Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Foto-Foto Kenangan Putri Diana dan Pangeran Charles Saat Tur Ke Australia di Tahun 1983

Ya, Pangeran William juga turut ikut dalam tur.

Foto-Foto Kenangan Putri Diana dan Pangeran Charles Saat Tur Ke Australia di Tahun 1983

Pada 1983, dua tahun setelah pernikahan mereka, Pangeran Charles dan Putri Diana menjalani tur perdana mereka sebagai pasangan kerajaan. Bersama dengan putra pertama mereka, Pangeran William, keduanya berkelana ke Australia dan Selandia Baru yang bertujuan untuk mengeratkan hubungan negara-negara Persemakmuran Inggris.

Ketika musim keempat dari serial The Crown ditayangkan, penonton melihat pasangan tersebut disambut oleh Perdana Menteri, Bob Hawke yang semula merasa skeptis tentang apakah Pangeran Wales dapat menarik perhatian masyarakat, menurut sebua media. Namun fakta yang mengejutkan Bob (dan juga Charles) adalah sosok Diana yang berhasil memenangkan hati masyarakat Australia.

Selama kunjungan diplomatik keduanya, serial The Crown menginterpretasikan kunjungan tersebut dengan menekankan gejolak dalam hubungan Charles dan Diana. Ia kurang menyukai kekaguman publik terhadap Diana, ketika Diana merasakan kecemburuan atas hubungan sang pangeran dengan Camilla Parker Bowles.

Diana juga menempuh berbagai cara untuk dapat membawa Pangeran William, yang saat itu berusia sembilan bulan, ke dalam tur kerajaan ini. Keputusannya, yang membuat Sang Ratu bereaksi dalam serial Netflix tersebut, membentuk pola baru dalam keluarga tersebut. Ketika sekarang kita melihat anggota kerajaan muda, Kate Middleton dan Pangeran William mengajak Pangeran George dalam sebuah tur, serta Meghan Markle dan Pangeran Harry juga pernah mengajak putra mereka, Archie.

Kembali melihat foto-foto ini yang menjadi potret sajian The Crown dalam perjalanan tersebut untuk dibandingkan dengan momen asli. Tampaknya, serial tersebut berhasil menggambarkan dengan baik dari penampilan terbaik Diana dari kunjungan tersebut.

20 Maret 1983

Putri Diana menggendong bayi Pangeran William ketika ia dan Pangeran Charles mendarat di Alice Springs, Australia.

21 Maret 1983

Keduanya mengunjungi Uluru, yang juga dikenal dengan Ayers Rock, di Taman Nasional Uluru berada di batas Barat Laut Australia.

21 Maret 1983

Charles dan Diana berjalan bersama di Uluru

21 Maret 1983

Charles dan Diana bertemu para murid di Alice Springs, Australia

22 Maret 1983

Diana, dalam balutan blus putih dan rok biru, ketika ia menaiki pesawat meninggalkan Alice Springs.

25 Maret 1983

Diana melambaikan tangan ketika ia dan Pangeran Charles menjenguk korban kebakaran di Australia.

25 Maret 1983

Diana tampil dalam balutan serba merah muda ditambah dengan topi berbulu berwarna senada di Canberra, Australia.

30 Maret 1983

Charles dan Diana menghadiri resepsi di Hobart, Tasmania. Ia mengenakan gaun merah rancangan Bruce Oldfield dan tiara milik keluarga Spencer.

Maret 1983

Diana mengenakan gaun ruffled biru rancangan Bruce Oldfield ketika berdansa dengan Pangeran Wales di Sydney.

Maret 1983

Ketika berkunjung ke Newcastle, Australia bersama Pangeran Charles mengenakan gaun merah muda cerah karya Catherine Walker dan topi dari John Boyd.

Maret 1983

Charles dan Diana mendarat di Hobart, Tasmania. Sang putri mengenakan setelan karya Bellville Sassoon dan topi dari John Boyd.

8 April 1983

Sang putri menyapa seorang penggemar ketika mengelilingi lapangan olahraga Hands Oval di Bunbury, Australia.

6 April 1983

Ketika berkeliling Memorial Oval di Port Pirie, Australia, Putri Diana tampak mengenakan setelan rancangan Jan Van Velden dan topi karya John Boyd. Charles, mengenakan setelan abu-abu, menyapa masyarakat dengan senyuman.

7 April 1983

Dalam salah satu penampilan ikonisnya, gaun merah muda dengan motif polkadot rancangan Donald Campbell dan topi karya John Boyd, Putri Wales menyapa penggemar di Perth, Australia.

7 April 1983

Diana menyambut keramaian di Perth dengan senyuman

14 April 1983

Putri Diana mengenakan gaun dengan motif polkadot dalam pembukaan Bourke Street Mall di Melbourne.

17 April 1983

Dalam balutan gaun motif berwarna merah dan topi biru, Diana melambaikan tangan ketika ia dan Charles menaiki pesawat meninggalkan Melbourne.

18 April 1983

Putri Wales menyambut perempuan suku Maori di Stadion Eden Park, Auckland di Selandia Baru.

20 April 1983

Diana mengenakan gaun rancangan pasangan Emanuels, yang juga merancang gaun pernikahannya, ketika menghadiri acara makan malam di Selandia Baru. Ia bergabung dengan Perdana Menteri Selandia Baru, Robert Muldoon dan Pangeran Charles.

April 1983

Putri Diana dan Pangeran Charles bermain bersama William di taman dari Government House.

(Penulis: Erica Gonzales; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)