Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Serial Televisi yang Beri Inspirasi Gaya Busana Tahun Ini

Dengan waktu yang banyak dihabiskan di rumah, bukan sebuah kejutan ketika kita kerap berusaha tampil dengan gaya busana yang tampak di layar kaca.

Serial Televisi yang Beri Inspirasi Gaya Busana Tahun Ini

Sebuah situs pencarian fashion Lyst telah mengompilasikan laporan tahunan terkait pencarian fashion pada tahun 2020. Year In Review dari situs tersebut melihat pengaruh-pengaruh terhadap penampilan kita tahun ini, mulai dari kehadiran brand baru hingga produk keluaran terbaru dan selebriti yang memiliki dampak besar dalam gaya busana kita.

Kini, Lyst telah membagikan momen budaya populer terbesar pada 2020, hal-hal yang memberi dampak signifikan pada pencarian, dan telah mengumpulkan momen-momen dalam serial televisi yang menginspirasi lemari pakaian kita.

Mengingat kenyataan bahwa kita menghabiskan banyak waktu di rumah tahun ini, bukan sebuah kejutan ketika lemari pakaian kita dipengaruhi pada apa yang terlihat di layar kaca. Mulai dari Emily in Paris hingga Tiger King dan I May Destroy You, inilah serial televisi dan bintang di dalamnya memengaruhi gaya busana tahun ini, dan bagaimana mereka melakukannya.

Emily in Paris

Serial Netflix yang rilis pada Oktober silam dan berhasil menjadi perbincangan. Meski memecah pandnagan tentang gambaran masyarakat Prancis, tidak dapat dipungkiri dampak kisah Emily terhadap pencarian fashion. Menurut Lyst, karakter yang diperankan oleh Lily Collins ini berhasil menginspirasi peningkatan pencarian topi bucket Kangol sebanyak 342 persen, dan berets mengalami peningkatan hingga 41 persen setiap minggunya. Selain itu, pencarian rok rancangan Ganni meningkat secara signifikan, lebih dari 289 persen setelah rok asimetris berwarna kuningnya menghiasi layar kaca.

Normal People

Tidak dapat diragukan salah satu hit televisi terpopuler tahun ini dan adaptasi dari novel karya Sally Rooney dengan judul yang sama tidak hanya berhasil memenangkan hati banyak orang, tetapi memotivasi mereka menjadi tentang perhiasan pula.

Kalung perak, yang dikenakan Connell (diperankan oleh Paul Mescal) sepanjang serial, berhasil menumbuhkan tren baru, terlihat dari kreasi penggemar melalui Instagram hingga kenaikan pencarian kalung pria sebanyak 43 persen

Tiger King

Setelah Tiger King hadir di Netflix pada Maret silam, pencarian motif leopard, harimau, dan zebra meningkat tiga kali lipat selama bulan April. Lyst juga melihat pencarian produk Kenzo Tiger, sebanyak 200 persen dari bulan pertama hingga bulan berikutnya. Sweatshirt yang dikenakan Anine Bing juga menjadi salah satu produk yang populer.

The Last Dance

Serial mini yang mengisahkan perjalanan karier pemain basket ternama, Michael Jordan meningkatkan pencarian sepatu olahraga Air Jordan keluaran Nike sebanyak 36 persen setelah dua episode pertama dirilis. Sedangkan, seluruh perlengkapan basketnya, termasuk celana pendek (lebih dari 12 persen) dan tank top (lebih dari 20 persen) juga menghiasi laman pencarian.

I May Destroy You

Menurut Lyst, tokoh utama Arabella, yang diperankan Michaela Cole dalam I May Destroy You menghadirkan paduan gaya 1990an dan masa kini sepanjang serial. Namun, kardigan motifnya menjadi produk yang paling banyak dicari, sebanyak 43 persen ketika serial ini pertama ditayangkan, dari Juni hingga September.

(Penulis: Amy De Klerk; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)