Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tak Hanya Mengatasi Jerawat, Ini Manfaat Lain Glycolid Acid!

Lebih dari sekadar mengobati jerawat, glycolid acid juga dapat mengatasi beberapa masalah kulit.

Tak Hanya Mengatasi Jerawat, Ini Manfaat Lain Glycolid Acid!

Glycolic acid atau asam glikolat adalah jenis asam yang tergolong ke dalam kelompok AHA atau Alpha Hydroxy Acids, dan sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Secara keseluruhan, asam glikolat memiliki kemampuan lebih dari sekadar mengobati jerawat. Bahan tersebut juga dapat mengatasi hiperpigmentasi, kusam, dan tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus dan kerutan. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kandungan skincare ini, baca terus sampai habis, ya!


Apa itu glycolic acid?


Glycolic acid merupakan salah satu jenis AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang diperoleh dari tebu. Dikutip dari laman Glamour, menurut Kenneth Howe, M.D., seorang dokter kulit di Wexler Dermatology di New York City, dibandingkan dengan jenis AHA lainnya, asam glikolat memiliki struktur yang paling sederhana dan ukuran molekul yang paling kecil, sehingga sangat mudah menembus kulit Anda dan dapat bekerja secara efektif. 


Manfaat glycolic acid untuk Kulit


Ada beberapa manfaat glycolic acid bagi kulit, antara lain:


1. Sebagai anti penuaan

Asam glikolat memiliki kemampuan untuk menembus lapisan epidermis kulit Anda secara mendalam untuk merangsang aktivitas sel, karena ukuran molekulnya kecil, sehingga dapat mengurangi tampilan keriput dan garis halus. 


2. Mengeksfoliasi kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, glycolic acid merupakan salah satu jenis AHA, maka tak heran jika kandungan ini memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit, sehingga kulit wajah kamu terlihat sehat dan cerah. 


3. Mengatasi jerawat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa glycolic acid dapat berfungsi sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membantu mengurangi jerawat. Lebih lanjut, dikutip dari Huffpost, menurut Dr. Melda Isaac, seorang dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Washington, D.C., menambahkan bahwa asam glikolat memiliki kemampuan untuk benar-benar meresap jauh ke dalam kulit dan melawan penyebab jerawat dari dalam. 

4. Melembutkan dan mencerahkan kulit

Kemampuannya untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, membuat kandungan ini dapat membuat tampilan kulit menjadi lebih lembut halus, serta dapat membantu mencerahkan warna kulit.


5. Menstimulasi produksi kolagen

Dikutip dari Healthline, tak hanya mampu meminimalisir tampilan keriput dan garis halus, kandungan ini juga dapat membantu melawan penuaan dini dengan cara menstimulasi produksi kolagen.


Efek samping penggunaan glycolic acid


Meski tergolong gentle, tetapi tidak semua orang cocok menggunakan asam glikolat. Beberapa orang mungkin akan mengalami reaksi seperti pembengkakan, rasa gatal, dan sensasi terbakar. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering atau sensitif, kandungan ini mungkin dapat mengiritasi kulit Anda. 

Tak hanya itu saja, penggunaan produk dengan kandungan asam glikolat dapat menyebabkan kulit sensitif terhadap matahari. Maka dari itu, penggunaan sunscreen sangat penting untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit, sehingga membantu mengurangi risiko paparan sinar matahari.


Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan glycolic acid


Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan produk yang mengandung glycolic acid, yaitu hindari penggunaan dua jenis acid secara bersamaan agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Selain itu, hindari juga kandungan ini apabila Anda sedang menggunakan obat-obatan untuk mengatasi jerawat, atau sedang melakukan perawatan untuk mengatasi hiperpigmentasi seperti microdermabrasion dan setelah melakukan waxing

(Foto Courtesy of kiuikson / 123rf)