Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ekspresi Kebebasan di Koleksi Studio 133 Biyan Musim Semi/Panas 2023

Diberi tajuk "Nostalgia Retrogade", Biyan merayakan musim panas dengan koleksi muda tanpa batasan yang diwakili dengan era mode 1960-an dan 1970-an.

Ekspresi Kebebasan di Koleksi Studio 133 Biyan Musim Semi/Panas 2023

Bermain dengan waktu menjadi misi utama Biyan kala mendirikan koleksi Spring/Summer 2023 miliknya. Mengusung tajuk "Nostalgia Retrogade", Biyan menafsirkan evolusi kebebasan di era 1960-an dan 1970-an yang mengingatkannya dengan apa yang terjadi hari ini dengan para generasi muda. Generasi yang sudah tahu apa yang mereka inginkan, generasi yang tak takut untuk bereksperimen. "Maka itu, saya buat setiap potong busana di koleksi ini, dapat diterjemahkan oleh berbagai individu dengan beragam karakteristik gaya. Sehingga mereka dapat mengenakannya sesuka hati mereka dengan penuh kebebasan," ucap Biyan Wanaatmadja.

Biyan

Melalui koleksi ini, Biyan mengerahkan kreativitas yang tak terduga. Ia ingin menciptakan kontras antara ornamen, motif, warna, dan material yang mengejutkan seperti satin print dengan denim, ansambel dengan hamparan tipografi logo Studio 133, dan jinjingan ekstra besar yang penuh pernyataan. Seluruhnya lantas Ia kembangkan beriringan dengan napas gaya tahun '60-an dan '70-an atau disebut juga dengan masa retro yang groovy dan segar.

Pada koleksi ini, Biyan banyak mengaplikasikan motif bunga daisy, geometris, garis optikal, dan pola laser cut yang menonjol kala dikenakan. Material utama pada koleksi ini adalah organza silk, renda, denim, jacquard, dan nylon, sehingga menciptakan perpaduan yang ringan dan berat dengan seimbang. Sementara itu, palet warna kuning, merah muda, jingga, biru, hingga army green semakin menyebarkan nuansa musim panas yang hangat dan ceria.

Biyan

Salah satu ansambel yang menarik perhatian juga datang dari sebuah gaun berhalter motif garis vertikal yang elegan. Hadir juga setelan bralet dengan celana bahan sutra yang dipadankan dengan luaran melambai bermotif bunga matahari dan daisy yang chic.

Biyan

Biyan

Luaran model apron dengan laser cut bunga-bunga turut menjadi perhatian utama sebagai penunjang beberapa ansambel di koleksi ini semakin terelevasi. Dari segi bawahan, Biyan banyak menciptakan celana panjang berpotongan lebar dan kemeja pria oversized dengan siluet yang rileks. Jaket cropped bermotif dan blazer untuk pria yang berstruktur juga menjadi sesuatu yang terduga di koleksi ini. Gaun musim panas panjang dengan kerah sabrina yang anggun turut dikenakan para model yang setiap gaunnya mengikuti derapan langkah dengan indahnya.

Biyan

Dari segi aksesori, jinjingan bahu ekstra besar untuk pria, topi bucket hat bermotif bunga, sepatu model oxford, hingga sepatu mary jane yang retro adalah beberapa aksesori yang semakin menyempurnakan komposisi setiap ansambel.

Pada koleksi ini, Biyan menyatakan arti bersenang-senang serta kebebasan berekspresi yang seutuhnya tanpa batasan, bahwasanya setiap orang berhak untuk meninggalkan hiruk-pikuk walau hanya sejenak.

(FOTO: Courtesy of Studio 133 Biyan)