Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Berkenalan dengan Chef Justin Lee, Pastry Chef Tamu asal Korea Selatan di Acara The Tipsy Tea Raffles Jakarta

Sosok di balik JL Dessert Bar yang populer di Seoul tersebut berkolaborasi dengan Chef Anom Putra di acara The Tipsy Tea with Moët & Chandon

Berkenalan dengan Chef Justin Lee, Pastry Chef Tamu asal Korea Selatan di Acara The Tipsy Tea Raffles Jakarta

Ada yang spesial di gelaran The Tipsy Tea with Moët & Chandon persembahan Raffles Jakarta kali ini. Berlangsung selama tiga hari pada 3-5 November 2022 di The Writers Bar, hotel bintang lima yang berlokasi di bilangan Kuningan tersebut menghadirkan kolaborasi dua chef unggulan yakni Chef Anom Putra dan Guest Chef internasional asal Korea Selatan, Chef Justin Lee. 

Saat The Tipsy Tea berlangsung, Bazaar berkesempatan untuk duduk berbincang bersama Chef Justin di salah satu sudut bar. Dalam balutan pakaian serba putih dan segelas sampanye Moët & Chandon yang menemani, pria itu menceritakan perjalanan kariernya dengan pembawaannya yang ekspresif dan selipan tawa.


1. Sosok di balik JL Dessert Bar

Chef Justin Lee dikenal sebagai pemilik sekaligus yang menjalankan JL Dessert Bar, destinasi penyaji makanan penutup yang populer di Seoul, Korea Selatan. Didirikan pada 2016, JL Dessert Bar menyuguhkan beragam kreasi dessert berkelas dari olahan cokelat terbaik dan bahan lokal musiman. Hidangan cantiknya dapat dinikmati berpasangan dengan bermacam-macam minuman, termasuk cocktails, teh, dan kopi.

2. Chef is Life

Ketika ditanya mengenai makna menjadi seorang chef, ia menjawab, "Life. Selalu menyebut diri saya seorang chef ketika saya sedang tidak memasak."

Chef Justin memulai karier kulinernya pada 2003. Setelah bekerja di Korea, ia memutuskan untuk menggali pengalaman di luar negeri. Setelah memutuskan untuk pindah ke Brisbane dan bekerja di Il Centro, ia meneruskan jejaknya ke Auckland, New Zealand di mana ia bertemu dengan koki yang mengantarkannya sebagai pastry chef.

Chef Justin Lee

3. Des Harris, sang panutan

Ketika Bazaar bertanya siapa yang menjadi panutannya selama berkarier sebagai pastry chef, tanpa panjang lebar Chef Justin menjawab, "Des Harris yang merupakan mantan Head Chef saya di Clooney, New Zealand. He taught me a ton of expression on the dessert plate."

Chef Justin bertemu dengan Des Harris ketika ia bekerja di Clooney tahun 2012 silam. Saat itu ia ditugaskan olehnya untuk mengelola pastry kitchen dan di momen itu lah kecintaan Chef Justin pada dunia pastry bertumbuh. Tantangan dan keinginan untuk menmpelajari beragam hal baru menjadi pendorongnya untuk terus berkreasi sebagai pastry chef

4. Filosofi memasak

Sebagaimana chef lain yang memiliki pedoman tertentu dalam memasak, ia mengedepankan tekstur di setiap kreasi kuenya. Baginya, "Texture is taste, apapun komposisi dessert-nya." Ia menggali inspirasinya dari musim terutama saat mengunjungi pasar lokal. Saat memperkenalkan dessert buatannya di Raffles Jakarta, Chef Justin menceritakan bahwa Korea Selatan merupakan negara empat musim dan memiliki banyak buah musiman. "Kami mengubah menu setiap pergantian musim buah-buahan," tuturnya.

5. What's next?

Chef Justin mengumumkan proyek terbarunya dengan Jimmy Choo Cafe terbaru yang dibuka Cheongdam-dong, Seoul, Korea Selatan. Cafe serba merah muda tersebut menyuguhkan dessert yang dikurasi oleh JL Dessert Bar dan dapat dikunjungi publik pada 28 Oktober sampai 31 Desember 2022. Sebelumnya, tepatnya pada September 2022, Chef Justin juga mengonsepkan dan membuka Baccarat Crystal Lounge di Dosan Park. Tentu saja, perjalanannya sebagai seorang chef masih panjang. Dalam perbincangan singkat kami, Chef Justin menyampaikan bahwa ia ingin memulai bisnis gelato dan memperluas kreasi dessert-nya di Asia.

Tipsy Tea Raffles Jakarta
Foie Gras Creme Brûlée with Korean Pear

Tipsy Tea Raffles Jakarta
Truffle Vanilla Choux

The Tipsy Tea with Moët & Chandon

Acara tiga hari di tersebut menyajikan menu pilihan yang terdiri dari suguhan manis dan gurih yang dikombinasikan dengan sampanye berkelas asal Prancis, Moët & Chandon. Dalam kesempatan ini masing-masing chef menyuguhkan kurasi dessert pilihannya. Chef Justin Lee membawa tiga dessert istimewa dengan rasa manis yang mendominasi. Ia mengunggulkan kreasi favoritnya yakni Foie Gras Creme Brulee with Pear. Ada pula White & black Truffle Vanilla Choux yang banyak dipilih sebagai favorit di acara sore itu. Satu kudapan lainnya yang memanjakan lidah pencinta makanan manis adalah Mont Blanc Tart. Ketiganya juga dapat Anda temui di JL Dessert Bar miliknya yang berada di Seoul. 

Saling menjadi penyeimbang satu sama lain dan agar berpadu sempurna dengan sampanye, Chef Anom Putra memperkenalkan dessert yang sedikit asam berpadu dengan rasa manis, di antaranya adalah Orange Blossom Chocolate Cake, Apricot Elderflower Cube, dan Yuzu Lavender Sphere. Ada pula pilihan kudapan yang gurih seperti 48-Hours Slow Cooked Short Ribs Sandwich, Crab Meule Feuille, dan Unagi Toasted. Semuanya masih dapat Anda nikmati di Raffles Jakarta meski momen The Tipsy Tea telah berakhir.

Tipsy Tea Raffles Jakarta
Raffles Afternoon Tea


(Foto: Courtesy of Raffles Jakarta)