Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semuanya Tentang Dodi Fayed, Kekasih Terakhir Putri Diana

Pasangan ini baru saja bertemu selama beberapa bulan sebelum kecelakan tragis mereka.

Semuanya Tentang Dodi Fayed, Kekasih Terakhir Putri Diana
Courtesy of Bazaar US

Kisah asmara Putri Diana dengan Dodi Fayed, raja film kelahiran Mesir, baru saja dimulai ketika keduanya meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris pada 31 Agustus 1997. Kini, hubungan mereka menjadi pusat perhatian di season keenam dan terakhir dari The Crown di Netflix.

BACA JUGA: Jennifer Lopez Menggabungkan Jeans dengan Tas Favorit Princess Diana

Acara ini pertama kali memperkenalkan Dodi (diperankan oleh Khalid Abdalla) dalam episode ketiga Musim ke-5, "Mou Mou." Sebagai putra miliarder Mohammed Al Fayed, yang pernah memiliki department store Harrods dan The Ritz Paris, Dodi sangat ingin meraih kesuksesannya sendiri, terutama dengan mengincar industri film. 

Sementara itu, season 5 juga menunjukkan jalan panjang dan berantakan menuju perceraian antara Putri Diana (Elizabeth Debicki) dan Pangeran Charles (Dominic West). Pada akhirnya, jalan mereka bertemu-dan Anda harus menonton season 6 untuk melihat kisah lengkapnya.

Dalam kehidupan nyata, Diana dan Dodi mulai berkencan setelah ia membawa Pangeran William dan Pangeran Harry ke St. Tropez untuk berlibur bersama keluarganya. Belakangan, model Kelly Fisher mengklaim bahwa ia dan Dodi masih bertunangan pada saat tabloid-tabloid mulai memberitakan hubungan asmaranya dengan Diana. (Kelly diperankan oleh Erin Richards dalam film The Crown).

Berikut ini, kami akan menguraikan timeline hubungan Diana dan Dodi, termasuk di mana mereka bertemu dan dengan siapa Dodi pernah menikah.

1986: Mereka dilaporkan bertemu untuk pertama kalinya.

Diana bertemu Dodi untuk pertama kalinya dalam pertandingan polo tahun 1986, di mana ia bertanding melawan suaminya saat itu, Pangeran Charles, menurut sebuah media. Mereka tidak akan bertemu lagi sampai 11 tahun kemudian.

The Crown menggambarkan kembali pertemuan yang diduga ini dalam episode ketiga season 5, di mana Mohammed Al Fayed memperkenalkan Putri Wales kepada putranya.

Courtesy of Bazaar US

1986: Dodi Fayed Menikah

Pada tahun yang sama, Dodi menikah dengan model Suzanne Gregard, menurut artikel di sebuah media.  Namun, keduanya bercerai setelah delapan bulan menikah.

Courtesy of Bazaar US

1997: Dodi bertunangan dengan Kelly Fisher. Diana pergi berlibur bersama keluarganya di St Tropez dan keduanya mulai berkencan.

Sebelum menjalin hubungan kembali dengan Putri Diana, produser film ini dikabarkan bertunangan dengan model Kelly Fisher. Namun, pertunangan tersebut dibatalkan setelah Dodi menjalin hubungan asmara dengan Diana selama liburannya di St Tropez bersama Pangeran William, Pangeran Harry, dan keluarganya pada musim panas 1997.

Setelah liburan, ia dilaporkan menulis surat penuh kasih sayang untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perjalanan tersebut. 

"Ini datang dengan semua cinta di dunia dan seperti biasa, sejuta terima kasih yang tulus karena telah membawa sukacita ke dalam hidup gadis ini," bunyi surat itu, menurut Associated Press.

Pada bulan Agustus tahun itu, media lainnya menerbitkan sebuah foto eksplosif dari paparazi yang memperlihatkan Diana dan Dodi berpelukan dan berciuman, yang semakin mengukuhkan hubungan mereka.

Courtesy of Bazaar US

Sebagai tanggapan, Kelly menyewa pengacara selebriti, Gloria Allred, untuk mewakilinya dalam gugatannya terhadap Dodi. Yang mana ia mengajukan gugatan pelanggaran kontrak yang mengklaim bahwa Dodi meminta Kelly, yang karier modelingnya telah menghasilkan sampul majalah ternama, untuk menunda kariernya demi memprioritaskan hubungan mereka.

Dalam sebuah konferensi pers yang emosional di mana Kelly terisak saat mengenakan cincin safir dan berlian yang dibelikan Dodi untuknya, Gloria melaporkan bahwa Dodi "menuntunnya secara emosional sampai ke altar dan meninggalkannya ketika mereka hampir sampai. Ia membuang cintanya dengan cara yang tidak berperasaan tanpa mempedulikannya sama sekali."

Gloria juga mengklaim bahwa Kelly tidak mengetahui perselingkuhan Dodi dengan Diana hingga "foto ciuman yang dipublikasikan dan beredar di seluruh dunia membuat Nona Kelly sangat kecewa, terkejut dan malu."

Courtesy of Bazaar US

31 Agustus 1997: Mereka mengalami kecelakaan mobil yang fatal.

Setelah menikmati liburan berperahu pesiar yang panjang di sepanjang Laut Mediterania, perjalanan pasangan ini berakhir saat mereka tiba di Paris, Prancis pada tanggal 30 Agustus. Di sana, mereka bermalam di Ritz, hotel yang dimiliki oleh Mohammed, ayah Dodi.

Pagi-pagi sekali pada tanggal 31 Agustus, media melaporkan bahwa keduanya meninggalkan hotel dengan menggunakan mobil, bersama dengan supir Henri Paul dan pengawal Trevor Rees-Jones. Paparazi mengejar mobil mereka saat mereka masuk ke terowongan Pont de L'Alma, di mana Paul, yang dilaporkan dalam keadaan mabuk dan berada di bawah pengaruh obat-obatan saat itu, kehilangan kendali atas kendaraannya dan menabrak.

Dodi dan Paul meninggal seketika setelah tabrakan, menurut AP. Seorang dokter Prancis yang kebetulan berada di tempat kejadian dan menawarkan bantuan medisnya mengingat bahwa Diana sempat sadar, tetapi akhirnya meninggal karena luka-lukanya setelah dipindahkan ke rumah sakit di Paris. Rees-Jones adalah satu-satunya yang selamat.

Juru bicara Mohammed kemudian mengklaim bahwa Dodi dan Diana telah bertunangan pada saat kematian mereka.

BACA JUGA:
Keponakan Putri Diana, Lady Amelia Spencer, Baru Saja Menikah
Kate Middleton Bergaya Seperti Gaya Putri Diana

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)