Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Rekomendasi Drama Korea yang Angkat Isu Kesehatan Mental

Melihat berbagai isu kesehatan mental diangkat dalam serial drama asal Korea Selatan ini.

10 Rekomendasi Drama Korea yang Angkat Isu Kesehatan Mental

Di Indonesia, isu kesehatan mental memang merupakan topik yang masih sering dianggap tabu untuk diperbincangkan. Jika berbicara tentang data, WHO merilis bahwa saat ini setidaknya ada 350 juta warga di dunia yang sedang berjuang melawan gangguan kesehatan mental. 

Melihat hal ini, sebagai salah satu negara dengan tingkat depresi dan bunuh diri tertinggi di dunia pun mulai giat mengangkat isu kesehatan mental ke dalam industri hiburannya yang dikemas dalam bentuk  film maupun drama.

Jika Anda sedang mencari beberapa judul K-drama yang mengangkat isu mengenai kesehatan mental, berikut telah kami rangkumkan 10 K-drama yang dapat Anda nikmati:

1. It’s Okay, That’s Love

It’s Okay, That’s Love mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu drama Korea paling berkesan yang membahas tentang perjalanan menuju penyembuhan mental. Dibintangi oleh sederet artis papan atas Korea mulai dari Jo In Sung, Gong Hyo Jin, Lee Sung Kyung, Lee Kwang Soo, hingga Sung Dong Il, drama It’s Okay, That’s Love menampilkan kisah seorang penulis ternama dan radio DJ, Jang Jae Yeol (dibintangi oleh Jo In Sung) yang di balik segala kesuksesan yang ia raih rupanya ia bergelut dengan gangguan Obsessive Compulsive Disorder (OCD) dan skizofrenia yang dideritanya.

Drama yang tayang pada tahun 2014 ini dapat dikatakan sebagai salah satu pionir drama yang berani mengangkat isu tentang kesehatan mental. Tidak hanya itu saja, drama ini juga berhasil mendapat tanggapan positif dari penonton terutama masyarakat Korea yang kala itu masih melihat isu kesehatan mental merupakan sesuatu yang tabu. 

*Obsessive compulsive disorder (OCD) adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang dan jika tidak dilakukan akan menimbulkan kecemasan atau ketakutan berlebih.

*Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan kronis ketika pengidapnya mengalami halusinasi, delusi, dan juga menunjukan perubahan sikap. 

2. Kill Me, Heal Me

Kembali mempertemukan Hwang Jung Eum dan Ji Sung dalam satu layar kaca, Kill Me, Heal Me menceritakan tentang sebuah kisah cinta antara Cha Do Hyun yang merupakan anak dari keluarga kaya yang mengidap Dissociative Identity Disorder  (DID) dan memiliki 7 kepribadian berbeda serta seorang dokter residen tahun pertama, Oh Ri Jin yang akhirnya menjadi dokter rahasia untuk Do Hyun. 

Serial ini tidak hanya dengan sempurna menggambarkan penyakit mental yang dialami oleh karakter Cha Do Hyun, tapi juga berhasil mengemasnya dengan cara yang menyenangkan dan lucu. Meski topiknya yang diangkat cukup berat, karakter Cha Do Hyun digambarkan akhirnya berani berjuang untuk mencari jalan memperbaiki dirinya. 

*Dissociative Identity Disorder adalah suatu kondisi psikologi yang rumit di mana penderitanya memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda-beda, dan secara bergantian mengambil alih kesadaran individu yang mengalaminya. 

3. Sky Castle

Menceritakan tentang sebuah lingkungan perumahan yang dihuni oleh golongan elit, Sky Castle mengikuti kisah empat keluarga yang bersedia menghalalkan segala cara agar anak-anak mereka dapat masuk ke universitas bergengsi di Korea Selatan.

Tayang pada akhir tahun 2018 lalu, Sky Castle dengan cepat mencuri perhatian publik karena berhasil menggambarkan dengan nyata potret realitas yang dialami oleh para siswa di Korea. Bagaimana tekanan yang diterima oleh para pelajar untuk harus selalu menjadi yang terbaik membuat tingkat depresi bahkan bunuh diri sangat tinggi di negeri gingseng.

4. Chocolate

Dibintangi oleh Yoon Kye Sang dan aktris veteran Ha Ji Won, Chocolate mengisahkan tentang seorang pria dan wanita yang bertemu saat mereka belia namun harus terpisah karena keadaan yang tak berpihak pada mereka.

Bertahun-tahun berlalu, Lee Kang (Kye Sang) sekarang telah tumbuh menjadi seorang ahli bedah otak yang sukses dan kembali dipertemukan dengan cinta pertamanya, Moon Cha Young (JI Won) yang sekarang berprofesi sebagai seorang koki. 

Walaupun takdir akhirnya mengizinkan mereka untuk kembali bertemu, sayangnya mereka berdua tumbuh dengan trauma yang mendalam. Bahkan saat trauma menghantam Moon Cha Young, ia kesulitan untuk mengatasinya, yang akhirnya membuat ia sering mendapat serangan panik. Tonton untuk melihat bagaimana perjalanan kedua pemeran utama untuk saling menyembuhkan luka batin mereka dengan “bumbu-bumbu romansa” yang tentunya tidak akan mengecewakan Anda!

5. Clean with Passion For Now

Apa yang terjadi ketika seorang CEO perusahaan kebersihan (yang juga mengidap OCD) dipertemukan dengan seorang wanita yang tidak peduli dengan penampilannya dan tergolong memiliki karakter berantakan dan kotor? Itu yang dialami oleh Jang Sun Gyeol (Yoon Kyun Sang) ketika takdir mempertemukan dirinya dengan Gil Oh Sol (Kim Yoo Jung). 

Digambarkan Sun Gyeol menderita OCD parah setelah ia mengalami trauma ketika ia masih kecil. Namun berkat Oh Sol yang hadir dalam hidupnya, ia mendapat keberanian untuk berubah dan menghadapi masalahnya. Ini adalah drama romansa yang menggemaskan, dan terlepas dari topiknya yang berat, ini akan membuat Anda tersenyum dan tertawa.

6. Heart to Heart


Mengidap gangguan kecemasan sosial, membuat Cha Hong Do (diperankan oleh Choi Kang Hee) kesulitan untuk membangun relasi dan berinteraksi dengan orang-orang sekitarnya. Namun semua berubah ketika neneknya meninggal dunia, Hong Do dipaksa untuk keluar dari zona nyamannya.

Dan ketika itulah ia bertemu dengan sosok Go Yi Seok (diperankan oleh Chun Jung Myung) yang merupakan seorang psikiater berhati lembut yang berusaha untuk menyembuhkan masalahnya. Yi Seok mampu mendorong Hong Do untuk “keluar dari cangkangnya” dan kembali menemukan kepercayaan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik. Tentunya ini akan menjadi drama yang tepat bagi Anda yang sedang berjuang melawan kecemasan sosial!

*Gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial adalah gangguan mental ketika Anda merasakan kecemasan yang luar biasa ketika berada di tengah-tengah banyak orang.

7. Hyde Jekyll, Me

Dengan premis yang mirip dengan Kill Me, Heal Me, drama Hyde Jekyll, Me yang diperankan oleh aktor Hyun Bin dan aktris Han Ji Min juga mengangkat gangguan kepribadian sebagai tema utama.

Koo Seo Jin (Hyun Bin) merupakan sosok dengan dua kepribadian yang berbeda. Salah satu kepribadiannya memiliki sifat yang dingin seperti Hyde dan yang lainnya sangat manis seperti Jekyll. Ia merupakan direktur dari sebuah taman hiburan Wonderland.

Sedangkan Jang Ha Na (Han Ji Min) merupakan seorang master dan aktris sirkus di Wonderland. Diceritakan bahwa Seo Jin mengalami trauma akibat sebuah peristiwa yang terjadi 15 tahun lalu yang akhirnya membuatnya menutup diri secara emosional dari dunia. Lalu siapakah yang akhirnya akan menang? Sosok Seo Jin yang dingin (Hyde) ataukah kepribadiannya yang lain, bernama Robin yang baik hati?

8. Fix You

Fix You menjadi salah satu drama yang mengangkat isu tentang kesehatan mental yang tayang tahun ini. Baru saja selesai tayang pada bulan Juni silam, Fix You menceritakan tentang perjalan seorang psikiater dalam menyembuhkan pasiennya yang memiliki luka emosional.

Suatu hari Lee Si Joon sang psikiater bertemu dengan seorang aktris teater bernama Han Woo Joo (Jung So Min) yang memiliki gangguan emosional hingga membuat kariernya terancam. Lee Si Joon pun akhirnya bersedia membantu Woo Joo mengatasi masalahnya. Dedikasi dan cara Lee Si Joon menghadapi Woo Joo yang emosional dan tidak stabil tentunya akan membuat hati Anda tersentuh. 

9. It’s Okay to Not be Okay


Seperti Fix You, drama It’s Okay to Not be Okay juga menjadi salah satu drama yang mengangkat isu kesehatan mental yang tayang pada tahun ini. Berhasil mencuri perhatian publik berkat akting mumpuni dari ketiga tokoh utama yang diperankan oleh Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, dan Oh Jung Se, It’s Okay to Not be Okay menceritakan tentang kisah perjuangan Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) yang berprofesi sebagai seorang suster di sebuah rumah sakit jiwa untuk menghidupi dirinya dan kakak laki-lakinya, Sang Tae yang juga mengidap autisme. 

Seolah tak cukup beban hidup yang ia tanggung, tanpa ia sadar, ia bertemu dan jatuh cinta dengan sosok Go Moon Young, penulis buku cerita anak-anak yang menderita gangguan kepribadian antisosial.

It’s Okay To Not Be Okay merupakan serial yang benar-benar membahas masalah kesehatan mental dengan berbagai jenis penyakit mental. Banyak karakter yang menghadapi semacam trauma yang menyebabkan mereka mengalami tekanan emosional. Dengan bersandar pada orang-orang yang mengasihi mereka, para karakter dalam serial ini akhirnya mampu memahami satu sama lain dan menangani masalah mereka.

*Autism spectrum disorder (ASD) atau yang lebih dikenal dengan istilah autisme merupakan gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi perkembangan bahasa dan kemampuan seorang anak untuk berkomunikasi, berinteraksi, serta berperilaku. 

*Gangguan kepribadian antisosial adalah kondisi di mana pengidapnya cenderung acuh terhadap orang lain maupun konsekuensi dari suatu tindakan.

10. Good Doctor

Apa yang terjadi jika seseorang dengan sindrom savant yang juga mengidap autisme menjadi seorang ahli bedah anak? Terdengar sangat aneh namun menarik bukan? Ya, itu yang terjadi pada sosok Park Shi On (Joo Won). Menjadi salah satu ahli bedah anak paling berbakat, nyatanya ia kerap kali dipandang sebelah mata karena kondisi mentalnya.

Berkat premis cerita yang menarik dan segar, drama ini pun berhasil mendapat rating yang baik, bahkan drama ini juga dibuat versi Hollywood-nya pada tahun 2017 dengan judul yang sama.   

*Sindrom savant adalah kondisi di mana seseorang mampu memperlihatkan kapasitas yang luar biasa dan mendalam atau kemampuan yang jauh melebihi batas normal. 

Jika Anda saat ini sedang berjuang dengan isu kesehatan mental, segera minta pertolongan atau kunjungi psikiater untuk mendapat penanganan profesional.

Baca juga:

Penuh Pesan Moral, Ini 10 K-Drama yang Harus Anda Tonton!

10 Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

Lihat Sederet Drama Korea Yang Siap Menemani Anda

 

(Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of AsianWiki)