Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Alasan Mengapa Anda Mengalami Hangover Selama Dua Hari

Ada delapan kemungkinan penyebabnya.

Alasan Mengapa Anda Mengalami Hangover Selama Dua Hari

Ketika Anda bangun pagi setelah malam yang berat, hal pertama yang mungkin terlintas dalam pikiran Anda adalah, 'Berapa lama saya akan merasa seperti ini?' Biasanya, hangover hanya bertahan hingga pagi, umumnya berkurang setelah Anda sarapan dan paling lama bertahan 24 jam.

Tapi, terkadang, efek setelah minum-minum jauh melebihi perkiraan, seperti mabuk selama dua hari yang ditakuti yang membuat Anda sadar bahwa Anda tidak bisa mengatasi alkohol dengan cara yang sama seperti ketika Anda berusia 25 tahun.


Apa sebenarnya yang dimaksud dengan hangover?

"Obat mabuk agak kurang dipahami dari sudut pandang medis," ujar Fred Goggans, M.D., direktur medis McLean Borden Cottage McLean Hospital di Camden, Maine. Untuk sebagian besar, gejala dianggap sebagai bentuk penarikan jangka pendek dan cenderung terbatas waktu.

Hati Anda juga harus bekerja lembur untuk memproses alkohol. "Hati harus memecah alkohol menjadi acetaldehyde, yang beracun," kata Anne Boris, R.D., L.D.N., dari Northwestern Medicine Huntley Hospital. "Kemudian, memecah acetaldehyde menjadi asetat, yang tidak beracun." Jika seseorang minum terlalu banyak untuk tubuh mereka, atau jika hati mereka tidak bekerja secara efisien, tubuh tidak dapat mengubah acetaldehyde menjadi cukup cepat, itulah saat di mana hangover mulai terjadi.

Fred juga mengatakan bahwa kekuatan serta durasi hangover Anda tergantung dengan jumlah alkohol yang Anda konsumsi. Lebih dari itu? "Ada juga beberapa faktor lain yang berspekulasi untuk mempengaruhi intensitas dan durasi hangover," jelasnya.

Tapi mengapa beberapa kasus hangover bertahan dalam jumlah waktu yang wajar dan yang lainnya tidak?


1. Anda tidak minum air yang cukup

“Alkohol memiliki efek diuretik, minum berat dapat memaksimalkan itu,” kata Vincent Pedre, M.D., penulis Happy Gut. Minum dapat membuat Anda dehidrasi terlebih lagi jika Anda muntah atau menderita diare. Dan ini, di atas ketidakseimbangan mineral (dari masuknya minuman keras dan kehilangan cairan dan elektrolit), dapat memperlambat detoksifikasi tubuh Anda sendiri, ia menjelaskan.

Kurangi rasa sakit dengan tetap terhidrasi, bergantian setiap gelas minuman keras dengan segelas air, ujarnya. Dan pastikan untuk tetap minum air bahkan ketika Anda benar-benar tidak menyukainya pada hari berikutnya.


2. Anda memiliki tidur malam yang buruk

Anda tahu bahwa tidur yang nyenyak dapat membantu Anda merasa sangat baik di pagi hari, tetapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa sementara beberapa gelas anggur dapat membuat Anda tertidur, itu pasti tidak akan membantu Anda mendapatkan istirahat terdalam Anda. "Orang-orang cenderung memiliki gangguan tidur setelah minum-minum," ujar Fred.

Semuanya datang dengan lingkaran penuh, semakin banyak Anda minum, semakin buruk kualitas tidur Anda, dan kemudian, semakin buruk yang Anda rasakan sehari setelahnya (dan terkadang sehari setelah itu juga).


3. Anda minum jenis alkohol yang keras

Temui pembuat atau agen yang mencampur kandungan minuman atau produk sampingan dari fermentasi dalam minuman keras, dan mereka terkait dengan hangover, kata Fred. "Sepertinya congeners dalam minuman keras dan minuman yang gelap terkait dengan terjadinya hangover yang lebih lama," ujarnya.

Minuman keras terkait dengan rasa sakit yang lebih buruk di hari berikutnya termasuk wiski, rum, anggur merah, dan brendi, ujar Fred. Mereka cenderung menyebabkan mabuk: anggur putih, vodka dan gin.


4. Anda semakin "berumur"

Ketika Anda berusia 21 tahun, kemampuan Anda untuk mendetoksifikasi alkohol berbeda dengan ketika Anda berusia 40 (atau bahkan 28 tahun), ujar Vincent. “Seiring bertambahnya usia, sel-sel kita menua, dan kita mungkin tidak dapat memproses racun seperti yang kita lakukan ketika kita muda,” katanya. Jadi sementara tiga minuman mungkin memiliki efek minimal di universitas, jumlah itu mungkin terasa seperti dua kali lipat 10 tahun kemudian.


5. Anda sensitif terhadap sesuatu, tetapi tidak menyadarinya

Banyak orang memiliki kepekaan (intolerant) terhadap makanan atau bahan kimia tertentu yang bahkan tidak mereka ketahui. Bir, misalnya, dibuat dengan barley dan hop (alias gluten), mixer mengandung gula yang tinggi, anggur dapat mengandung sulfit. Semua ini adalah hal-hal yang tidak dapat Anda toleransi, ucap Fred, yang benar-benar dapat mengatasi mabuk Anda (ya, meskipun Anda hanya meminum satu gelas).


6. Anda minum dengan perut kosong

"Alkohol dapat menyebabkan iritasi pada lapisan perut Anda, yang dapat membuat mual sehingga menyebabkan mabuk, sakit perut atau lebih buruknya lagi, muntah," ujar Anne.

Minuman keras juga dapat memengaruhi gula darah Anda, menurut Chaun Cox, MD, dokter pengobatan keluarga di Mayo Clinic Health Systems. "Alkohol adalah lonjakan besar kalori dan gula sederhana, itu dapat meningkatkan gula darah Anda, lalu membuatnya jatuh," katanya, menambahkan bahwa jika perut Anda kosong sebelum minum dapat membuat lonjakan mabuk meningkat atau bahkan lebih drastis.

Solusinya? Makan sedikit dari sesuatu yang relatif hangat (contohnya roti lapis dan bukan salad) sebelum minum untuk memperlambat penyerapan alkohol.


7. Anda sedang menstruasi

"Tubuh Anda sudah sedikit tegang selama menstruasi (Anda mengalami pendarahan yang banyak), dan karena alkohol dapat membuat Anda dehidrasi, itu dapat menghabiskan lebih banyak energi Anda pada waktu itu dalam sebulan," kata Chaun.


8. Anda sedang dalam pengobatan

Banyak obat yang dimetabolisme (alias dipecah) oleh hati dan ginjal, organ yang sama yang digunakan tubuh Anda untuk memetabolisme alkohol, yang dapat menyebabkan kedua organ itu bekerja lembur, dan mungkin tidak melakukan yang terbaik.

"Penghilang rasa sakit seperti acetaminophen, antidepresan, obat kolesterol, dan obat tekanan darah adalah yang Anda harus perhatikan dengan hati-hati," ujar Chaun.

Antibiotik juga dapat mempengaruhi bagaimana tubuh Anda memproses alkohol, jelas Chaun. Meskipun tidak ada masalah dengan semua antibiotik, beberapa dapat menyebabkan mual, kerusakan hati, dan tekanan darah tinggi ketika dikombinasikan dengan alkohol, saran Chaun, jadi sebaiknya periksa dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah obat tertentu Anda berinteraksi dengan minuman keras.


(Penulis: Emily Shiffer dan Cassie Shortsleeve; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih Bahasa: Livia Geraldine; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)