Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

40 Lamaran Paling Ikonis di Film-Film Favorit Sepanjang Masa

Mulai dari Pride to Prejudice hingga The Notebook.

40 Lamaran Paling Ikonis di Film-Film Favorit Sepanjang Masa

Film telah memberikan inspirasi atas gestur romantis dan proklamasi cinta yang romantis. Mereka menentukan standar yang harus diharapkan Anda dapatkan dari pasangan. Mulai momen dramatis di Empire State Building hingga momen-momen intim dengan lilin, lamaran-lamaran ini adalah lamaran paling romantis sepanjang sejarah layar lebar. Persiapkan rangkaian kisah penuh haru.

Pride and Prejudice (1940)

Sejak Pride and Prejudice ditulis oleh Jane Austen, para penggemar novel dan adaptasi dalam film tersebut jatuh cinta kepada hubungan Mr. Darcy dan Elizabeth Bennett. Adegan ikonis ketika Darcy menyatakan cintanya kepada Miss Bennett, di saat yang sama juga menghina, telah diperankan oleh banyak aktor, tetapi tidak ada yang lebih berkesan dari Laurence Olivier 1940.

Coming to America (1988)

Coming to America adalah kisah klasik yang mempertemukan seorang laki-laki dan perempuan, keduanya jatuh cinta, dan sang perempuan mendapati bahwa orang yang ia cintai adalah seorang pangeran. Tidak ada yang lebih romantis dari karakter yang diperankan oleh Eddie Murphy menemukan kekasihnya, Lisa di kereta bawah tanah untuk mengungkapkan cinta dan meninggalkan gelarnya.

A Walk to Remember (2002)

Terlepas dari kisah cinta mereka yang intens sepanjang film, adegan ketika Landon Carter melamar Jamie Sullivan menjadi yang paling romantis. Keduanya menghabiskan momen bersama ditemani langit malam, memandang komet melalui teleskop sebelum Landon melamar sang kekasih.

Sabrina (1954)

Setelah menikmati satu malam bersama Sabrina Fairchild, David Larrabee siap untuk melamarnya. Faktanya, setelah satu dansa bersama, ia langsung mengakhiri pertunangannya dengan perempuan lain.

Little Women (1994)

Mungkin salah satu lamaran yang paling menyayat hati ketika Jo March menolak Laurie dalam film Little Women. Namun, jangan merasa sedih untuk keduanya, karena akhirnya pun keduanya bahagia. Laurie menikahi adik perempuan Jo, Amy, sedangkan Jo menemukan kebahagiaan bersama dengan Profesor Bhaer.

Love Actually (2003)

Mencari cinta sejatinya adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan semua penduduk kota ini berhasil menjadi salah satu adegan paling manis dalam film Love Actually. Karakter Colin Firth mengambil kesempatan untuk melamar Aurelia di sebuah restoran tempat ia bekerja di Portugal, di depan keluarga dan teman-temannya.

An Affair to Remember (1957)


Keduanya menjalin hubungan masing-masing, tetapi jatuh cinta dalam sebuah kapal yang berlayar menuju New York, Terry McKay dan Nick Ferrante menghadirkan lamaran yang berbeda. Keduanya berjanji untuk bertemu di Empire State Building dalam waktu enam bulan jika mereka masih saling mencintai. Adegan tersebut menjadi salah satu momen paling dramatis sepanjang sejarah.

The Wedding Singer (1998)

Catatan bagi diri: Jika Anda ingin mendapatkan seseorang kembali, nyanyikanlah lagu bagi mereka melalui pengeras suara di pesawat. Setidaknya, itulah yang dilakukan Robbie Hart (Adam Sandler) untuk memenangkan kembali hati Julia Sullivan (Drew Barrymore).

Sweet Home Alabama (2002)

Impian semua perempuan untuk menikmati gerai Tiffany & Co. seorang diri, kemudian mendapati seseorang seperti Patrick Dempsey untuk melamar Anda. Melanie Carmichael (Reese Witherspoon) menikmati fantasi tersebut dan ekspektasi kita semua tidak akan pernah sama.

Sweet Home Alabama…Lagi (2002)

Siapa mengira bahwa lamaran romantis dapat terjadi antara anak-anak enam tahun? Sweet Home Alabama menghadirkan kembali janji semasa kecil yang membuat Melanie sadar atas kesalahannya dan kembali ke pelukan Jake (Josh Lucas).

Funny Girl (1968)

Setelah meninggalkan perannya dengan Ziegfeld Follies, Fanny Brice bergabung dengan cinta sejatinya, Nick Arnstein, berlayar dengan sebuah kapal. Saat itulah, mereka memutuskan untuk menikah ketika kembali ke New York. Lamaran tersebut romantis dan manis, serta tidak ada yang lucu tentang hal tersebut.

Crazy Rich Asians (2018)

Banyak hal yang membuat Rachel Chu harus kembali ke New York tanpa kekasih, Nick Young. Namun, akhirnya cincin batu zamrud, alias restu sang ibu, yang menyatukan keduanya dan memberikan kita, lagi-lagi, lamaran di pesawat terbaik dalam catatan sejarah.

Pretty Woman (1990)

Siapa yang tidak ingin melihat ke luar jendela dan mendapati Richard Gere keluar dari limosin? Setelah menyadari kemungkinannya ia kehilangan Vivian Ward (Julia Roberts), karakter yang diperankan Richard tiba di apartment Vivian dengan bunga dan cincin untuk kembali memenangkan hatinya.

While You Were Sleeping (1995)

Setelah banyak kegagalan dalam sebuah film komedi romantis, While You Were Sleeping menjadi salah satu lamaran film terbaik sepanjang masa. Cukup meluncurkan cincin melalui slot koin di stasiun kereta tempat Lucy bekerja, Jack mengungkapkan bawah ia juga membawa seluruh keluarga untuk melamar sang pujaan hati.

Jerry Maguire (1996)

Meski adegan klasik you had me at hello yang membuat orang-orang tertarik dengan Jerry Maguire, adegan lamarannya tidak dapat diabaikan. Meski, harus diakui, lamarannya sedikit anti klimaks dibandingkan adegan untuk membuat Dorothy (Renée Zellweger) tidak pindah keluar.

Walk the Line (2005)

Johnny Cash dan June Carter memiliki kisah cinta dalam kehidupan nyata sehingga Reese Witherspoon dan Joaquin Phoenix menghidupkan kembali dalam film Walk the Line. Tidak ada adegan yang lebih baik dibandingkan ketika Johnny melamar June di atas panggung dan di hadapan tujuh ribu orang.

Night School (2018)

Dengarkan semuanya. Jangan mengikuti lamaran ini, karena besar kemungkinannya untuk berubah menjadi sebuah bencana. Selain kesalahan itu, ide Teddy Walker (Kevin Hart) untuk lamarannya dalam film Night School tetap manis, hanya berbahaya.

Notting Hill (1999)


Setelah putus cinta, Will (Hugh Grant) yang semula dipatahkan hatinya hampir tidak ingin memberikan kesempatan kedua bagi Anna Scott. Responnya? “Ketenaran bukanlah sesuatu yang nyata. Jangan lupa, saya juga seorang perempuan, berdiri di depan laki-laki, meminta sang laki-laki untuk mencintainya.” Trik tersebut berhasil.

A Star Is Born (2018)

Meski banyak momen mengharukan dalam A Star Is Born, lamaran dengan cincin terbuat dari senar gitar dan momen romantis antara Ally dan Jack menjadi salah satu momen yang paling kami sukai sepanjang masa.

Stepmom (1999)

Dalam film romantis komedi lain yang juga diperankan oleh Julia Roberts, karakternya dalam film Stepmom dibangunkan dengan lamaran di tempat tidur oleh kekasihnya (Ed Harris). Perlu diingat, ini adalah awal perjalanannya sebagai seorang ibu tiri.

Meet the Parents (2000)

Bukan pengejaan anak-anak ini yang merusak lamaran karakter yang diperankan Ben Stiller dalam Meet the Parents, tetapi menyadari dirinya harus meminta restu ayah mertuanya sebelum melamar. Kami menyukai lamarannya di akhir, tetapi ada sesuatu yang manis mengenai rencana awalnya.

Serendipity (2001)

Setiap pengantin perempuan yang pernah dilamar menggunakan nesting dolls dalam berterima kasih kepada Serendipity. Mulai dari kelopak bunga yang tersebar dari pintu hingga ruangan dengan nyala lilin, lamaran dalam film ini berhasil menaikkan standar romantisme.

The Wedding Planner (2001)

Bukan sebuah lamaran yang Anda ingin terjadi, tetapi ketika Massimo melamar Mary (Jennifer Lopez) dengan meletakkan cincin di dalam sebuah rumah boneka, kami hampir meleleh.

My Big Fat Greek Wedding (2002)

Dalam film My Big Fat Greek Wedding, Ian menanyakan pertanyaannya tanpa basa-basi, “Saya tidak tahu bagaimana mengatakannya, tetapi maukah Anda menikah dengan saya?” Kemudian dijawab oleh Tula dengan, “ya”. Pernikahannya, di sisi lain, sedikit berlebihan.

When Harry Met Sally (1989)

Membuktikan bahwa laki-laki dan perempuan tidak bisa hanya menjadi teman, Harry melamar sahabatnya, Sally dengan cara yang paling menakjubkan dan penuh cinta, tepat di tengah malam perayaan Tahun Baru. Untuk memperjelas, bukan karena dilakukan pada Malam Tahun Baru, momen ketika Anda menyadari bahwa Anda ingin menghabiskan sisa hidup Anda dengan seseorang yang dicintai, serta ingin segera memulainya secepat mungkin.”

The Notebook (2004)

Ketika meyakinkan kekasihnya untuk mendengarkan hatinya, Noah memohon kepada Allie untuk mengatakan kepadanya, apa yang diinginkan Allie. Adegan klasik yang dinobatkan sebagai salah satu momen paling romantis.

Last Holiday (2006)

Salah satu lamaran paling manis dimulai dari pebisnis yang ingin bunuh diri. Ketika Georgia Bird (Queen Latifah) berusaha meyakinkan Matthew Kramer (Timothy Hutton), yang mabuk, untuk turun dari atap, sosok yang sudah lama Georgia sukai tiba-tiba menyatakan cinta dan melamarnya. Beruntungnya, Matthew berhasil diamankan dan Georgia mengatakan ya. Semua baik.

Enchanted (2007)

Ketika pasangan dalam sebuah film komedi romantis akhirnya bersama, terkadang mereka meninggalkan pasangan sebelumnya. Dalam film Enchanted, kedua karakter yang ditolak adalah Pangeran Edward (James Marsden) dan Nancy Tremaine (Idina Menzel). Namun keduanya memilih untuk memulai lembaran baru ketika Pangeran Edward melamar perancang busana, Nancy dengan sepatu kaca dan keduanya hidup bahagia sepanjang masa.

Think Like a Man (2012)

Meski Kristen (Gabrielle Union) selalu berpikir layaknya seorang laki-laki, Jeremy (Jerry Ferrara) kemudian memberanikan diri dan melamar sang pujaan hati ketika ia menyadari bahwa Jeremy tidak ingin kehilangan Kristen.

Sex and the City (2008)

Siapa perempuan yang tidak ingin dilamar dengan sepasang sepatu Manolo Blahniks? Para pria, catat baik-baik: Mr.Big kembali melamar Carrie Bradshaw dalam lemari baju yang dibangun khusus untuk sang pujaan hati, bersama dengan sepatu impiannya.

Made of Honor (2008)

Bukan hal yang biasa jika Anda melamar seseorang ketika berada di altar, tetapi setidaknya Tom tidak muncul setelah Hannah mengucapkan ‘Saya bersedia’ ketika ia menghentikan pernikahan Hannah di Skotlandia. Semua adil dalam cinta dan peperangan, tampaknya.

27 Dresses (2008)

Berkat pengantin perempuan yang sangat dermawan, Jane (Katherine Heigl) dapat mengungkapkan perasaannya kepada Malcolm (James Marsden) dalam sebuah gestur luar biasa di sebuah pernikahan. Film ini kemudian menampilkan pernikahan mereka di pantai, jadi kami menyimpulkan bahwa Malcom menerima gestur tersebut.

Bride Wars (2009)

Karakter yang diperankan Anne Hathaway, Emma, adalah kekasih yang ramah dan sederhana. Itulah alasan sang kekasih memilih untuk melamarnya di rumah dengan menyembunyikan cincin dalam kue keberuntungan.

Bride Wars…Lagi (2009)

Tentu, lamaran Liv di Bride Wars bukanlah yang sempurna, ia menemukan cincin beberapa minggu sebelum lamaran dan mengonfrontasikannya di tempat kerja. Sebuah gambaran tepat akan hubungan mereka dan terbukti unik, serta manis adanya.

The Proposal (2009)

Lamaran pertama adalah mengikat janji pernikahan kontrak untuk izin tinggal dan tidak benar-benar romantis. Namun, setelah benar-benar jatuh cinta, Andrew (Ryan Reynolds) memperbaikinya dengan pernyataan cinta kepata Margaret (Sandra Bullock) di kantor tempat mereka bertemu.

He’s Just Not That Into You (2009)

Setelah berkencan dengan Neil (Ben Affleck) selama bertahun-tahun tanpa ada tanda pertunangan, Beth meninggalkan dia. Namun, setelah kembali bersama, Neil sadar bahwa dirinya tidak dapat hidup tanpa sang kekasih dan melamarnya ketika mereka tinggal bersama.

Leap Year (2010)

Declan (Matthew Goode) menghabiskan hari-hari membantu Anna (Amy Adams) mencari kekasihnya di Irlandia sehingga ia dapat melamar pada Leap Day. Namun, ketika saatnya untuk berpisah, mereka tidak dapat melakukannya dan kemudian, Anda dapat menebak akhirnya.

The Time Traveler’s Wife (2009)

Bangun dengan cincin berlian melingkari jari manis? Bukan pagi yang buruk. Dalam lamaran yang sederhana dan manis, Henry DeTamble meminta Clare untuk menikahinya, terlepas dari kendala hubungan mereka, alias kemampuannya menjelajahi waktu.

Jumping the Broom (2011)

Jason (Laz Alonso) memberikan lamaran klasik dalam film Jumping the Broom ketika ia meminta Sabrina (Paula Patton) untuk menikah dengannya. Pertama-tama, ia mengatakan kepada bahwa ia tidak ingin menjalin hubunga jarak jauh ketika Sabrina bekerja di tempat barunya, kemudian sebuah grup orkestra menyenandungkan lagu baginya dan Jason pun menanyakan pertanyaan tersebut.

Because I Said So (2007)

Meski, Anda tidak benar-benar melihat lamaran yang terjadi dalam film Because I Said So, akhir bahagia yaitu pernikahan Daphne (Diane Keaton) adalah titik puncak film ini.

(Penulis: Charlotte Chilton; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)