Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Destinasi Kuliner Bali: Restaurant Nusantara Kembali Dibuka untuk Menjamu Anda

Manjakan lidah dengan rangkuman cita rasa eksotis kuliner Indonesia.

Destinasi Kuliner Bali: Restaurant Nusantara Kembali Dibuka untuk Menjamu Anda

Siapa yang rindu dengan Restoran Nusantara di Ubud? Jika Anda salah satunya, maka segera bersiap untuk reservasi sebab restoran bagian dari grup Locavore ini sudah dibuka kembali sejak 18 Desember yang lalu. Meski demikian, pembukaan ini masih terbatas untuk makan malam, mulai dari jam 18.00.

Menu Nusantara baru akan meliputi hidangan favorit lama dan baru. Beberapa menu baru yang disajikan meliputi Keong Sawah dari Payangan, Bali, atau Naniura dari Toba, Sumatra Utara. Nusantara juga mempersiapkan set menu baru yang terinspirasi dari sejarah etno-kuliner Indonesia yang diberi nama Taste the Forgotten Craft. Makanan-makanan ini disajikan dengan gaya kekeluargaan (beberapa dari Anda mungkin lebih familier dengan istilah “makan tengah”).

Naniura, Sate Rembiga, dan Ayam Palumara

Meski demikian, ada beberapa hidangan yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung kemari. Anda dapat memulai “petualangan Nusantara” dengan Nusantara Snack Wheel, yaitu sebuah platter yang berisi banyak kudapan dengan cita rasa beragam. Staf restoran akan membagikan selembar kertas yang menjelaskan cara terbaik menikmati hidangan tersebut. Ada pula Cumi Hitam dari Pekalongan yang menjadi bagian menu appetizer yang harus Anda coba. Jangan bayangkan warnanya jika tidak suka, namun campurkan dengan nasi putih panas (atau Anda dapat memilih nasi kencur atau nasi daun jeruk) kemudian nikmati kelezatannya di dalam mulut. 

Cumi Hitam

Memasuki main course, pastikan Sate Rembiga khas Lombok masuk ke dalam daftar pesanan Anda. Kombinasi daging sapi dan gajihnya akan membuat Anda terbuai. Kemudian, salah satu favorit Bazaar saat mencoba menu dari Nusantara adalah Ayam Palumara, yang merupakan hidangan khas Makassar. Rasanya sedap dan segar, sebab menggunakan campuran bahan-bahan seperti serai, cabai, gula aren, tomat, ketumbar, dan asam. 

Selama beberapa bulan terakhir ini, Chef Putu, Wayan, dan kru Nusantara telah membawa showcase masakan Indonesia kreasi khas restoran ini lewat konsep pop-up baik di Bali maupun di luar pulau tersebut. Restaurant Nusantara bermula di tahun 2017 dan berada dalam naungan grup yang sama dengan Locavore Restaurant. Konsep utama restoran yang menjadi pembeda dengan restoran lainnya masih dipegang teguh hingga saat ini, seperti sourcing bahan setempat yang baik, eksplorasi teknik memasak, dan penggalian resep moyang masakan daerah Indonesia untuk diperkenalkan ke pengunjung Nusantara.

 

Restaurant Nusantara

Jl. Dewisita No.09C, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Keterangan menu klik di tautan ini.

 

(Foto: Courtesy of Restaurant Nusantara)