Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Serial Netflix Bridgerton Menampilkan 7.500 Potong Kostum yang Spektakuler

Kostum desainer Ellen Mijornick memberikan penjelasan tentang upaya besar menghidupkan serial terbarunya di Netflix.

Serial Netflix Bridgerton Menampilkan 7.500 Potong Kostum yang Spektakuler
Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix

Seri Bridgerton bukanlah prestasi yang kecil. Shonda Rhimes memberikan segala kemewahan yang tersaji di seri Netflix debutnya, sebuah karya yang berlatar belakang di tahun 1813, Regency England, lengkap dengan nuansa kerajaan, istana yang menjulang tinggi, pesta-pesta formal, dan praktik menemukan pendamping hidup yang rumit. Sebuah ansambel besar menghidupkan kerumitan perjalanan series ini dengan drama yang Rhimes ciptakan agar penonton tetap terpikat saat menontonnya. Jadi bagaimana seseorang mendandani mereka semua dengan pakaian abad ke-19 yang dekaden dan indah? “Tantangan sebenarnya adalah, bagaimana Anda menciptakan dunia ini, secara logistik dan dalam realitasnya” desainer kostum Ellen Mijornick menjelaskan pada BAZAAR.com. 

Apa yang membantu memudahkan proses tersebut adalah memiliki hubungan koneksi dan menjadi "cocok secara estetika" dengan Shondaland. “(Dengan) sesuatu sebesar ini, sungguh memudahkan untuk menjalani tantangan yang ada dalam seri ini, mengetahui bahwa kita berada di halaman yang sama,” kata Mijornick. Tim kostum dan perusahaan produksinya bekerja sama untuk mengkurasi barang apa yang dibutuhkan, apa yang sedang dalam proses pembuatan, dan bagaimana barang itu akan dibuat. 

Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix

Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix

Bagi Mijornick, tantangan yang ia hadapi bukan hanya ukuran pemerannya saja, melainkan kedalaman cerita yang ada di seri ini. Hanya dalam delapan episode, akan ada sepuluh pesta, yang membutuhkan banyak gaun, tiara, dan jas berekor. “Walaupun seri ini adalah cerita fiksi di tahun 1813, masih ada kebenaran dasarnya. Artinya para gadis banyak berganti pakaian, "katanya." Mereka mengenakan gaun yang berbeda untuk setiap pesta, selain dari jumlah gaun yang akan berlangsung dari pagi sampai makan malam. Jadi kami tahu secara kasar bahwa ini akan menjadi usaha yang sangat besar.” 

Produk akhirnya adalah sebuah lemari pakaian yang megah dan mewah yang penuh dengan gaun empire waist dengan warna pastel manis dengan sulaman halus; gaun malam dengan hiasan berkilau; sentuhan renda menggoda dengan lengan puff tipis dan detail pita; perhiasan kerajaan dengan pola brokat; dan banyak sekali permata. 

“Kami mempekerjakan banyak orang dan hasilnya luar biasa,” kata Mijornick. 

Di sini, ia menumpahkan kostum Bridgerton. Ada sekitar 7.500 potongan kostum. 

Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix
Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix

“Pada dasarnya, semuanya, termasuk lemari utama kami, ada potongan kostum yang setara dengan total 7.500-an,” Mijornick memberitahu BAZAAR. Angka tersebut mengacu pada item individu dan bukan pakaian lengkap, seperti beberapa overlay yang membentuk satu gaun, atau sepotong pakaian luar. “Ini seperti memasak,” dia menjelaskan. "Anda harus memiliki bahan-bahan untuk membuat kostum yang diperlukan." 

Tetap saja, jumlahnya mengejutkan. Mijornick percaya ada sekitar seribu keping material untuk karakter utama saja, menghitung barang seperti jubah, pakaian dalam, dan sebagainya. Wanita terkemuka Daphne Bridgerton, yang diperankan oleh Phoebe Dynevor, mengalami 104 kali pergantian kostum dalam seri ini. 

Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix
Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix

Tim Mijornick mempekerjakan lima pemotong pola dan pembuat kostum untuk peran utama, serta dua penjahit. “Semuanya pada dasarnya dipesan lebih dahulu, dan begitu banyak sulaman tangan, manik-manik, maksud saya, ini adalah pertunjukan yang sangat berkilauan,” katanya.

Untuk background wardrobe, tim harus membuat rumah kostum sendiri dengan pakaian dari perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia, antara lain Angel Costume Company di Inggris, Peris Costume Company di Spanyol, Tirelli Costumi di Italia, dan bahkan beberapa pabrikan di New York. Mereka menggunakan stok ini untuk mendandani karakter pendukung dan pemain sekunder.

Jangan lupakan kilauannya. Perhiasan bersumber dari dealer di New York, Italia, dan Inggris. Seorang pengrajin dan perancang perhiasan, Lorenzo Mancianti, juga berada di tim yang membuat karya sepanjang pertunjukan. Tiara bersumber dari Italia dan Inggris, ada juga tiara yang berasal dari Arsip Swarovski. 

“Saya telah melakukan pekerjaan ini sejak lama dan saya tidak pernah (melihat) yang seperti ini,” kata Mijornick. “Saya kira ini sama dengan kembali ke masa Ben Hur dan Cleopatra, tapi sekarang kita berada di Regency England dan jumlahnya sama besar.”

Mijornick dan timnya memberikan sentuhan modern pada pakaian Regency

Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix
Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix

Busana yang ditampilkan di seri Bridgerton adalah interpretasi dari apa yang akan dikenakan orang pada saat itu, tetapi dengan peningkatan dan sentuhan kontemporer. Misalnya, keluarga Featherington mengenakan motif bunga dengan warna pink cerah, kuning, dan oranye, yang terasa lebih tahun 2020-an daripada 1810-an. Dan hiasan permata yang berat pada gaun itu lebih mewah daripada yang seharusnya dalam periode waktu yang sebenarnya. 

Mijornick ingin melapisi tampilan era Regency  “dengan sedikit sensibilitas modern, menjadikannya aspiratif, menarik, dan dengan lapisan yang sebenarnya akan sangat imajinatif”. 

Ia menyimpulkannya dengan analogi yang bisa diterima. “Jika Anda membuka majalah Harper's BAZAAR Desember 150 tahun yang lalu, atau seratus tahun yang lalu, itu akan menjadi kusam, akan memudar, halaman-halamannya bisa menguning, dan itu mungkin agak compang-camping, bukan?” dia berkata. “Tapi saat Anda membuka Harper's BAZAAR hari ini, itu tajam, jelas, bernuansa, intens atau pucat atau bagaimana perasaan fotografer tentang subjek yang sedang difoto. Ini kaya dan saat ini dan bersih, bukan? Ini adalah hal yang sama melakukan pertunjukan yang diresapi Regency zaman sekarang, sebagai lawan mereplikasi ketepatan periode. " 

Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix
Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix

Tujuan pertunjukan itu bukan untuk membuat akun yang akurat secara historis. Ada beberapa mode tahun 1810-an yang "menerjemahkan dengan indah" untuk para penonton tahun 2020, Mijornick mengakui, tetapi sisanya ditingkatkan untuk pertunjukan tersebut. "Kami telah meningkatkan jumlah kilauan, meningkatkan jumlah warna, meningkatkan hiasan berlebihan. Kami telah melakukan hal-hal yang sebenarnya dapat sedikit lebih berkaitan dengan sudut pandang hari ini.” 

Yang juga membuat pertunjukan lebih modern dan menarik adalah pemerannya yang beragam, yang merepresentasikan dalam genre yang secara historis kaum ras kulit putih. Peran bangsawan seperti Ratu Charlotte (Golda Rosheuvel), Duke of Hastings (Regé-Jean Page), dan Lady Danbury (Adjoa Andoh), dan anggota lainnya dimainkan oleh aktor kulit hitam. Dan dalam hal gaya, beberapa aktor mengenakan gaya rambut hitam alami dengan kostum Regency mereka. Departemen kostum bekerja sama dengan tim rambut dan tata rias agar gaya rambut ini bersinar di layar. 

“Konsep keseluruhan untuk dunia Bridgerton memungkinkan pendekatan yang tidak konvensional pada hampir semua hal,” kata Mijornick. “Pembicaraan pertama kami tentang desain karakter selalu mencakup rambut dan riasan. Setelah mempelajari buku, kami mendiskusikan ke arah desain, semua orang menafsirkan referensi sejarah ke dalam 'norma baru' untuk seri tersebut. Para penata rambut dan tata rias berada di halaman yang sama dan mengikutinya."

Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix
Foto: Courtesy of Liam Daniel/Netflix

Sekarang, tentang korset itu… 

Pembuat korset terkenal oleh Mr. Pearl berada di balik pakaian dalam yang memeluk tubuh di acara tersebut. “(Tidak ada) dua tubuh yang sama. Jadi jika ada dada atau bentuk, bahkan di bagian atas tubuh yang harus disesuaikan dengan kostum, dia tahu bagaimana membuat struktur itu untuk bisa memberikan lekukan terbaik, "kata Mijornick tentang apa yang membuat Mr Gaya Mutiara unik. "Gaun itu tidak akan menutupi tubuh jika tidak ada struktur di bawahnya." 

Seri tersebut menjadikan contoh tentang betapa tidak nyamannya penggunaan korset pada saat itu. Wanita terengah-engah saat tali ditarik keluar; ada juga yang merasakan gesekan panas di sekitar tepi pakaian mereka. Seberapa nyamankah itu? atau bagi para aktor yang mengenakan pakaian itu dalam kehidupan nyata? 

“Saya tidak berpikir kenyamanan datang ke dalam percakapan,” Mijornick tertawa. “Kami mencoba membuatnya senyaman mungkin, tetapi tidak senyaman mengenakan bra olahraga yang memang tidak mungkin.” 

Namun, mereka kebanyakan menggunakan korset yang dibuat hanya setengah saja, korset itu membentang ke atas tulang rusuk, daripada korset seluruh tubuh, yang memanjang ke pinggang dan terasa lebih membatasi pergerakan. Hal yang tetap mencerminkan periode latar belakang waktu adalah bagian atas korset ini, “Jadi korsetnya dibuat sedemikian rupa sehingga ada push-up dan efek mekar di bagian atas garis leher,” kata Mijornick. 

Seluruh aktor hanya harus terbiasa memakai pakaian dalam yang berbeda. “Tapi sebagai hasil akhirnya, mereka memakainya dengan keanggunan seperti yang terlihat seharusnya,” tambah Mijornick. "Pakaian yang ada di seri ini, menurut saya, jauh lebih nyaman dari pada yang pernah mereka pikirkan."

Wawancara ini telah diedit dan diringkas untuk kejelasan.

(Penulis: Erica Gonzales; Alih Bahasa: Nursifaa Azzara; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)