata Matthew. “Fakta bahwa Chito sudah aktif dalam ekosistem membuatnya terasa lebih alami bagi kami untuk berkolaborasi dalam seri terbatas ini dan membawa visi kolektif kami untuk Givenchy lebih jauh.”

Kumpulan karya seni asli mulai dijual pada 23 November dan pelelangan akan membantu mendukung yayasan pilihan jangka panjang Givenchy, The Ocean Cleanup. Meskipun seri 15 bagian ini akan menjadi akuisisi yang langka, Givenchy telah mengumumkan bahwa itu hanyalah langkah pertama mereka ke dunia NFT yang terus berkembang. 

Baca juga:

Persiapkan Musim Liburan, Givenchy Persembahkan Tas Moon Cut Out Hobo

Selamat Datang Givenchy Beauty di Sephora Indonesia!

Matthew W. Williams Menjadi Direktur Kreatif Givenchy

(Penulis: Marie-Claire Chappet; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)