Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Serial Netflix yang Diadaptasi dari Kisah Nyata

Kita semua (seolah-olah) diajak untuk berada di posisi mereka.

15 Serial Netflix yang Diadaptasi dari Kisah Nyata
(Foto: Courtesy of @thecrownnetflix)

Pernahkah Anda merasa penasaran tentang kehidupan keluarga Kerajaan Inggris dan bagaimana setiap anggota (termasuk Sang Ratu) bertahan di tengah kehidupan yang penuh protokol dan aturan? Mungkin Anda ingin mengetahui bagaimana seorang bandar narkoba ternama, Pablo Escobar dalam menjalankan usaha ilegalnya? Inilah beberapa sosok dan situasi yang ada di dunia dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kehidupan istana yang tertutup gerbang tinggi maupun operasi peredaran narkoba yang dilakukan tersembunyi, justru menjadi inspirasi para kreator visual untuk menghadirkan sosok-sosok tersebut ke layar kaca. Penulis skenario, produser, maupun sutradara berusaha mengajak para penonton untuk menjalani hidup tokoh-tokoh tersebut dalam imaji.

Inspirasi tersebut yang kemudian menghadirkan serangkaian film dan serial televisi di layar kaca maupun platform streaming seperti Netflix. Mulai dari sosok Pablo Escobar hingga Ratu Elizabeth II, berikut adalah serial-serial yang diadaptasi dari kisah nyata.

  1. Spartacus (2013)

    Spartacus, seorang gladiator asal Thracian yang memimpin pertarungan pada abad ke-73 sebelum masehi, melawan Republik Roma yang menjadi inspirasi Steven S. DeKnight dalam membangun kisah Spartacus dalam tiga musim yang bertajuk Spartacus: Blood and Sand, Spartacus: Vengeance, dan berakhir di Spartacus: War of the Damned. Serial yang sebelumnya diperankan oleh aktor, Andy Whitfield sebagai Spartacus pada musim pertama ini juga menghadirkan serial prekuel bertajuk Spartacus: Gods of the Arena.
  2. Narcos

    Latar negara Kolombia, sebuah serial drama kriminal, Narcos merupakan kisah nyata seorang bandar narkoba, Pablo Escobar. Dengan memproduksi dan memasarkan kokain, Pablo kemudian menjadi seorang miliarder. Serial ini juga menghadirkan bahwa interaksi Pablo dengan sesama bandar narkoba, anggota Drug Enforcement Administration (DEA), dan berbagai perlawanan lain. Setelah menyelesaikan musim ketiga, serial ini hadir dengan latar Meksiko yang berjudul Narcos: Mexico.
  3. Versailles

    Kepemimpinan Raja Louis XIV yang mengambil masa renovasi Palace of Versailles sebagai pusat pemerintahan dan monarki. Namun, keterbatasan biaya, berbagai kepentingan politik mewarnai keriuhan proses renovasi kerajaan tersebut, apalagi peristiwa ini terjadi di tengah masa-masa pasca perang saudara di Fronde yang berakhir pada 1653. Serial ini menggambarkan sosok dan kekuatan Raja Louis XIV yang luar biasa dan bagaimana ia menjalankan perannya sebagai seorang monarki.
  4. The Crown

    Penulis skenario, Peter Morgan mengembangkan kisah keluarga Kerajaan Inggris dalam serial The Crown yang kini telah memasuki musim keempat (dengan interpretasi kisah pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana). Berawal dari kisah Putri Elizabeth muda yang mengemban tanggung jawab untuk menggantikan sang ayah sebagai Ratu Elizabeth II yang kita kenal saat ini, hingga menilik lebih dalam tentang kehidupan di balik Istana Buckingham yang dihadirkan oleh Peter. Serial ini telah melibatkan nama-nama besar seperti Claire Foy, Olivia Colman, Helenan Bohnam-Carter, John Litgouw, Vanessa Kirby, dan Gillian Anderson.
  5. Alias Grace

    Pada pertengahan abad ke-19, seorang perempuan muda yang bermigran dari Irlandia ke Kanada bernama Grace Marks yang dituduh terlibat dalam pembunuhan majikannya yaitu Thomas Kinnear dan penjaga (serta selingkuhannya), Nancy Montgomery. Serial arahan Sarah Polley ini diadaptasi dari novel karya Margaret Atwood dengan judul yang sama. Namun, novel ini menggambarkan kisah dari perspektif Grace yang disiksa, diperlakukan tidak adil, dan kebebasaannya pun dibungkam.
  6. Mindhunter

    Sebuah serial thriller psikologi kriminal yang ditulis oleh Joe Penhall. Serial ini diadaptasi dari novel kriminal bertajuk Mindhunter: Inside the FBI’s Elite Serial Crime Unit karya John E. Douglas dan Mark Olshaker. Rilis pada tahun 2017 di Netflix, dua orang agen FBI bernama Holden Ford dan Bill Tench, serta seorang psikolog bernama Wendy Carr mewawancarai pelaku dari kasus pembunuhan yang terjadi pada tahun 1977-1980, masa-masa berdirinya lembaga keamanan Amerika Serikat tersebut.
  7. Unbelievable

    Serial mini yang dibintangi oleh Toni Collette, Merritt Wever, dan Kaitlyn Dever ini mengisahkan serangkaian peristiwa pemerkosaan yang terjadi di negara bagian Washington dan Colorado pada tahun 2008 hingga 2011. Sebuah artikel berita yang diterbitkan pada 2015 berjudul An Unbelievable Story of Rape yang ditulis oleh Christian Miller dan Ken Armstrong. Artikel tersebut telah meraih penghargaan Pulitzer Prize pada 2015.
  8. Unorthodox

    Buku otobiografi Unorthodox: The Scandalous Rejection of My Hasidic Roots karya Deborah Feldman pada tahun 2012 menjadi kisah yang diadaptasi serial daring Jerman dan Amerika yang menceritkaan sosok Esty, perempuan Yahudi berusia 19 tahun yang hidup dalam pernikahan yang tidak bahagia dengan salah seorang dari komunitas Orthodox di Williamsburg, Brooklyn dan kemudian melarikan diri ke Berlin, menjalani kehidupan baru di luar komunitas yang menentang keyakinannya. Serial ini menjadi serial Netflix pertama yang hadir dalam bahasa Yiddi, sebuah bahasa Jerman yang banyak digunakan masyarakat keturunan Yahudi di Eropa Timur.
  9. Self Made: Inspired by the Life of Madam C. J. Walker

    Drama yang diperankan oleh aktris ternama, Octavia Spencer mengisahkan sosok Madam C. J. Walker, seorang pebisnis, politisi, serta aktivis sosial yang tercatat sebagai perempuan pertama yang berhasil menjadi jutawan menurut Buku Rekor Guinness. Kisah Madam C. J. Walker yang hadir di Netflix merupakan adaptasi dari sebuah biografi karya A’Leila Bundles bertajuk On Her Own Ground.
  10. When They See Us

    Sebuah serial mini kriminal yang ditulis dan disutradarai oleh Ava DuVernay. Kasus pelari di Central Park pada tahun 1989 yang dituduh atas pemerkosaan terhadap beberapa perempuan berkulit putih menjadi inspirasi dari serial tersebut. Serial yang terdiri dari empat episode ini berusaha membagikan kehidupan dan keluarga lima orang yang dituduh atas kasus tersebut. When They See Us berhasil memenangkan Piala Emmy dalam kategori Outstanding Lead Actor in a Limited Series or Movie yang dimenangkan oleh aktor, Jharrel Jerome. Selain itu, serial ini berhasil meraih piala Critics’ Choice Television Award untuk kategori Best Limited Series.
  11. The Spy

    Eli Cohen, seorang mata-mata dari Mossad yang menginfiltrasi Kementerian Pertahanan Suriah dan berhasil menjadi teman baik calon presiden berikutnya, Amin al-Hafiz. Perjalanan kehidupan Eli pun diperankan oleh aktor, Sacha Baron Cohen dalam serial mini berjudul The Spy. Penonton diajak untuk mengikuti kehidupan masa lalu Eli selama menjadi mata-mata Mossad dalam enam episode yang terinspirasi dari pengalaman nyata yang dilalui Eli.
  12. Orange Is The New Black

    Piper Kerman, seorang mantan narapidana yang menulis sebuah memoar berjudul Orange Is the New Black: My Year in a Women’s Prison pada 2010 yang kemudian diadaptasi ke dalam serial drama komedi dengan judul Orange Is the New Black yang menjadi salah satu serial drama komedi terpopuler hingga musim ketujuh yang dirilis pada tanggal 26 Juli 2019 silam. Dalam penayangannya, serial ini berhasil meraih berbagai nominasi di Emmy Awards, Golden Globe Award, hingga Peabody Award.
  13. The Hymn of the Death

    Sebuah serial televisi Korea Selatan yang dibintangi oleh Lee Jong-suk dan Shin Hye-sun. Serial yang rilis di Netflix pada Desember lalu mengisahkan kisah romansa yang tragis antara penyanyi sopran asal Joseon, Yun Sim-deok dengan seorang dramawan cerdas, Kim U-jin.
  14. GLOW

    Drama komedi yang merupakan pengembangan dari sirkuit bergulat bagi perempuan beranam Gorgeous Ladies of Wresting (GLOW) yang dicetuskan oleh David McLane. Serial yang diperankan oleh aktris, Alison Brie sudah berbagi kisah dalam tiga musim dan berencana melanjutkan ke musim keempat. Namun, akibat pandemi, musim keempat dari serial ini terpaksa harus dibatalkan.
  15. Luis Miguel: The Series

    Penyanyi asal Meksiko, Luis Miguel yang sukses mencetak karier sebagai penyanyi Amerika Latin ternama. Serial ini mengisahkan kehidupan seorang Luis Miguel sebelum menjaid bintang besar industri musik Amerika Latin dan kehidupan di balik ketenaran yang ia rasakan di atas panggung. Setelah sukses merilis musim perdananya, serial ini direncanakan akan menghadirkan musim kedua, tetapi perilisan terpaksa ditunda akibat pandemi.

(Foto: Courtesy of YouTube, Penulis: Vanessa Masli)