Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kumpulan Momen-Momen Terbaik di Dunia Hiburan Tanah Air dan Hollywood Selama Pandemi

Membuat tahun 2020 terasa lebih mudah dilalui.

Kumpulan Momen-Momen Terbaik di Dunia Hiburan Tanah Air dan Hollywood Selama Pandemi

Sekilas tahun 2020 menjadi tahun yang hampir tidak terasa, selain rasa gundah dan mungkin amarah. Perubahan hidup drastis yang kita alami satu per satu tentu memberi kesan bahwa tahun ini bukanlah tahun yang baik dalam kehidupan siapapun. Memasuki pergantian tahun yang tinggal menghitung waktu, awal dekade baru ini mengajarkan kita semua untuk menghargai setiap sumber kebahagiaan sekecil apapun bentuknya.

Mulai turut merayakan bangkitnya seseorang dari rasa kehilangan hingga ragam kejutan berupa lagu-lagu penenang hati dari idola kesayangan Anda, Bazaar telah merangkum momen-momen sepanjang 2020 yang membuat tahun ini terasa mudah dilalui.

April 2020: Kabar kehamilan Gigi Hadid

(Foto: Courtesy of @gigihadid)
(Foto: Courtesy of @gigihadid)

Masa isolasi dan pembatasan sosial resmi dilakukan hampir di seluruh dunia. Konser dibatalkan, proses produksi film ditunda, dan masa-masa penuh rasa panik dimulai. Namun, warganet dikejutkan dengan kabar dari pasangan Gigi Hadid dan Zayn Malik yang tengah menantikan kelahiran anak pertamanya.

Kabar yang beredar kemudian dikonfirmasi oleh sang ibu, Yolanda Hadid kepada sebuah media di Belanda dengan mengungkapkan, “Tentu saja, kami sangat senang. Saya tidak sabar untuk menjadi seorang nenek pada September nanti, terlebih saya baru saja kehilangan ibu saya. Namun, inilah keindahan hidup: satu jiwa pergi dan jiwa baru akan datang. Kami merasa sangat terberkati.”

Gigi, yang saat itu masih mengandung, pun membenarkan kabar kehamilannya ketika berbincang dengan Jimmy Fallon dalam acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon.

17 Juli 2020: Putri Beatrice resmi menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi

(Foto: Courtesy of @theroyalfamily)
(Foto: Courtesy of @theroyalfamily)

Kabar bahagia datang dari keluarga Kerajaan Inggris ketika, setelah melalui berbagai penundaan, Putri Beatrice resmi menikahi tunangannya, Edoardo Mapelli Mozzi pada 17 Juli 2020 dalam sebuah pernikahan intim di Windsor. Dalam potret yang dibagikan melalui akun Instagram Istana Buckingham, pasangan pengantin baru tampak bahagia ketika keluar dari Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge.

Putri Beatrice mengenakan gaun vintage rancangan Norman Hartnell, yang sebelumnya dikenakan Ratu Elizabeth ketika menghadiri pemutaran perdana film Lawrence of Arabia di Teater Odeon pada 1962 dan makan malam resmi di Roma. Pernikahan tersebut juga menjadi kali pertama Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip terlihat di publik sejak pandemi dan peraturan isolasi diberlakukan.

19 Juli 2020: Bunga Citra Lestari rilis lagu bertajuk 12 Tahun Terindah

(Foto: Courtesy of @bclsinclair)
(Foto: Courtesy of @bclsinclair)

Pada Februari 2020, dunia hiburan Tanah Air dikejutkan dengan kepergian aktor dan suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair yang mengembuskan napas terakhirnya pada 18 Februari 2020. Kepergian Ashraf tentu memberi luka mendalam bagi Bunga, beserta keluarga yang ditinggalkan. Terlebih di masa pandemi, nama Bunga sempat menghilang dari media sosial maupun dunia hiburan.

Hingga pada 19 Juli, pelantun lagu Pernah Muda tersebut kembali melangkah dengan merilis lagu terbarunya, 12 Tahun Terindah. Melalui lagu dan video klip yang diunggah pada hari yang sama, Bunga mengungkapkan rasa terima kasih kepada sang mendiang suami dengan kompilasi foto serta video bersama Ashraf dan putra semata wayangnya, Noah Sinclair.

24 Juli 2020: Taylor Swift merilis album kedelapannya, Folklore

(Foto: Courtesy of @taylorswift)
(Foto: Courtesy of @taylorswift)

Sejak merilis album Lover pada 2019, Taylor Swift, sama seperti kita semua, mengikuti protokol pembatasan sosial di masa pandemi dengan merangkai nada di Studio Long Pond, New York. Rupanya, nada-nada yang berhasil ia rangkai ini menjadi kejutan bagi penggemar dan para penikmat musik dengan meluncurkan album kedelapan yang bertajuk Folklore.

Album yang didominasi oleh alunan piano dan gitar merupakan sebuah bentuk nyata dari talenta Taylor dalam menceritakan kembali sebuah peristiwa dalam hidup, melalui sudut pandang orang ketiga. Sebanyak 16 lagu yang ia tulis sepanjang pandemi COVID-19 menjadi representasi detail akan pelarian dari kenyataan, introspeksi diri, dan nostalgia. Folklore pun berhasil memecahkan rekor dunia menurut Guinness sebagai album dari musisi perempuan yang paling banyak didengar pada peluncuran perdananya di Spotify.

31 Juli 2020: Beyoncé menayangkan album visual, Black Is King 

(Foto: Courtesy of @beyonce)
(Foto: Courtesy of @beyonce)

Jika Anda mengingat versi live-action dari The Lion King yang rilis pada 2019 silam, Anda tentu familier album karya sang diva bertajuk The Lion King: The Gift, hasil kolaborasinya dengan komposer, produser, hingga musisi asal Afrika. Kompilasi lagu-lagu yang menggambarkan kisah ikonis dalam film arahan Jon Favreau tersebut tidak berhenti sampai perilisan album. Kita bicara tentang Beyoncé, sosok yang sangat menekankan pentingnya visual dalam karyanya.

Itulah yang menginspirasi sang penyanyi kelahiran Texas untuk membuat sebuah film bertajuk Black Is King, sebuah gambaran visual dari 14 lagu yang menjadi bagian dalam album spesial The Lion King karyanya. Momennya pun terasa lebih istimewa ketika film ini resmi ditayangkan di platform streaming Disney+ dan Disney+Hotstar pada 31 Juli 2020. Perilisan film tersebut memiliki makna yang jauh lebih dalam karena bertepatan dengan gerakan Black Lives Matter yang terjadi di beberapa negara, atas rasisme kepada masyarakat berkulit hitam. Film tersebut menjadi perayaan keragaman dan keindahan budaya Afrika yang telah menjadi bagian dari gerakan serta misi Beyoncé sepanjang kariernya.

22 September 2020: Gigi Hadid dan Zayn Malik sambut kelahiran putri pertama

(Foto: Courtesy of @gigihadid)
(Foto: Courtesy of @gigihadid)

Penantian panjang kedua calon orang tua (beserta para penggemar) berakhir melalui kabar bahagia yang dibagikan sang ayah baru, Zayn Malik melalui akun Twitter-nya. “Putri kecil kami telah lahir, sehat & cantik. Berusaha menggambarkan bagaimana perasaan saya saat ini rasanya hal yang sangat sulit dilakukan. Cinta yang saya rasakan bagi manusia kecil ini melebihi akal saya. Bersyukur dapat mengenalnya, bangga memanggilnya milik saya, dan berterimakasih atas hidup yang akan kami jalani bersama.”

Sang ibu, Gigi pun juga mengunggah tangan kecil sang putri yang menggenggam jari Zayn melalui Instagram dengan tulisan, “Putri kami bergabung ke dunia bersama kami akhir pekan kemarin dan ia telah mengubah dunia kami. Jatuh cinta.”

25 September 2020: Putri Eugenie bagikan kabar kehamilannya

(Foto: Courtesy of @princesseugenie)
(Foto: Courtesy of @princesseugenie)

September 2020 juga menjadi bulan yang membahagiakan bagi pasangan kerajaan Inggris, Putri Eugenie dan Jack Brooksbank yang tengah menantikan kelahiran anak pertama. Hal tersebut dibagikan oleh sang putri melalui foto sepasang sandal bayi dengan dekorasi wajah boneka beruang yang diunggah melalui akun Instagramnya dilengkapi tulisan, “Saya dan Jack sangat tidak sabar menanti awal 2021…”

Kabar tersebut kemudian dikonfirmasi melalui pernyataan resmi dari Istana Buckingham. Kehamilan Putri Eugenie menjadi hadiah manis untuk memperingati dua tahun pernikahan mereka bersama sang suami.

11 November 2020: Perempuan Tanah Jahanam Masuk Nominasi Piala Oscar 2021

(Foto: Courtesy of @jokoanwar)
(Foto: Courtesy of @jokoanwar)

Sebelum film Perempuan Tanah Jahanam menjadi film horor pertama yang meraih piala Film Terbaik dalam ajang penghargaan Festival Film Indonesia 2020 pada awal Desember, kisah Maya (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita) ini lebih dulu mencatat sejarah baru dalam industri perfilman Tanah Air.

Film yang telah menghiasi layar lebar di banyak festival film, dua di antaranya adalah Sundance Film Festival dan International Film Festival Rotterdam, kini juga berhasil masuk ke dalam nominasi ajang penghargaan Academy Awards ke-93 atau dikenal dengan Oscar untuk kategori Best International Feature Film, mewakili Indonesia.

1 Desember 2020: Yuki Kato, Luna Maya, dan Dion Wiyoko terpilih sebagai pengisi suara tiga tokoh utama dari film live-action Mulan

(Foto: Courtesy of @yukikt)
(Foto: Courtesy of @yukikt)

Setelah banyak ditunda, versi live-action dari film Mulan resmi ditayangkan di platform streaming Disney+ Hotstar pada 4 Desember 2020. Untuk mengisi suara Mulan, Chen Honghui, dan Xianniang versi Bahasa Indonesia, tiga aktor Tanah Air yaitu Yuki Kato, Dion Wiyoko, dan Luna Maya dipercayakan untuk memerankan ketiga tokoh utama dalam film tersebut.

Selain ketiga aktor tersebut, Disney Indonesia mengajak empat penyanyi perempuan Indonesia, Yura Yunita, Sivia Azizah, Nadin Amizah, dan Agatha Pricilla untuk menyanyikan kembali lagu ikonis dari film ini, Reflection.

4 Desember 2020: Taylor Swift kembali meluncurkan album kesembilan, Evermore

(Foto: Courtesy of @taylorswift)
(Foto: Courtesy of @taylorswift)

Tahun 2020 mungkin tidak seburuk yang dibayangkan karena kesempatan untuk mendengarkan tidak hanya satu, tetapi dua album Taylor Swift dalam kurun waktu lima bulan terakhir adalah hadiah istimewa penutup tahun. Album lanjutan dari Folklore dan juga album kesembilannya ini kental dengan alunan musik alternative rock dan chamber rock, tanpa menghilangkan unsur folk pop yang menjadi benang merah dengan album sebelumnya.

Album dengan single utama Willow ini berkolaborasi dengan beberapa nama penyanyi seperti Bon Iver, Haim, dan the National. Namun, perempuan yang baru saja menginjak usia 31 tahun ini mengonfirmasi bahwa tidak akan ada album ketiga yang hadir tahun ini, “Saya sangat lelah,” ungkap sang penyanyi kepada pembawa acara Jimmy Kimmel, ketika menjadi bintang tamu dalam acara Jimmy Kimmel Live.

11 Desember 2020: Ketiga putra putri Cambridge pertama kali berjalan di karpet merah 

(Foto: Courtesy of @kensingtonpalace)
(Foto: Courtesy of @kensingtonpalace)

Pangeran William dan Kate Middleton berikan kejutan dan apresiasi kepada para pekerja utama yang mengorbankan diri di masa pandemi dengan menghadiri Teater London Palladium, bersama dengan ketiga anak-anak mereka. Pertunjukan pantomim menjadi acara karpet merah pertama yang dihadiri Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

“Ini hal yang setidaknya dapat kami lakukan untuk mengucapkan terima kasih atas apa yang telah Anda lakukan untuk menjaga keselamatan negara kita dan merawat mereka yang sangat membutuhkan pertolongan,” ungkap Pangeran William dalam pidatonya.

15 Desember 2020: Pangeran Harry dan Meghan Markle Luncurkan Podcast Perdana, Archewell Audio

(Foto: Courtesy of @spotifypodcasts)
(Foto: Courtesy of @spotifypodcasts)

Benua berbeda dengan inisiatif yang sama menariknya, Pangeran Harry dan Meghan Markle meluncurkan sebuah acara podcast bertajuk Archewell Audio melalui klip berdurasi dua menit yang memperkenalkan suara di balik mikrofon (tentu sudah sangat tidak asing terdengar) serta ragam konten yang akan mengisi podcast pasangan Sussex pada 15 Desember 2020. Meski konten inti dari podcast ini baru akan diluncurkan pada 2021 mendatang, Harry dan Meghan pun merancang sebuah konten spesial liburan yang telah dipublikasikan pada 29 Desember 2020.

(Penulis: Vanessa Masli)