Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Nougat: Alasan Anda Perlu Menonton Film Pendek Karya Dian Sastrowardoyo

Jadi bagian dari film omnibus bertajuk Quarantine Tales.

Nougat: Alasan Anda Perlu Menonton Film Pendek Karya Dian Sastrowardoyo
(Foto: Courtesy of @therealdisastr)

Apa yang paling Anda rindukan selama masa pandemi? Siapa orang yang paling Anda rindukan dan ingin cepat-cepat ditemui ketika semua pembatasan ini berakhir? Mungkin yang terlintas di benak kita semua adalah orang tua dan sahabat, tetapi ada beberapa orang yang kerap kita nomorduakan yaitu saudara kandung.

Dinamika hubungan antara saudara kandung inilah yang kemudian menjadi inspirasi aktris dan kini melebarkan sayapnya sebagai sutradara, Dian Sastrowardoyo dalam sebuah film pendek yang ia beri judul Nougat. Film pendek ini sendiri merupakan bagian dari film omnibus keluaran BASE Entertainment bertajuk Quarantine Tales yang mengisahkan berbagai hal yang terjadi di masa pandemi. Tentunya, mengangkat kisah yang kita alami selama hampir satu tahun berada di bawah krisis kesehatan global ini.

Mulai dari menghabiskan waktu ditemani media sosial hingga menemukan hobi baru, kisah-kisah yang mungkin dekat dengan (atau bahkan dialami) kita di masa pandemi, dan kerinduan akan saudara-saudara kandung mungkin menjadi perasaan yang sebelumnya tidak pernah Anda sadari. Itulah salah satu alasan Anda perlu menyaksikan film pendek Nougat, serta beberapa alasan lainnya di bawah ini.

Proyek perdana Dian Sastrowardoyo sebagai sutradara (dan juga penulis).

(Foto: Courtesy of @therealdisastr)
(Foto: Courtesy of @therealdisastr)

Nama Dian Sastrowardoyo tidaklah asing di telinga sebagai seorang aktris dengan berbagai peran yang ia mainkan, mulai dari Cinta hingga Aruna. Sang aktris pun sudah mencicipi rasanya sebagai seorang produser ketika dilibatkan dalam film Guru-Guru Gokil yang rilis pada 17 Agustus 2020 di Netflix, turut menyemarakkan Hari Kemerdekaan (dengan upacara yang dilaksanakan di rumah masing-masing, tentunya).

Namun, ini menjadi kali pertama bagi Dian untuk menggarap sebuah film. “Ini kayak good exercise buat saya berlatih untuk menulis dan direct,” ungkap Dian ketika berbincang dengan Ria Lirungan, selaku editor-in-chief dari Harper’s Bazaar Indonesia dalam sesi Bazaar Live pada 22 Desember 2020 kemarin. “Sebelum ini [film Nougat], saat kita lagi pandemi, saya sempat mengambil course untuk menulis skrip selama tiga setengah bulan. Setelah itu, di-drill sekali sama BASE Entertainment dan akhirnya siap untuk maju syuting.”

Kisah keluarga dengan rasa es krim yang membuat Anda bernostalgia

Kecintaannya dengan drama keluarga menjadi dasar Dian untuk menuliskan kisah tiga saudara perempuan yang terpaut jarak dan mengandalkan koneksi internet serta gawai masing-masing untuk saling mengetahui kabar satu sama lain. Nama Nougat sendiri diambil dari salah satu varian dari kedai es krim legendaris, Ragusa. Dalam film tersebut, digambarkan bahwa kedai es krim tersebut menjadi ritual keluarga setiap santap malam bersama untuk menikmati es krim favorit sang ibu.

“Terkadang dalam hidup, we take for granted our siblings. Justru karena kita saudara, we tend to put them in last priority,” ungkap sang aktris. Jadi, menyaksikan film ini juga serasa bernostalgia dengan momen-momen masa kecil yang dapat mengobati kerinduan akan momen bersama saudara-saudara tercinta.

Melibatkan tiga aktris kawakan Tanah Air

(Foto: Courtesy of @therealdisastr)
(Foto: Courtesy of @therealdisastr)

Dalam film pendek perdananya ini, Dian menggandeng Adinia Wirasti, Marissa Anita, dan Faradina Mufti untuk memerankan ketiga tokoh dalam cerita yang juga Dian tulis sendiri. Adinia berperan sebagai Ajeng, tokoh utama yang merupakan anak kedua dari tiga bersaudara; Marissa Anita berperan sebagai Ubay, anak tertua, serta Faradina Mufti berperan sebagai Deno.

Sebelumnya, Faradina sempat bekerjasama dengan Dian ketika terlibat dalam film Guru-Guru Gokil, sedangkan Dian dan Adinia telah bekerjasama dan bersahabat sejak keduanya bergabung dalam film Ada Apa Dengan Cinta. Dalam film omnibus ini, Marissa Anita tidak hanya memerankan satu film pendek, melainkan dua dan salah satunya adalah film garapan Dian.

Nougat beserta empat film pendek lainnya dalam film omnibus Quarantine Tales ini resmi diluncurkan pada 18 Desember dan dapat Anda saksikan di situs resmi Bioskop Online. Jika Anda ingin tahu bagaimana pengalaman Dian menggarap film di tengah pandemi (dan berbagai protokol kesehatan yang mengikutinya), simak kembali video Bazaar Live Dian Sastrowardoyo dengan Ria Lirungan di akun Instagram Harper’s Bazaar Indonesia @bazaarindonesia sekarang juga!

(Penulis: Vanessa Masli)