Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Membaca Expired Date Pada Produk Skincare Korea!

Bazaar akan menguraikan cara membaca tanggal kedaluwarsa pada produk skincare Korea untuk Anda!

Cara Membaca Expired Date Pada Produk Skincare Korea!

Produk skincare Korea telah menarik perhatian banyak beauty enthusiast di seluruh dunia, karena kemasannya yang menarik dan kandungan bahannya yang unik dan inovatif, dan tentu saja, manfaatnya yang luar biasa. Namun, saat mencoba memahami tanggal kedaluwarsa pada kemasannya, itu bisa sedikit membingungkan. 

Jika Anda sering bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui tanggal kedaluwarsa produk skincare Korea, berikut ini Bazaar akan menguraikan cara baca expired date skincare Korea untuk Anda!

Cara Membaca Tanggal Kedaluwarsa Pada Produk Skincare Korea


Sedikit berbeda dengan produk skincare pada umumnya, kebanyakan produk skincare Korea mencantumkan dua tanggal yang berbeda pada kemasan produknya, yaitu tanggal pembuatan produk dan tanggal kedaluwarsa produk.

(Dibaca: Jejo, untuk menunjukan tanggal pembuatan produk)

cara baca expired date produk skincare Korea

(Dibaca: Kkaji, untuk menunjukan tanggal kedaluwarsa produk)

Berikutnya yang perlu dipahami adalah penulisan tanggal di Korea. Jika di Indonesia, kita biasanya menuliskan dengan urutan Tanggal/Bulan/Tahun atau DD/MM/YYYY, tetapi di Korea ditulis dengan cara berbeda yaitu Tahun/Bulan/Tanggal atau YYYY/MM/DD—yang seringkali menimbulkan kebingungan. 

cara baca expired date produk skincare Korea

Jika Anda melihat tanggal seperti di atas pada kemasan produk skincare Korea yang menunjukkan 1 September 2023, dan ini sudah bulan November 2023, jangan dulu panik apalagi langsung membuangnya dengan anggapan bahwa produk tersebut sudah kedaluwarsa. Tanggal itu berarti bahwa produk perawatan kulit tersebut diproduksi pada 1 September 2023. Pencantuman tanggal pembuatan produk dimaksudkan agar konsumen selalu menerima produk terbaru.

cara baca expired date produk skincare Korea

Jika Anda melihat tanggal seperti di atas tertulis pada kemasan produk skincare Korea, itu berarti produk tersebut dapat Anda gunakan sampai dengan 12 Januari 2024. Ini adalah tanggal expired date pada produk skincare Korea yang sebenarnya. Kata Kkaji berarti “sampai” dalama bahasa Indonesia, yang digunakan untuk menunjukkan kapan suatu produk kedaluwarsa, atau hanya “sampai” tanggal tertentu Anda dapat menggunakan produknya. 

Jadi lain kali Anda membeli produk skincare Korea, cara baca expired date skincare Korea yang paling gampang adalah dengan mencari kata Kkaji di kemasan produk perawatan kulit Korea—biasanya tertulis di belakang atau di bawah kemasan—dan ingat format penulisan tanggal di Korea. 

Selain tanggal pembuatan produk dan tanggal kedaluwarsa produk, Anda mungkin juga menemukan istilah lain yaitu tanggal "digunakan sebelum" pada kemasan produk skincare Korea.

cara baca expired date produk skincare Korea

(Dibaca: Sayong-gihan, untuk menunjukan tanggal "digunakan sebelum" suatu produk)

Kata Sayong-gihan dalam kemasan produk skincare Korea bisa diartikan sama dengan kata Kkaji untuk menunjukkan tanggal kedaluwarsa produk, meskipun pada dasarnya dalam bahasa Indonesia berarti “digunakan sebelum”.

cara baca expired date produk skincare Korea

Jika Anda melihat tanggal seperti di atas pada produk kemasan skincare, itu berarti produk tersebut baiknya digunakan sebelum tanggal 12 Januari 2024. Dengan kata lain, itu juga bisa berarti tanggal kapan suatu produk kedaluwarsa. 

Itulah tadi panduan cara baca expired date skincare Korea. Memahami cara membaca tanggal kadaluwarsa produk perawatan kulit Korea dapat membantu Anda memastikan produk skincare yang Anda gunakan masih dalam kondisi terbaik, sekaligus bisa menghindari risiko iritasi dan timbulnya masalah kulit baru. Pada akhirnya, produk skincare yang Anda gunakan bisa memberikan hasil terbaik untuk kulit Anda. 

(Photo Teaser by Carlos Rodríguez on Unsplash)