Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Perbedaan Momen Pertunangan William-Kate dengan Harry-Meghan

Sepuluh tahun sejak William dan Kate mengumumkan pertunangan mereka.

5 Perbedaan Momen Pertunangan William-Kate dengan Harry-Meghan

Pada November 2017, Pangeran Harry dan Meghan Markle berpose di luar Istana Kensington untuk sesi pemotretan pertama mereka sebagai pasangan kerajaan, setelah mengumumkan pertunangan keduanya. Meski pasangan ini terlihat sangat bahagia dan penuh cinta sama dengan William dan Kate, ketika mereka mengumumkan pertunangan mereka pada November 2010 silam, terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antara dua momen tersebut.

Sepuluh tahun sejak Pasangan Cambridge mengumumkan pertunangan mereka dan berikut perbedaan utama dalam dua pemotretan tersebut.

1. Lokasi pemotretan



Ketika Kate dan William memilih untuk melakukan sesi pemotretan di dalam ruang utama Istana St. James, Harry dan Meghan memilih lokasi yang lebih sederhana, tepatnya di taman Istana Kensington, tempat tinggal keempat anggota keluarga tersebut (saat itu).
Terlepas dari cuaca yang buruk, keduanya tetap melakukan sesi pemotretan di luar, sehingga (baik disengaja maupun tidak) memberikan kesan informal dibandingkan ruangan megah tempat William dan Kate mengumumkan pertunangan mereka.

2. Busana yang dikenakan



Senada dengan lokasinya, penampilan Meghan terlihat lebih kasual dibandingkan Kate yang mengenakan gaun cocktail biru tua keluaran Issa. Berbeda dengan Kate, Meghan memilih jaket putih keluaran label Kanada, The Label yang terlihat lebih santai dan cocok di siang hari. Jaket tersebut membalut gaun hijau tua sedikit di bawah lutut dan tampak menyerupai pakaian yang dikenakan ke kantor dibandingkan pakaian formal, serta sepasang sepatu hak tinggi nude dari Aquazurra.

3. Cincin tunangan



Meski keduanya sangat cantik, dua cincin tunangan yang dikenakan Kate dan Meghan sangat berbeda. Semua orang tahu, tentunya, Pangeran William menyematkan cincin tunangan milik mendiang sang ibu, Putri Diana kepada tunangannya. Cincin solitaire berlian yang mengelilingi batu safir besar dan emas putih.
Cincin tunangan yang dikenakan Meghan juga memiliki unsur Diana di dalamnya, tetapi bukan warisan melainkan dirancang khusus oleh Harry. Cincin tersebut dibuat oleh Cleave and Company Court Jewellery and Medalists to the Queen, dan terlihat dua berlian milik Diana dengan sebuah berlian dari Botswana, negara yang memberikan kesan mendalam bagi keduanya.

4. Usia dan pengalaman



Ketika sesi pemotretan bersama dengan William pada pertunangan mereka, ini menjadi kali pertama bagi Kate berdiri dan berpose di depan ratusan kamera. Bagi Meghan, seorang aktris ternama asal Amerika yang telah terbiasa berada di depan publik, hal ini bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.Selain itu, Meghan dan Harry juga lebih tua (36 dan 33 tahun) dibandingkan William dan Kate (keduanya 28 tahun) ketika mengumumkan pertunangan mereka. Hal ini terlihat bahwa pasangan Sussex cenderung lebih nyaman di hadapan kamera dibandingkan kini, Pasangan Cambridge yang terlihat lebih percaya diri sekarang.

5. Suasana saat pemotretan pertunangan



Untuk berbagai alasan, momen Harry dan Meghan tampak lebih santai. Tentu berbeda dengan William, Harry bukan pewaris takhta utama sehingga memiliki ruang untuk lebih bebas. Dengan demikian, bersama dengan pengalaman Meghan dengan media, lokasi pemotretan di luar istana dan kedewasan pasangan ini memberikan sentuhan yang lebih santai dibandingkan suasana pertunangan William dan Kate.

(Penulis: Amy De Klerk; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)