Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lihat Tren Dekorasi Pernikahan yang Akan Diminati di Indonesia Tahun 2021 Menurut Sang Ahli

Khayalkini, salah satu event dan wedding decorator yang sedang naik daun di Jakarta membagikan pandangannya mengenai prediksi gaya dekorasi yang akan menjadi tren di tahun 2021.

Lihat Tren Dekorasi Pernikahan yang Akan Diminati di Indonesia Tahun 2021 Menurut Sang Ahli

Dengan hadirnya pandemi coronavirus yang melanda seluruh bagian dunia selama tahun 2020, tentu hal ini telah membuat banyak rencana yang kita buat terpaksa harus ditunda ataupun dirancang ulang agar dapat tetap terlaksana sesuai dengan kondisi yang sedang berlangsung. Dari sekian banyak sektor dalam kehidupan kita yang merasakan imbas nyata dari pandemi coronavirus, industri pernikahan pun tak luput terkena dampak yang luar biasa. Seperti yang diketahui, dengan diterapkannya kebijakan lockdown dan juga PSBB baik di negara-negara lain maupun di dalam Indonesia sendiri, hal ini telah membuat ruang gerak masyarakat dan tentunya Anda yang mungkin memiliki rencana untuk melangsungkan acara maupun resepsi pernikahan di tahun 2020 menjadi terbatas. 

Namun dengan berhasilnya ditemukan vaksin untuk virus corona, ini juga berarti membawa secercah harapan bagi masa-masa kelam yang dirasakan oleh sektor pernikahan. Untuk menyambut tahun 2021 yang (semoga) lebih baik dari tahun 2020, Bazaar pun berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu vendor pernikahan yang bergerak di bidang event dan wedding decorator, Khayalkini untuk berbagi mengenai pandangan serta prediksinya mengenai tren dekorasi pernikahan yang mungkin akan berjaya dan diminati di tahun 2021.

Diinisiasikan oleh dua sahabat, Stephanie Astari Haslim dan Taufik M. di tahun 2018 lalu, Khayalkini by Flora Lines merupakan event dan wedding decorator yang berbasis di Jakarta. Hadir dengan konsep yang tergolong unik dan berbeda dari kompetitornya, di Khayalkini Astari dan Taufik percaya bahwa setiap bunga itu indah dengan caranya masing-masing, membuat Astari yang memiliki latar belakang desain grafis dan desain floral serta Taufik dengan latar sales, marketing & PR berani untuk “bermain” lebih jauh dengan warna, bentuk-bentuk yang tidak biasa, dan bunga-bunga yang unik untuk mewujudkan ide dari sebuah "keindahan".

Selain kaya akan ide segar dan berani untuk mengeksplorasi hal-hal yang jarang dilakukan sebelumnya, Khayalkini yang namanya diambil dari dua bahasa berbeda yakni “Khayal” yang dalam bahasa Indonesia berarti imajinasi, dan “Kini” yang dalam bahasa Hawaii berarti berlimpah juga percaya bahwa komunikasi dan melibatkan klien dalam setiap proses mulai dari merancang desain hingga merangkainya menjadi wujud nyata adalah hal terpenting untuk menciptakan desain yang sesuai dengan selera serta keinginan para kliennya. 

“Di Khayalkini kami ingin klien kami menjadi seimajinatif mungkin dan kami siap untuk mengubah imajinasi Anda menjadi kenyataan,” ujar Astari dan Taufik kepada Bazaar

Tema warna dan jenis bunga yang akan menjadi tren di tahun 2021

(Foto: Courtesy of Instagram @khayalkini)
(Foto: Courtesy of Instagram @khayalkini)

Ketika berbincang mengenai tema warna serta jenis bunga yang akan menjadi tren di tahun 2021, Astari dan Taufik mengungkapkan bahwa jenis bunga anggrek tampaknya akan masih menjadi primadona di tahun 2021. "Kami melihat anggrek masih akan menjadi salah satu pilihan bunga yang populer di tahun 2021, apalagi dengan banyaknya warna-warna baru yang muncul untuk jenis bunga anggrek. Salah satu yang menjadi favorit orang-orang dan juga klien kami adalah dual-tone phalaenopsis. Yaitu dua warna berbeda pada satu anggrek. Untuk paduan warnanya ada yang pink dengan oranye, biru dengan kuning, dan sebagainya." 

Seated event akan menjadi pilihan favorit baru para pengantin?

(Foto: Courtesy of Instagram @khayalkini)
(Foto: Courtesy of Instagram @khayalkini)

Seperti yang kita ketahui, dengan hadirnya kebijakan PSBB hal ini tentunya telah membatasi ruang gerak masyarakat. Melihat kondisi ini, Khayalkini pun melihat adanya pergeseran model acara pernikahan. Jika sebelumnya banyak acara (terutama resepsi pernikahan) yang menerapkan konsep standing party, dengan hadirnya protokol keamanan Covid-19 yang juga harus selalu diterapkan ketika melangsungkan acara, hal ini membuat tak sedikit pasangan akhirnya memilih untuk mengadopsi konsep seated event. "Seated intimate wedding juga tampaknya akan masih menjadi pilihan utama para pengantin terutama di masa pandemi. Dan karena memilih konsep seated intimate wedding, biasanya para pasangan akhirnya akan lebih memfokuskan dekor dalam bagian ballroom saja."

Fresh flowers atau artificial flowers?

(Foto: Courtesy of Instagram @khayalkini)
(Foto: Courtesy of Instagram @khayalkini)

Ketika berbicara tentang preferensi dalam memilih dekorasi bunga apakah lebih baik bunga segar ataupun artificial, Astari dan Taufik berpendapat bahwa tidak ada yang lebih unggul, semua kembali kepada selera dan keinginan para klien. "Namun di Khayalkini, biasanya kami menggunakan fresh flowers terutama untuk rangkaian bunga yang diletakkan di tempat-tempat strategis seperti meja tamu dan meja bridal. Bagi kami, fresh flowers juga memiliki warna yang lebih saturated, natural dan juga lebih bertekstur. Yang (sayangnya) keunggulan-keunggulan ini tidak dimiliki oleh bunga artificial, sehingga dengan memilih fresh flowers ini akan membuat suatu rangkaian bunga lebih hidup dan lebih cantik."

Tips Khayalkini bagi Anda yang akan menyelenggarakan acara di tahun 2021

Mengakhiri perbincangan dengan Bazaar, Khayalkini pun membagikan sedikit tips bagi Anda yang berencana untuk menyelenggarakan acara di tahun 2021 terutama jika masih dalam masa pandemi. 

- Sadari bahwa menyelenggarakan acara di masa pandemi tidak akan bisa sama seperti sebelum pandemi merebak

"Penting bagi kita semua terutama Anda yang ingin melaksanakan pesta pernikahan atau acara di masa pandemi ini tidak bisa 100%, yang berarti bahwa cara pandang dan ekspektasi kita tidak akan bisa sama seperti sebelum masa pandemi. Menentukan jumlah tamu undangan yang akan hadir di acara Anda adalah salah satu adjustment yang harus dilakukan dalam melaksanakan pernikahan atau acara selama masa pandemi."

- Selalu ingat untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai standar

"Selain menyesuaikan ekspektasi saat merancang sebuah acara, mengingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan standar juga sangat amat penting untuk kebaikan bersama."

(Foto: Courtesy of Khayalkini, Instagram @khayalkini)