Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

29 Parfum Pria Terbaru dan Ikonis untuk Menampilkan Karakter Diri

Sesuaikan aroma dengan selera Anda sendiri!

29 Parfum Pria Terbaru dan Ikonis untuk Menampilkan Karakter Diri
Layout by Sophie El Fasya

Menggunakan wewangian sudah bukan lagi menjadi esensial bagi para perempuan saja, banyak pria pada zaman ini mengenakan dan menyukai keberadaan parfum. Tidak sedikit juga para merek parfum atau rumah fashion dunia yang merilis beberapa aromanya khusus untuk koleksi yang digunakan kaum pria. Sebagian dari Anda para pria yang ada di sini, pasti pernah memakai wewangian sebagai salah satu "senjata" untuk menarik perhatian sekaligus memperlihatkan identitas yang ingin Anda ciptakan bukan? Tidak ada yang salah dari niat tersebut, karena memang itu tujuan dari wewangian itu sendiri.

Baca juga: Parfum Sebagai Pencipta Mood Anda

Namun, sebagai pencinta wewangian parfum, tentunya menunggu setiap produk baru menjadi sangat adiktif, begitu juga yang saya rasakan. Selalu berharap ada karya legendaris baru yang semakin dapat mewakilkan karakter diri yang lebih dalam dan lebih tepat. Maka dari itu, untuk Anda para pria penggemar parfum, Bazaar telah merangkum beberapa parfum teranyar yang dapat Anda coba sesuaikan dengan diri Anda sekaligus menjadi yang paling up-to-date akan wewangian pria.

1. Calvin Klein Defy

Courtesy of Calvin Klein
Courtesy of Calvin Klein

Semerbak terbaru Calvin Klein dengan wajah kampanye Richard Madden, memberikan kontras berani dari kesegaran yang menyegarkan serta aroma kayu yang kuat. Dibuka dengan campuran jeruk yang adiktif, disorot oleh bergamot segar dan lavender absolute segar. Jantung dari wewangian dan bahan utama, minyak vetiver, bersumber dari Haiti melengkapi nada dasar amber yang kaya dan memikat. Kesegaran ditampung dalam botol kaca modern dan minimalis, diukir dengan tepi bulat melengkung dan garis linier tajam, mewakili dualitas kerentanan dan keberanian.

2. Dior Sauvage Elixir

Courtesy of Dior
Courtesy of Dior

Variasi terbaru dari Dior Sauvage 2015, Sauvage Elixir adalah wewangian terkonsentrasi yang direndam dalam kesegaran lambang Sauvage dengan jantung rempah-rempah yang memabukkan, esensi lavender yang "dibuat khusus" dan campuran wood yang kaya membentuk ciri khas jejaknya sangat kuat, mewah, dan menawan. Sosok di balik wewangian ini adalah Francois Demachy, pembuat parfum Dior, menciptakan aroma seperti minuman keras yang terbuat dari bahan-bahan yang luar biasa. Nada awal adalah kayu manis, pala, kapulaga dan jeruk bali, dilanjutkan dengan jantung lavender, serta nada dasar licorice, sandalwood, amber, patchouli dan vetiver Haiti.

3. David Beckham Eau  De Parfum Collection

Courtesy of David Beckham
Courtesy of David Beckham

Untuk koleksi terbarunya, David Beckham keluarkan tidak hanya satu namun tiga wewangian sekaligus. Ketiganya yakni Aromatic Greens, Infinite Aqua, dan Refined Woods. Pertama, Aromatic Greens adalah wewangian hijau segar, nada utamanya adalah mint, absinth, dan cedarwood. Sedangkan, Infinite Aqua adalah aquatic floral yang menampilkan lemon, ara, lavender, dan teratai. Terakhir, Refined Woods adalah wewangian kayu dengan inti orris, lavender, dan geranium, serta dasar hangat dari kacang tonka, cedarwood, dan vetiver.

4. Tom Ford Ombré Leather Parfum

Courtesy of Tom Ford
Courtesy of Tom Ford

Ahli parfum Sonia Constant mengkomposisikan Ombré Leather Parfum, menawarkan perpaduan nada leather-floral, yang merupakan interpretasi baru dari edisi aslinya. Mengintensifkan ciri khas aroma leather yang kaya dan mewah dengan tambahan baru yang mengejutkan. Daun violet absolute orpur embuskan udara kuat dan intens, memberi jalan pada sensualitas kayu yang elegan dari cedarwood. Dipanen sebelum musim hujan untuk menghasilkan ekstrak yang tinggi, melati sambac absolute India menawarkan faset bunga buah yang intens, mengingatkan pada honeysuckle. Nada kulit dan kayu yang dicampur dengan tembakau hijau melemahkan aroma bunga, memicu sensualitas lembut. Sementara konsentrasi jantung, orris, melepaskan tarikan yang membuat candu.

5. Bulgari Le Gemme Empyr

Courtesy of Bulgari
Courtesy of Bulgari

Wewangian kayu kontras yang dibuat oleh pembuat parfum legendaris Jacques Cavallier, miliki karakter kuat diawali dengan batu pyrite, diisi dengan aroma kayu pedas berkat aroma jahe, esensi jahe, dan kayu cendana. Perpaduan aroma Le Gemme Empyr EDP mengambil inspirasi dari kemungkinan untuk melakukan perjalanan keliling dunia. Manusia beraksi dan pyrite menjadi kunci evolusi umat manusia sekaligus simbol pemberdayaan.

6. Prada Luna Rossa Ocean

Courtesy of Prada
Courtesy of Prada

Aktor Hollywood Jake Gyllenhaal memimpin kampanye, yang diambil oleh Johan Renck, untuk kreasi maskulin terbaru Prada. Dibangun atas keyakinan bahwa dengan teknologi sebagai perpanjangan tangan kemanusiaan, kita dapat mendorong melampaui batas kita, membayangkan di luar kemungkinan, dan membuka cakrawala baru. Wewangian ini menampilkan koktail cerah jeruk kualitatif, dikombinasikan dengan duo lavender dan sage yang bersemangat untuk menciptakan kesan bersih dan segar. Jantung semerbak yang luar biasa ini mengekspresikan efek "kulit kedua" dengan mengeksplorasi suede sensual, safron, dan kelembutan aroma orris yang elegan.

7. Moncler Pour Homme

Courtesy of Mocler
Courtesy of Moncler

Miliki kemasan paling berbeda dari yang lainnya, botol Pour Homme terinspirasi oleh botol-botol aktivitas gunung, dan perak bergarisnya mirip dengan jaket puff merek tersebut. Hadir dengan layar LED di tengah yang memungkinkan pesan menyala ditampilkan dalam huruf merah, serta dapat dipersonalisasi menggunakan aplikasi telepon. Sungguh canggih! Untuk aromanya didominasi oleh nada atas alpine green accord, clary sage; nada tengah (jantung) pinus gunung; dan nada dasar kayu pegunungan (cedar, cendana, amber), juga vetiver.

8. Burberry Hero

Courtesy of Burberry
Courtesy of Burberry

Kepala kreatif Burberry, Riccardo Tisci, berhasil sampaikan pesan lewat kampanye parfum yang dibintangi oleh aktor Adam Driver. Aroma parfum pertama yang dirancang oleh Riccardo adalah perpaduan aroma segar, cerah, dan berani sekaligus. Dengan campuran sparkling bergamot, juniper, dan diperdalam lewat aroma tiga macam minyak kayu cedar dari tiga pegunungan berbeda, yaitu pegunungan Appalachian, Atlas, dan Himalaya. 

9. Carolina Herrera Bad Boy Superstars

Courtesy of Carolina Herrera
Courtesy of Carolina Herrera

Bangkitkan pesona magnetis dan karisma superstar Hollywood dengan ekspresi dualitas yang harum, mencerminkan sifat berani dari pria modern. Sebuah perjalanan yang kompleks, Bad Boy menggabungkan nada lada hitam dan putih dengan semangat sitrat bergamot hijau Italia. Dengan nada tengah sage dan cedar; nada dasar amberwood, cacao pod dan kacang tonka.

10. Dolce & Gabbana The One For Men Gold

Courtesy of Dolce & Gabbana
Courtesy of Dolce & Gabbana

The One For Men Gold merayakan seorang pria yang memiliki daya tarik alami dan tidak dapat diragukan lagi. Seorang pria sejati, ia memancarkan kepercayaan diri dengan keanggunan bawaan dan gaya yang unik, sekaligus perwujudan penciuman dari karisma maskulin. Perpaduan menyegarkan dari bergamot Italia yang berair dan jeruk merah zesty membuka wewangian, dengan jahe merah menambahkan hangat ke nada atas jeruk. Berkembang menjadi jantung maskulin yang kuat dari clary sage aromatik dan esensi geranium Mesir yang tajam, dimeriahkan oleh nada pedas dari esensi kapulaga dan kapulaga absolute. Sedangkan, patchouli serta catatan amberwood memberikan wewangian dasar yang sangat memikat dan smoky.

11. Le Labo Thé Matcha 26

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Wewangian dari yang tak terduga, aroma terbaru Le Labo, Thé Matcha 26 adalah teh hijau yang lembut dan lebih manis. Miliki sentuhan nada dari buah fig, cedar, dan jeruk pahit. Sempurna untuk musim Natal, wewangiannya bisa Anda pakai sendiri atau berlapis dengan klasik La Labo lainnya. Kami merekomendasikan pengaturannya bersama Tonka 25.

12. Barbour For Him

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Menyalurkan rasa aroma scot yang kasar, wewangian pria baru Barbour memiliki nada dari kapulaga pedas, kayu cedar, dan amber hangat. Penghangat musim dingin yang sempurna ini menempel pada syal dan mantel dengan cara terbaik.

13. Jo Malone London Bronze Wood and Leather Cologne Intense

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Ditata dengan aroma dasar smoky leather, kayu bronze menambah kehangatan pada cologne, sementara juniper dan sentuhan jeruk menambah semburan kecerahan. (Anda pasti ingin mencuri ini dari pria dalam hidup Anda secara instan...)

14. 19-96 L’Air Barbes Eau de Parfum

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Sejuk dan menarik, L'Air Barbes 19-69 terinspirasi oleh jalan raya Paris di arrondissement ke-18 yang terkenal dengan bangunan betonnya yang apik. Aromanya adalah campuran dari catatan lemon dan kesepakatan tinta terhadap bergamot dan dasar kulit serta jinten.

15. Louis Vuitton Ombre Nomade

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Dikemas penuh dengan kayu oud yang memabukkan, ini adalah wewangian malam hari terbaik yang pernah ada. Ombre Nomade kemudian melapisi oud dengan raspberry dan benzoin untuk aroma yang manis dan pedas secara bersamaan.

16. Chanel Paris-Édimbourg

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Tambahan terbaru untuk koleksi Les Eaux yang terkenal memiliki fungsi unisex, namun condong ke ujung spektrum 'maskulin' tradisional. Ini adalah surat cinta untuk ruang terbuka yang luas di dataran tinggi Skotlandia, dengan juniper yang dominan dan pohon cemara berhembus di atas dasar kayu. Kuat dan segar, Paris-Édimbourg menjadi pilihan yang tepat bagi siapa pun yang bermimpi akan alam bebas saat ini.

17. Acqua di Parma Blu Mediterraneo Begamotto di Calabria La Spugnatura

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Peluncuran edisi terbatas dari Acqua di Parma ini adalah ode yang benar-benar berkesan untuk bergamot. Sebagai penghormatan kepada tradisi, bahan utama diekstraksi secara manual oleh sekelompok pengrajin Calabria, yang menghasilkan minyak esensial dari segi yang unik. Aroma jeruk yang hidup ini memiliki umur panjang dan kedalaman yang menarik, kemenangan untuk musim panas.

18. Hermés H24 Eau de Toilette

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Sclarene metalik menghadirkan kesegaran baja pada campuran rosewood dan clary sage yang indah. Modern namun dapat dikenakan, itu akan melihat Anda dari pagi hingga malam dengan mudah.

19. Bulgari Man Wood Essence Eau de Parfum

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Sentuhan jeruk cerah, ditambah semangat ketumbar, membuat aroma kayu klasik ini siap untuk cuaca yang lebih hangat.

20. Yves Saint Laurent Y Le Parfum

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Hidung legendaris Dominique Ropion telah mengubah fougère klasik di kepalanya untuk Yves Saint Laurent. Berbeda dengan aroma herbal, fern-heavy tua, yang satu ini menampilkan nada lavender yang diperkuat bersama kayu cedar hitam yang kuat. Grapefruit memberikan semangat awal, sementara elemi menghadirkan aroma herbal yang tahan lama untuk wewangian yang dapat dibedakan ini.

21. Penhaligon’s The Inimitable Mr Penhaligon

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Akhirnya, Penhaligon bergabung dengan keluarga Portraits yang terus berkembang. Tambahan baru untuk koleksi merek yang paling eksentrik ini adalah ode untuk William Penhaligon sendiri yakni aroma hangat namun segar, berbasis di sekitar vetiver hijau dengan nada oriental yang halus.

22. Givenchy Gentleman Givenchy Eau de Toilette

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Sementara Givenchy Gentleman asli dipenuhi dengan musk yang kaya, aroma yang baru lebih modern dan menggabungkan motif bunga yang lebih ringan. Sebuah bukti bahwa apa artinya menjadi seorang pria telah berubah sejak tahun 1970-an.

23. Emporio Armani Stronger With You

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Ini adalah rempah-rempah hangat yang langsung keluar dari aroma oriental modern, seri terbaru dari Armani Stronger With You. Chestnut dan cedar menguasai aroma dasar, sementara sentuhan lavender menambah tarikan.

24. Acqua di Parma Colonia Futura Eau de Cologne

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Anggota terbaru dari keluarga klasik Colonia mewakili fokus baru Acqua di Parma pada keberlanjutan. Aroma citrussy, berbasis vetiver dibuat menggunakan 99% bahan-bahan alami, dan dikemas dalam kemasan yang dapat didaur ulang. Era baru aroma yang benar-benar abadi.

25. Creed Aventus Eau de Parfum

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Wewangian lain yang merayakan satu dekade aroma ikonis adalah Creed Aventus, salah satu kreasi industri. Semburan pertama nada buah memenuhi Anda pada spritz, mengering menjadi dasar smoky, aroma woody yang telah dicintai pria selama bertahun-tahun.

26. Calvin Klein CK Everyone Eau de Toilette

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Aroma jeruk dari lini wewangian unisex Calvin Klein yang sedang berkembang ini dibuat hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami, dan disimpan dalam kemasan yang dapat didaur ulang. Aroma fresh aquatic langsung membangkitkan semangat, dengan semburan jeruk dan jahe memberi energi pada nada yang berair.

27. Tiffany & Co. Tiffany & Love for Him

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Dengan memberikan satu untuknya, aroma yang lebih maskulin dalam wewangian duo Tiffany mengandung campuran jeruk jahe dan kayu cendana.

28. Guerlain L’Homme Ideal Cool Eau de Toilette

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Versi lebih ringan dan lebih segar dari wewangian maskulin klasik Guerlain ini menggunakan nada kayu dan mint untuk menambah kedalaman pada aroma jeruk.

29. Issey Miyake Issey Miyake Nuit d’Issey Eau de Parfum 75ml

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Dengan sifatnya yang berkayu dan leathery, tidak mengherankan jika wewangian Issey Miyake ini dinamai sesuai nama malam.

Baca juga:

Jangan Salah! Ini Perbedaan Eau de Parfum & Eau de Toilette

Cara Menyesuaikan Aroma Parfum Anda untuk Setiap Musim

10 Pilihan Parfum Pria Terbaik

Pomade dan Parfum Pria Pilihan Bazaar

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Burberry, Carolina Herrera, Calvin Klein, Dior, Bulgari, Prada, David Beckham, Moncler, Dolce & Gabbana, Tom Ford, Bazaar UK)