Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Hotel di Indonesia Ini Terjamin Kebersihannya, Sebab Memiliki Akreditasi GBAC STAR

Tujuh hotel di antaranya merupakan bagian dari grup Hyatt

8 Hotel di Indonesia Ini Terjamin Kebersihannya, Sebab Memiliki Akreditasi GBAC STAR
Grand Hyatt Jakarta

Beragam cara dilakukan oleh penyedia layanan hospitality demi kenyamanan tamu-tamunya yang ingin singgah di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum usai. Selain menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan sesuai dengan program yang diusung oleh masing-masing brand, upaya lain yang dilakukan adalah melalui akreditasi dan salah satunya dari Global Biorisk Advisory Council (GBAC) STAR.


GBAC STAR merupakan bagian dari divisi ISSA, yakni sebuah asosiasi industri kebersihan dunia terkemuka yang berkomitmen untuk mempromosikan kebersihan sebagai investasi kesehatan pada manusia, lingkungan, dan situasi yang lebih baik. Tujuannya adalah untuk mengulurkan bantuan kepada organisasi dan bisnis untuk mempersiapkan, menanggapi, dan pulih dari krisis wabah, tak terkecuali Covid-19. Selain itu, GBAC STAR juga menyediakan layanan yang meliputi manajemen biorisiko, pelatihan program, langkah untuk menanggapi dan remediasi Forensic Restoration, pelatihan dan sertifikasi individu, serta konsultasi. Setiap properti harus melewati 20 elemen program supaya lulus akreditasinya, di antaranya adalah elemen komitmen, perencanaan, strategi, program kesehatan, dan waste management.


Properti di bawah naungan Hyatt di seluruh dunia menunjukkan komitmennya untuk ikut serta mendapatkan akreditasi gold standard dari GBAC STAR, termasuk hotel-hotel yang berada di wilayah Indonesia. Enam penginapan dari grup hotel terkemuka tersebut yang sudah mendapatkan sertifikasinya adalah Alila Solo, Alila Ubud, Andaz Bali, Grand Hyatt Bali, Hyatt Regency Bali, dan Hyatt Regency Yogyakarta.


Belum lama ini, Grand Hyatt Jakarta memperpanjang daftar pencapaian yang sama dan mencatatkan namanya sebagai properti Hyatt yang ketujuh di Tanah Air dengan label GBAC STAR. Hal ini semakin memantapkan posisinya sebagai hotel yang mengimplementasikan protokol kesehatan ketat, disinfeksi, dan pencegahan penyakit menular.


“Akreditasi GBAC merupakan pencapaian penting dalam hal kebersihan dan langkah ini merupakan bagian dari Hyatt’s Global Care and Cleanliness Commitment. Akreditasi ini selanjutnya akan membantu meningkatkan panduan operasional, sumber daya manusia, juga keamanan dan ketenangan para tamu. Ketika tamu kami siap untuk bepergian lagi, kami ingin memastikan bahwa mereka yakin dengan komitmen kami untuk mengutamakan safety dan well-being,” ujar Robert Dallimore, General Manager Grand Hyatt Jakarta. Ia juga menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian tersebut.

Daftar pencapaian tersebut masih mungkin akan terus bertambah mengingat bahwa hingga saat ini ada dua properti lain yang berkomitmen di program serupa. Keduanya adalah Alila SCBD Jakarta dan Alila Villas Uluwatu di Bali. Selain dari grup Hyatt, akreditasi gold standard GBAC STAR juga dimiliki oleh The Legian Seminyak Bali, resor bintang lima yang dipayungi oleh LHM Hotels.

Foto courtesy of www.hyatt.com, Instagram @grandhyattbali, @grandhyattjakarta, dan @thelegianbali