Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Aplikasi Tentang Makanan yang Wajib Anda Download

Jangan mengaku sebagai seorang pencinta makanan kalau belum memiliki lima aplikasi ini di ponsel pintar Anda.

5 Aplikasi Tentang Makanan yang Wajib Anda Download

Apakah Anda mencantumkan kata foodies atau food enthusiast pada deskripsi profil Instagram Anda? Jika ya, simak laporan Bazaar mengenai lima aplikasi yang dapat menguntungkan aktivitas kesukaan Anda!

1. Zomato


Banyak orang yang mengandalkan aplikasi ini ketika sedang berlibur ataupun ingin mencoba restoran baru. Tak hanya sekadar memberikan informasi operasi restoran, Zomato juga memuat detail tentang skedul live music, happy hours, gemerlap dunia malam dan juga acara yang sedang berlangsung di sekitar Anda.

Zomato dapat digunakan di 23 negara dan 10.000 kota. Melalui aplikasi ini Anda dapat melihat dan juga ikut memberikan ulasan pada 12.000 restoran yang terdaftar menjadi mitranya.

Setiap bulannya, Zomato dibaca lebih dari 90 juta orang di dunia, baik itu di smartphone ataupun website.

Apakah Anda salah satunya?

 

2. Chope


Seperti istilah yang sering diucapkan sehari-hari di Singapura untuk menandakan bahwa sebuah meja makan sudah ada yang menempati, aplikasi Chope mempunyai kelebihan selain melihat ulasan dari foodies lainnya. 

Melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan reservasi di berbagai restoran di Indonesia (Jakarta, Bali), Singapura, Malaysia, Cina (Shanghai, Beijing), dan Thailand (Bangkok, Phuket). Di Indonesia sendiri, Anda dapat melakukan reservasi hampir di 500 restoran.

Disebut sebagai real time restaurant-reservation, aplikasi yang dapat digunakan para pengguna iOS ini memiliki penawaran yang menggiurkan, seperti promo Happy Hour, di mana para penggunanya mendapatkan potongan harga pada jam-jam yang telah ditentukan. 

Lebih dari itu, Chope juga memiliki fitur Chope-Dollars. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mendapatkan potongan harga lebih banyak lagi sebelum membayar. 

Jangan khawatir, jika belum memiliki Chope-Dollars yang cukup, Anda dapat menggunakan Chope Voucher untuk mendapatkan potongan harga.

 

3. Club Alacarte


Untuk Anda yang memiliki gaya hidup urban, Club Alacarte merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan. Selain fitur dining, aplikasi ini juga memiliki program lifestyle dan retail.

Menyediakan berbagai macam penawaran eksklusif di setiap fiturnya, seperti treatment di salon, sesi olahraga di pusat kebugaran, dan juga promo buy one get one untuk bagian dining.

Namun, untuk menggunakan Club Alacarte, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar sebagai anggota Lite Membership ataupun Premium Membership dengan harga yang berbeda.

 

4. Qraved


Pertanyaan makan apa?, atau makan di mana? tentu Anda alami hampir setiap hari, dan kini jawabannya dapat Anda temukan di aplikasi Qraved.

Anda dapat menggunakan Qraved di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, hingga Medan.

Selain melihat review restoran, Anda juga dapat melakukan booking melalui salah satu fiturnya. Tak perlu bingung, saat Anda sudah menjadi anggota di Qraved, Anda dapat menggunakan journal untuk membantu mengerucuti pilihan makanan, dan juga fitur my list untuk menyimpan semua restoran favorit Anda.

Qraved juga memiliki reward system bernama Qraved points yang dapat Anda peroleh ketika melakukan proses booking lewat aplikasi ini. 

 

5. Yelp


Meski sebagian besar pengguna Yelp tinggal di Amerika Serikat, bukan berarti aplikasi ini jarang digunakan orang Indonesia, justru sebaliknya! Bagi Anda yang suka berpelesir, Yelp adalah aplikasi yang tepat untuk Anda unduh.

Tersedia dalam 18 bahasa yang berbeda, Yelp dapat Anda akses dari 30 negara, termasuk Eropa, Australia, Singapura, Jepang, hingga Hong Kong.

Seperti ungkapan "google it," aplikasi ini juga mendapatkan perlakuan yang sama dengan kalimat "yelp it".

Setiap bulannya, Yelp dikunjungi oleh 29.8 juta orang, dan banyak dari pemilik bisnis mengaku bahwa aplikasi ini memiliki dampak yang besar pada restorannya.

So, have you yelp it?


(Foto: dolgachovC123RF.com, courtesy of Instagram Zomato, Chope, Club Alacarte, Qraved, Yelp)