Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Aktor Korea dengan Karakter Second Lead Syndrome Terbaik Sepanjang Masa

Dan salah satunya berhasil mendapat julukan “sad boy” karena kerap kali membuat para penonton turut patah hati.

Aktor Korea dengan Karakter Second Lead Syndrome Terbaik Sepanjang Masa

Sepanjang sejarah Anda menonton drama Korea, apakah Anda  setidaknya sekali atau dua kali (atau bahkan sering?)  terserang “demam” second lead syndrome?


Jika Anda belum familier dengan istilah second lead syndrome, ini merupakan sindrom di mana penonton lebih menyukai karakter pemeran pria kedua sekaligus dengan hubungannya dengan karakter wanita utama dibanding dengan karakter pria utama. Ya, seperti yang sekarang terjadi pada karakter Han Ji Pyeong yang diperankan Kim Seon Ho di drama Start-up.

Tapi, jika Anda pernah merasakan hal ini jauh sebelum #TimHanJiPyeong merebak, berikut Bazaar telah merangkum 11 aktor yang duduk di bangku pemeran pria kedua yang tentunya pernah membuat hati Anda sakit dengan kisah cinta mereka yang bertepuk sebelah tangan:

1. Won Bin - Autumn in My Heart (2000)


Mari kita mulai dari (mungkin) cikal bakal munculnya istilah second lead syndrome. Dan sosok pertama dalam daftar ini adalah aktor Won Bin yang berperan sebagai Han Tae Seok di drama Autumn in My Heart atau juga dikenal Endless Love yang tayang pada tahun 2000. Beradu peran dengan artis Song Hye Kyo dan Song Seung Heon, Won Bin terlibat cinta segitiga antara kedua pemeran utama yang sayangnya adalah sepasang kakak-adik. Walaupun tidak mungkin bersatu, Tae Seok yang selalu setia berada di sisi Eun Suh (Song Hye Kyo) terutama di masa-masa kelam Eun Suh saat berperang melawan leukimia nyatanya tetap tak bisa memenangkan hati Eun Suh hingga akhir hayatnya.

2. Kim Sung Soo - Full House (2004)


Bagi Anda yang menonton drama Full House, tentu tak akan bisa lupa bukan dengan karakter Yoo Min Hyuk yang diperankan oleh aktor Kim Sung Soo? Berperan sebagai seorang pria kaya raya yang juga merupakan sahabat dari pemeran utama pria yang diperankan oleh Rain, ia menemukan dirinya menyukai Ji Eun (Song Hye Kyo). Namun apa daya, ia pun harus merelakan Ji Eun yang dari awal sudah mencintai Lee Young Jae. 

3. Kim Hyun Joong - Boys Over Flowers (2009)


Menjadi salah satu drama terhits di masanya, Kim Hyun Joong yang berperan sebagai salah satu anggota dari F4 memiliki kepribadian yang tenang dan lembut, sehingga berhasil membuat Jan Di (Koo Hye Sun) nyaman berada di dekatnya. Namun tidak seperti Ji Hu yang lambat laun menyukai Jan Di, dirinya hanya menganggap Ji Hu sebagai teman.

4. Yoo Ah In - Sungkyunkwan Scandal (2010)


Karakter Yoo Ah In dalam drama Sungkyunkwan Scandal memang sempat mencuri perhatian (bahkan popularitasnya sempat menyaingi Park Yoochun sebagai pemeran utama pria). Digambarkan sebagai pria yang hangat dan selalu melindungi serta menjaga Yoon Hee (Park Min Young) yang bersekolah di sekolah khusus pria walaupun cintanya harus bertepuk sebelah tangan.

5. Jung Il Woo - Moon Embracing The Sun (2012)


Seolah tak cukup lahir dengan takdir menjadi anak selir dan saudara tiri dari Lee Hwon (diperankan oleh Kim Soo Hyun), ia pun harus rela dengan kenyataan bahwa cinta tak berbalas kepada Heo Yeon Woo (Han Ga In) karena Yeo Woon yang jatuh hati pada Lee Hwon. 

6. Kim Woo Bin - The Heirs (2013)


Ketika berbicara tentang pemeran utama pria kedua yang menghancurkan hati, kita tidak dapat mengabaikan Choi Young Do (Kim Woo Bin) dalam serial The Heirs. Meskipun caranya menyampaikan cintanya pada Cha Eun Sang ( Park Shin Hye) terlihat tidak biasa karena menggunakan “kekerasan”, namun Woo Bin tetap berhasil membuat kita jatuh cinta pada bocah nakal dengan bekas luka rahasia dalam hidupnya.

7. Yoo Yeon Seok - Reply 1994 (2013) & Mr. Sunshine (2018)


Berperan sebagai seorang atlet baseball kebanggaan seluruh mahasiswa dan juga indekos Sinchon, Chilbong (Yoo Yeon Seok) harus rela melepas cintanya kepada Na Jung (Go Ara) yang menaruh hati pada “kakak”nya, Sseureki. Walaupun secara terang-terangan sudah mengetahui isi hati Na Jung yang sayangnya bukan kepada dirinya, Chilbong tetap dengan setia selalu berada di sisi Na Jung dan tak pernah putus harapan pada perasaannya yang tulis untuk Na Jung. 


Seolah tak ingin melepaskan gelar “second lead” yang mengenaskan, lima tahun kemudian Yoo Yeon Seok kembali memerankan karakter Goo Dong Mae yang cintanya kembali tak terbalas dalam serial Mr. Sunshine karena latar belakang antara dirinya dengan pemeran utama wanita. Seolah tak cukup menyedihkan, ketika akhirnya ia membuka hati untuk wanita lain, Kudo Hina (Kim Min Jung), penonton kembali dibuat bersimpati dengan karakter Goo Dong Mae karena harus menyaksikan wanita yang ia cintai meninggal nahas di gedongannya. 

8. Ryu Jun Yeol - Reply 1988 (2015)


Karakter Kim Jung Hwan dari seri Reply 1988 (diperankan oleh Ryu Jun Yeol) tampaknya dapat dikatakan sebagai ikon second male lead sepanjang masa. Dari awal kita sudah dapat melihat bagaimana ia jatuh hati dengan teman masa kecil yang juga tetangganya, Sung Deok Seon (diperankan oleh Lee Hyeri) namun ia tak pernah memiliki keberanian untuk mengutarakan perasaanya. Pahitnya perjalanan cinta Jung Hwan tak sampai di situ saja, pada akhirnya ia memutuskan untuk mundur ketika ia menyadari bahwa teman masa kecilnya yang lain, Choi Taek (diperankan oleh Park Bo Gum) menaruh hati pada Deok Seon. Walaupun digambarkan sebagai sosok pengecut yang selalu tak berani mengutarakan perasaanya pada Deok Seon, kisah cintanya yang tidak egois berhasil menyentuh hati para  penonton.

9. Choi Siwon - She Was Pretty (2015)


Berperan sebagai Kim Shin Hyuk, salah satu senior feature editor di majalah The Most, Siwon yang memiliki jiwa bebas namun misterius ini adalah salah satu teman sekaligus atasan karakter pemeran wanita utama di drama She Was Pretty. Walaupun di awal drama tak terlihat Shin Hyuk menaruh hati pada Hye Jin (diperankan oleh Hwang Jung Eum), namun  akhirnya ia jatuh cinta padanya bahkan sebelum transformasi kecantikan Hye Jin. Dan walaupun akhirnya ia mengetahui hubungan Hye Jin dan Sung Joon (diperankan oleh Park Seo Joon), ia tetap menjalin relasi yang baik antara keduanya.

10. Ji Soo -  Cheer Up (2015), Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016), Strong Woman Do Bong Soon (2017), When I Was the Most Beautiful (2020)


Tampaknya gelar “sad boy” memang pantas diberikan kepada aktor Ji Soo, walaupun kerap kali (tepatnya empat kali) menjadi aktor yang mendapatkan peran second lead yang cintanya selalu bertepuk sebelah tangan, ia terlihat tak bosan membuat hati para penonton ikut bersedih. 

11. Kim Seon Ho - Start-Up (2020)


Menjadi aktor terkini yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan karena berhasil “menebar” sindrom second lead di kalangan pencinta drama Korea, terutama yang sedang mengikuti kisah perjalanan Dal Mi (diperankan oleh Bae Suzy), Do San (diperankan oleh Nam Joo Hyuk), dan Ji Pyeong (diperankan oleh Kim Seon Ho)  di drama Start-Up, Seon Ho berhasil mencuri hati banyak penonton karena sikapnya yang begitu lembut dan penyayang terutama jika berbicara tentang cinta pertamanya, Dal Mi. Akan menyelesaikan episode terakhirnya pada 7 Desember mendatang, mari kita lihat bagaimana akhir dari perjalanan kisah cinta Ji Pyeong kepada Dal Mi yang sayangnya tampaknya masih menaruh hati pada Do San?


Pemeran utama pria kedua mana yang menurut Anda memiliki kisah cinta paling memilukan?

Baca juga:

Mengenal 10 Hidangan Khas Korea yang Sering ada di K-Drama

Penuh Pesan Moral, Ini 10 K-Drama yang Harus Anda Tonton!

10 Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

(Foto: Courtesy of IMDb, KBS2, TvN, Harper's Bazaar Korea, Instagram @yoo_yeonseok, @jilwww)